Trump Terpilih Peresiden, Gelombang Protes Meningkat

Presiden USA ke-45, Donald Trump. (foto:ist)

Washington,CK—Donald Trump akhirnya terpilih menjadi Presiden USA ke-45. Dia mengalahkan rivalnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton. Namun usai terpilih, banyak gelombang protes menolak dia menjadi presiden. Banyak yang khawatir dia akan menjadi presiden yang rasis.

"Banyak warga merasa ketakutan," kata Ben Wikler, Direktur lembaga advokasi liberal, MoveOn.org

Mereka melakukan demonstrasi di Washington, ibukota negara dengan mengangkat tema "Trump rasisme, seksisme dan xenophobia". Selain di Washington, di beberapa negara bagian juga terjadi demo serupa yang menolak terpilihnya Trump.

Diketahui, Trump capres asal partai Republik  meraih kemenangan mayoritas electoral college. Dia melebihi batas 276 suara electoral college, yang sudah cukup membuatnya melenggang ke Gedung Putih. Dia meraih kemenangan penting di Kansas, North Dakota, South Dakota, Texas, Wyoming, Nebraska, Indiana, Kentucky, dan West Virginia. Sementara Hillary memenangi pemungutan suara di New York, Vermont, Illinois, New Jersey, Massachusetts, Maryland, Delaware, Rhode Island dan Washington.

Tanda kemenangan Donald Trump sudah terlihat ketika ia memenangi suara electoral college di Ohio dan Florida, dua negara bagian yang empat tahun lalu memilih calon presiden dari Partai Demokrat: Barack Obama.

 (Guntur)

Bocoran WikiLeaks Lemahkan Hilarry

Hillary Clinton, Capres asal partai Demokrat (foto:ist)

CK, New York - WikiLeaks merilis bocoran memo yang mengungkapkan bagaimana mantan presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton, suami capres Hillary Clinton, meraup profit lebih dari US$ 50 juta (Rp 651 miliar) dari sejumlah aktivitas yang diatur ajudannya. Ajudan itu juga bekerja untuk yayasan amal keluarga Clinton.

Dalam bocoran memo tahun 2011, seperti dilansir AFP, Jumat (28/10/2016), ajudan Bill yang bernama Douglas Band menyebut dirinya secara personal memberikan 'profit' lebih dari US$ 50 juta dari berbagai aktivitas yang dilakukan Bill saat dia menjadi Ketua Yayasan Clinton, yang nonprofit.

Band merinci caranya dalam 'mengumpulkan uang' baik atas nama Bill maupun atas nama Yayasan Clinton melalui serangkaian aktivitas yang disebutnya sebagai 'Bill Clinton Inc.'. Bocoran WikiLeaks ini semakin menambah polemik bagi istri Bill, Hillary, yang kini menjadi capres AS dari Partai Demokrat.

Bocoran WikiLeaks itu berasal dari serangkaian email yang diretas dari akun email John Podesta, manajer kampanye Hillary yang sebelumnya memegang peranan penting dalam Yayasan Clinton. Podesta sendiri menolak untuk memastikan keaslian email-email yang dibocorkan WikiLeaks itu. Namun intelijen AS meyakini dokumen-dokumen itu 'dicuri' oleh peretas Rusia untuk mengganggu pilpres AS.

Intinya, bocoran memo itu menunjukkan pertentangan antara yayasan nonprofit dengan 'profit' yang didapat dari memanfaatkan posisi Bill sebagai Ketua Yayasan. Organisasi atau perusahaan yang menyumbang untuk Yayasan Clinton, ternyata juga membayar Bill untuk berpidato.

Kemunculan memo itu membuat khawatir tim kampanye Hillary. Terlebih capres Partai Republik, Donald Trump selalu menargetkan Yayasan Clinton yang memiliki donatur besar seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dan menuding Hillary memberikan akses menguntungkan bagi para donaturnya, ketika dia menjabat Menteri Luar Negeri AS tahun 2009-2013. Meskipun tidak ada bukti konkret yang menunjukkan konflik kepentingan yang dilakukan Hillary.(dtc/*)

 

Rossi Pastikan Runner Up Musim 2016

CK,Sepang – Rossi akhirnya memastikan menjadi runner up musim ini setelah dalam balapan di Sepang, menempati peringkat kedua. Dengan 236 poin Rossi tak mungkin terkejar Lorenzo pada seri terakhir di Valencia dua pekan mendatang, yang berada di peringkat tiga klasemen,  karena selisih 28 poin Lorenzo (208 poin).

Andrea Dovizioso sendiri menjadi pemenang dalam balapan Sepang setelah sempat kejar-kejaran dengan Rossi.

Balapan Sepang berlangsung dalam kondisi lintasan yang basah. Di lap pertama terjadi beberapa kali pergantian pemimpin balapan mulai Lorenzo, Marquez, Rossi, dan Iannone.

Pertarungan lantas menyisakan Rossi dan Iannone sampai kemudian nama kedua terjatuh. Dovizioso justru berhasil menyalip Rossi dan meraih kemenangan perdananya musim ini.

Untuk pertama kalinya MotoGP memunculkan sembilan pemenang berbeda. Marquez yang finis di luar 10 besar karena terjatuh masih memimpin klasemen dengan 275 poin.

 Dengan hasil ini Dovizioso menggeser Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow dan naik ke posisi kelima klasemen dengan 162 poin. (*/Guntur)