Pagelaran Seni Budaya Minahasa Meriah Dalam Kesederhanaan

Tondano, 9/2 (CK RSR) - Pagelaran seni budaya Minahasa yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam tajuk festival Benteng Moraya dirangkaikan pencanangan pesona Minahasa 2018, meriah dalam kesederhanaan yang berlangsung, Jumat.

Agenda tahunan itu dihadiri langsung Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi bersama Ketua TP-PKK Kab Minahasa DR Olga Sajow Singkoh, MHum, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang bersama Wakil Ketua TP-PKK Kab Minahasa Jasinta Sarundajang Paat.

"Ajang ini bukan sekedar tontonan tapi sebuah unsur yang harus dikembangkan lewat seni budaya Minahasa sebagai kearifan lokal untuk dijaga bersama bahkan di promosikan," ujar Bupati Minahasa Jantje W Sajow.

Sajow berharap, momen ini sebagai tolak ukur untuk menerapkannya bagi generasi-generasi kini betapa penting seni budaya Minahasa. Siapapun pemimpin Minahasa nanti, Festival Benteng Moraya harus dilakukan setiap tahun, sebagai arena untuk mementaskan kekayaan kebudayaan dan pariwisata yang menjadi khas Minahasa.

"Kita bersyukur pagelaran mulai dari seni budaya maupun Karnaval Bendi Hias disambut dengan penuh sukacita masyarakat Minahasa maupun para wisatawan. Diharapkan kedepan Festival seperti ini akan terus ditingkatkan dan wisata di Minahasa semakin maju dan berkembang," ujar Sajow berharap.

Pagelaran seni budaya diiringi tarian cakalele, karnaval bendi hias dan berbagai seni lainnya. Bupati Minahasa, Wakil Bupati, Sekda dan pejabat lainnya ikut memeriahkan dan mengambil bagian dalam momen tersebut.

Pencanangan Pesona Minahasa 2018, sekaligus pembukaan Festival Benteng Moraya ini akan menjadi awal dari seluruh rangkaian kegiatan Disbudpar Minahasa dalam mengangkat kebudayaan dan patiwisata di Minahasa,” terang Tumundo

Sementara untuk hasil lomba dan pemenang Karnaval Bendi Hias yakni, juara pertama diraih Dinas Perdagangan Minahasa dan mendapatkan Trophy tetap Bupati Minahasa serta uang tunai Rp 5.000.000. Juara kedua diraih Inspektorat Kabupaten Minahasa dan mendapatkan Trophy tetap Wakil Bupati Minahasa serta uang tunai Rp 3.000.000, kemudian juara tiga diraih Rumah Sakit Umum Daerah DR Sam Ratulangi Tondano dan mendapatkan Trophy tetap Sekretaris Daerah Minahasa dan uang tunai Rp 2.000.000.(Melky)