Berada Ditepi Danau Tondano Benteng Moraya Dipastikan "Banjir"

Tondano, 26/1 (CK RSR) - Digelarnya "Festival Benteng Moraya" pada 9 Februari 2018 mendatang,  akan berdampak lokasi benteng moraya yang berada di tepi danau tondano akan banjir pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa Agustivo Tumundo, Jumat mengatakan, tujuan digelarnya festival benteng moraya, untuk merekatkan masyarakat Minahasa dalam iven tradisional daerah.

"Tujuan yang pertama untuk memeriahkan kegiatan wisata Minahasa salah satunya Benteng Moraya, kedua Sebagai salah satu kalender iven dinas pariwisata dan ketiga sebagai ajang suasana ucapan syukur dalam rangka telah memasuki tahun baru 2018," ujar Tumundo.

Dia mengakui, persiapan iven tahunan festival Benteng Moraya sudah fix dengan berbagai kegiatan yang nantinya "merangsang" para wisatawan.

"Akan ada acara naik "bendi" (Delman) hias mengelilingi pusat kota Tondano, sekaligus pentas seni budaya lewat tarian tradisional yang acaranya terpusat di lokasi wisata Benteng Moraya," ujar Tumundo.

Semua acara itu kata Tumundo, akan melibatkan unsur pemerintahan juga masyarakat Minahasa, mulai dari dinas, instansi terkait sampai pada pemerintah kecamatan maupun desa.

"Saya pastikan akan banjir manusia seperti tahun sebelumnya dengan ajang yang sama. Ada para peserta wulan mupun waraney (Putra - Putri) Minahasa nantinya memberikan suguhan menarik lewat persiapannya," kata Tumundo.

Tak sekedar itu, Minahasa yang dikenal memiliki banyak objek wisata diantaranya Bukit Kasih juga danau Tondano serta segudang gadis cantik sebagai bunga kampung istilahnya maupun pria-pria ganteng akan mewarnai ajang festival Benteng Moraya.

"Artis-artis lokal Minahasa pastinya memberikan nuansa indah dalam keberagaman iven itu. Jadi akan menarik acaranya nanti," ujarnya meyakinkan.

Dia pun mengajak kepada masyarakat Minahasa untuk mendukung semua iven lewat program Bupati Jantje Sajow dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang.

"Mari sukseskan bersama iven tersebut guna meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, khusunya festival Benteng Moraya yang akan berlangsung bulan depan," ujar Tumundo berharap.