Tunjang Kinerja Lurah Dan Hukumtua, Pemkab Minahasa Akan Melakukan Pengadaan Kendis Trail

Minahasa (Cahaya Kawanua)- R3D siap kucurkan dana miliaran rupiah untuk pembelian motor trail guna menunjang kinerja hukumtua dan lurah sekabupaten minahasa

Hal ini disampaikan Bupati Minahasa Ir. Royke Roring Msi saat menjawab sejumlah pertanyaan yang sama dari para hukumtua dan lurah pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Di gedung serba guna Wale Ne Tou Minahasa (07/01)

menurut ROR, pemerintah kabupaten minahasa akang mengucurkan anggaran sekira lebih dari 4 milyar rupiah untuk pengadaan motor trail sebagai sarana transportasi hukumtua dan lurah se kabupaten minahasa.

“wilayah kabupaten minahasa yang dikelilingi oleh pegunungan, sedangkan kendaraan dinas para hukumtua dan lurah yang ada saat ini hanyalah motor bebek saja, itupun sebagian besar sering rusak sehingga penggunaannya sudah terbalik yang seharusnya para hukum tua da lurah yang naik motor namun saat ini sudah motor yang menaiki para aparat desa, jadi sudah saatnya kendaraan dinas mereka diganti dengan motor trail,” tegas ROR.

lanjut dikatakan ROR, hal ini akan terwujud pada 5 atau 6 bulan kedepan. 

“untuk itu sangat diharapkan kinerja dari para hukumtua dan lurah se Kabupaten Minahasa untuk bisa membatu mensukseskan semua program Pemetintah Kabupaten Minahasa kedepannya,” tutup ROR. (Nirvana Loing)

RD Lantik Pejabat Funsional Di Jajaran Inspektorat Minahasa

Minahasa (Cahaya Kawanua)- Sejumlah pejabat Fungsional di jajaran Inspektorat Daerah Kabupaten Minahasa dilantik dan diambil sumpah janji jabatannya di ruang sidang Setdakab,jumat (04/01). Pelantikan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi di Ruang Sidang Setdakab ini turut disaksikan Sekretaris Daerah Robby Korengkeng SH, MSi.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi yang akrab disapa RD dalam sambutan mengatakan dengan perubahan paradigma pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip Good Governance dan Clean Government, akan ada upaya perbaikan institusi birokrasi dan ini perlu dilakukan terus menerus.

“Sesuai kebutuhan dan tuntutan organisasi,perlu ada nya perubahan mendasar, baik dari sisi kelembagaan, tatalaksana maupun mindset (pola pikir) aparatur birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa, ujar RD. Sembari berharap posisi tersebut ditempati oleh orang yang tepat. Kita semua berharap ke depan, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip tersebut, akan lahir the rightman on the right position,” tegas Dondokambey

RD juga menambahkan, seorang pejabat harus memiliki kemampuan mendesain strategi ke arah perubahan agar sejalan dengan visi dan misi pemerintah kabupaten.

“Peningkatan kreativitas kinerja bisa tecipta jika terdapat iklim kerja yang positif dan mampu memberikan dorongan kepada seluruh komponen di dalamnya untuk melahirkan ide serta konsep strategi yang baik,” tutup RD

Terpantau dari pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten Minahasa Robby Korenggkeng SH,MSi. (Nirvana Loing)

Tahun 2019, Guru honorer, pelajar dan mahasiswa Minahasa ketiban rejeki

Minahasa (Cahaya Kawanua)- Pemerintah Kabupaten Minahasa (Pemkab Minahasa)  dibawah Pimpinan Ir. Royke Roring dan Robby Dondokambey (ROR-RD) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi warganya terlebih dalam bidang pendidikan. Ini dibuktikan dengan penambahan gaji guru honorer, bantuan bagi pelajar dan beasiswa bagi mahasiswa. 

Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Minahasa Ir.Royke Roring disela-sela pelaksanaan ibadah syukur hut Desa ke 10 serta peresmian pasar Desa Rerer Satu, jumat 04/01. Selain mendapatkan upah dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos), gaji guru juga akan dinaikan. 

“Terhitung mulai tahun ini, para guru honorer akan digaji 3 kali lipat dari 1 juta menjadi 3 juta ditambah dana BOS sebesar 15 persen,” ujar Bupati. 

Selain guru,  para siswa juga tak luput dari perhatian Pemkab Minahasa.

“bagi anak sekolah yang akan masuk ke jengjang SD dan SMP, akan diinventarisir guna mendapatkan seragam, tas dan juga sepatu,” ujar ROR sembari mengatakan mereka adalah tanggung jawab Pemkab Minahasa.

ROR juga menambahkan, bagi mahasiswa yang akan melanjurkan pendidikan ke jenjang S1, S2 dan S3 yang kemudian dinilai berprestasi, akan diberikan bea siswa.

(Nirvana Loing)

Hadiri Hut Desa Rerer Satu , Bupati Minahasa Juga Resmikan Pasar Rakyat

Minahasa (Cahaya Kawanua)- Bupati Minahasa Ir.Royke Roring (ROR) menghadiri Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Desa Rerer Satu Kecamatan Kombi, yang dirangkaikan dengan peresmian Pasar Rakyat Rerer Satu, Jumat (04/01) 

Dalam sambutannya ROR meminta seluruh masyarakat DesaRerer Satu dan secara umum masyarakat yang ada di Kecamatan Kombi supaya bisa mendukung program Pemerintah Kabupaten Minahasa ditahun 2019 yang sedang berjalan saat ini.

“Sejumlah program yang telah dianggarkan sesuai visi yakni terwujudnya Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan sejahtera diantaranya, pemberian santunan duka langsung dengan Akte Kematian yang bertujuan memudahkan keluarga yang dirundung dukacita. yang diserahkan sebelum ibadah pemakaman,” ujar ROR

Sementara untuk program lainnya seperti BPJS Kesehatan, Pemkab Minahasa sudah memberikan secara gratis khusus kelas III serta pemberian administrasi perkawinan tepat pada saat pemberkatan nikah, bantuan kepada pimpinan dan tokoh-tokoh agama termasuk bantuan rumah-rumah ibadah, menjamin keamanan, ketertiban, penguatan karakter dan budaya Minahasa serta menjamin terselenggaranya pembangunan yang berkelanjutan.

” Semoga melalui program yang telah disusun ini bisa mendapat dukungan serta respon positif dari seluruh elemen masyarakat Minahasa, secara khusus Rerer Satu dan umumnya di Kecamatan Kombi,”

Melalui pelaksanaan ibadah syukuran HUT Desa Rerer Satu ke-10 dan peresmian Pasar Rakyat, Bupati ROR mengajak masyarakat untuk bisa menaikkan puji dan syukur kepada Tuhan, karena boleh bersama sama mensyukuri penyertaan Tuhan di tahun 2019 ini.

“ Hut Desa dan peresmian Pasar harus kita syukuri bersama, Pasar ini kiranya akan menjadi pasar yang baik dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Rerer satu terlebih warga Kecamatan kombi,” pungkasnya

Turut hadir dalam pelaksanaan Ibadah Syukur HUT desa yang dipimpin Khadim Pdt Youdy Kowaas STh, Asusten 1 bidang pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala Msi, Anggota Dewan Provinsi sulawesi utara Fanny Legoh,Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Anggota DPRD Minahasa Yuliana Polii, Camat Kombi Dra Meitha Aguw, Sekcam Kombi Misye A. Kumontoy SS.MAP, Kapolsek Kombi, Danramil Kombi, Hukum Tua se-Kecamatan Kombi, Hukum Tua Rerer Satu Drs Terry Sinaulan bersama Ibu Ketua TP PKK Desa Rerer Satu, BKSAUA Desa Rerer raya,BPD serta Perangkat  bahkan Pemuda Pemudi Desa Rerer Satu. ( Nirvana Loing )