SUTAN RAJA Dukung Penuh Kearifan Lokal

Airmadidi (24/9) CK RSR - Apresiasi positif terhadap dunia pariwisata Minahasa Utara, Sulawesi Utara, melalui kearifan lokal secara gamblang ditunjukkan oleh manajemen Sutan Raja Hotel & Convention Centre melalui General Manager Agus Sunarto kemarin, di sela Temu Santai dengan wartawan, Jumat (23/9) malam.

Sunarto menambahkan, Sutan Raja sangat mengapresiasi kearifan lokal, sehingga lebih dari 70 persen karyawan di Sutan Raja Hotel menggunakan tenaga lokal. 

"Kami selaku Manajemen,  tertantang untuk mengangkat kearifan, budaya dan pariwisata lokal karena kami satu satunya hotel besar yang berorientasi dari desa ke kota. Artinya hanya kami yang berani mengambil lokasi hotel di daerah penggiran, sementara hotel hotel besar lainnya berlomba mencari tempat di pusat perkotaan dan pusat pariwisat," ujar GM yang selalu murah senyum ini.

Seperti yang dipaparkan oleh Sunarto,  Sutan Raja Hotel sudah beroperasi di 25 tempat di indonesia, sementara 5 lagi uder construction. Untuk itu nantinya sangat membutuhkan banyak tenaga. Lanjutnya, selama 6 tahun berdiri di Minut, telah banyak karyawan asli minut yang awalnya mulai dari bawah sudah melangkah jauh posisinya dalam manajemen hotel. 

"Semua butuh proses, tidak menutup kemungkinan tenaga lokal disini nantinya bisa memiliki jabatan tinggi di manajemen," katanya.

Disinggung mengenai  kontribusi Sutan Raja hotel terjadap dunia pariwisata di Minut, Sunarto mengatakan 100% dari manajemen sangat mendukung karena itu merupakan perbandingan lurus terhadap kemajuan hotel. Menurutnya, Sutan Raja sangat mengapresiasi setiap event budaya dan pariwisata, salah satu contohnya adalah gelaran akhir tahun yang sangat menyedot wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara.

"Untuk itu saya harap teman-teman wartawan bersama SutanRaja bisa saling membantu agar dapat mengangkat Pariwisata Sulut khususnya Minut sehingga otomatis kearifan lokal yang ada bisa dimanfaatka," tutup Sunarto. (Yofian)