Presiden RI Kunjungan Kerja di Minahasa Utara

Minahasa Utara (Cahayakawanua) - Presiden RI Ir Joko Widodo kembali datang di Minahasa Utara dalam rangka melaksanakan sejumlah agenda dalam kunjungan kerjanya di Minahasa Utara yang berlangsung, Kamis (4/7) - Jumat (5/7).

Usai melihat lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Pulisan Marinsow Likupang Timur Kamis 4 Juli 2019, hari ini Jumat 5 Juli 2019, Jokowi didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama rombongan, berkunjung di jalan Tol Tonsea (Manado-Minahasa Utara - Bitung), di Kelurahan Sukur Airmadidi dan disambut Bupati Vonnie A Panambunan.

Usai berjabat tangan, bupati menyapa dan menyatakan selamat datang di lokasi jalan tol. Selanjutnya bupati menerima petunjuk dari presiden untuk pengembangan daerah yang memiliki jalan tol. 

Sektor ekonomi kreatif masyarakat serta ekonomi pariwisata yang bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat perlu dikembangkan. Presiden mensuport pengembangan pembangunan daerah Minahasa Utara yang memilki banyak potensi, terutama pariwisata  serta daerah yang kaya hasil bumi. 

"Kembangkanlah potensi daerah dan lakukan inovasi dan terobosan untuk kesejahteraan masyarakat," pesan Jokowi, presiden terpilih periode 2019-2024.

Disela-sela kunjungan di Sulawesi Utara dan setelah mengunjungi sejumlah tempat, presiden langsung bergegas memimpin rapat kerja. Bertempat di lantai 2 VIP Pemprov Sulut  kawasan Bandara Sam Ratulangi Manado, Jumat 5 Juli 2019 pukul 15:30 Wita sampai pukul 16:15 Wita.

Rapat tersebut dipimpin langsung presiden, dihadiri Menko Perekonomian, Menteri PU, ATR BPN, Menhub, Menkumham, Sek Kabinet, Gubernur, Wagub dan bupati/Walikota se Sulut.

Presiden ikut memberikan gagasan, ide, inovasi dan terobosan serta arah  dalam penataan tata ruang pariwisata serta mengangkat perekonomian masyarakat. Presiden juga tanya jawab dengan kepala daerah sehubungan progress  pengembangan infrastruktur dan kebutuhan dasar masyarakat soal infrastruktur prioritas. Serta rapat tersebut juga mensinkronkan program kegiatan nasional sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Sulawesi Utara. 

Bupati menyampaikan terima kasih banyak atas perhatian dan kunjungan presiden di Minahasa Utara. Kehadiran orang nomor 1 di Indonesia ini, memiliki multi manfaat bagi pembangunan Minahasa Utara. Kehadiran langsung di Minahasa Utara menjadi poin penting untuk pengembangan KEK Pariwisata di Likupang. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey SE yang punya inovasi dan kreasi membangun Sulut dan mampu mendatangkan presiden berkali-kali di Sulut termasuk Minahasa Utara. "Terima kasih Pak Presiden sudah datang di Minahasa Utara," kata bupati.

"Semua harus bersinergis dan peka dengan kebutuhan masyarakat," kata bupati menyampaikan kata presiden.

Menurut Bupati Vonnie A. Panambunan, pemerintah kabupaten dan masyarakat berterima kasih telah melihat langsung dan merespon pengembangan KEK Pariwisata  Pulisan, serta telah melihat langsung kebutuhan infrastruktur dan perekonomian masyarakat Minahasa Utara. Kata bupati, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat  telah disampaikan kepada presiden dan mendapat perhatian yang baik dan siap ditindaklanjuti kementerian teknis.

"Apa yang dibutuhkan telah disampaikan dan semua untuk kesejahteraan rakyat. Presiden ajak inovatif dan ada terobosan baru untuk kesejahteraan rakyat," kata Panambunan.(Adv/MRT)