PraNatal KNPI Minut Bersama Anak Penyandang Disabilitas

Minut (Cahaya Kawanua)- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minahasa Utara (Minut), Senin 17 Desember 2018, menggelar perayaan pranatal bersama. Kegiatan ini dilakukan ditempat yang mewah, tapi para panitia memilih melakukan kegiatan di Yayasan Ds AZR Wenas Sekolah Luar Biasa (SLB) GMIM Maranatha Airmadidi Minut bersama dengan anak-anak penyandang disabilitas.

Khadim Pdt Jani Rende MTh mengatakan, perayaan ini biasa, tapi dilakukan secara luar biasa dengan kesiapan spritual dalam menyambut natal saat ini. Mari kita meluruskan dan koreksi konsep mesianis dikalangan orang Yahudi, termasuk pemahaman tentang keselamatan yang harusnya itu adalah hasil usaha manusia, akan tapi sebenarnya datang dari Tuhan.

“Ini tentunya diluruskan dengan pertobatan, agar saat kita menyambut Yesus kita harus tahu mengapa Dia datang. Natal di sekolah SLB datang melalui pemuda-pemuda KNPI Minut dan ini luar biasa, karena kehadiran KNPI Minut bisa menjadi terang bagi anak-anak didik SLB. Bagi saya pribadi, kehadiran KNPI sangat baik. Kiranya kegiatan seperti terus berlangsung dan diikuti organisasi lainnya, karena itulah damai sesungguhnya yang dinyakan Tuhan melalui tangan-tangan mereka yang membantu anak-anak penyandang disabilitas,” Ujar Pdt Jani Rende MTh. 

Ketua KNPI Minut Frengki Karamoy ST dalam sambutannya menegaskan, natal selalu membawa berkat bagi semua orang, sehingga KNPI yang merupakan wadah pemuda Minut menjadi titik balik untuk bekerja dan menjadi berkat Dan berbagi bersama dengan anak-anak SLB.

“Sebagai pemuda Minut saya mengajak kita untuk peka memperhatikan sekitar kita. Karena banyak dari mereka yang membutuhkan perhatian serta bantuan kita, termasuk anak-anak disabilitas. Mengapa demikian, karena sejak dilantik beberapa waktu lalu, kami berkomitmen untuk bergerak bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di Minut bersama-sama menunjang program pemerintah,” tutur Karamoy.

Sementara itu Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong menjelaskan, kita patut bersyukur kepada Tuhan kita bisa merayakan natal di SLB ini bersama KNPI Minut. Kelahiran Yesus membawa terang bagi kita di dunia yang semakin jahat dan gelap. Kita harus bersukacita atas kelahiran Yesus Kristus dengan merespon memberikan bantuan bagi semua orang.

“Keputusan KNPI ini sangat rohani sekali mengadakan ibadah natal bersama anak-anak SLB. Saya memberi apresiasi tinggi bagi KNPI Minut yang baru tiga bulan sudah melakukan kegiatan kemanusiaan seperti ini. Peran pemuda sangat diharapkan mengisi peluang-peluang yang ada di Minut, jangan jadi penonton di daerah sendiri. Kami berharap KNPI Minut kedepan bisa terus ikut berperan penting bagi masyarakat,” tutup Lengkong.

Usai kegiatan ibadah, KNPI Minut berbagi kasih bersama dengan anak-anak disabilitas dalam bentuk bingkisan, termasuk para guru, Kepala sekolah, perwakilan Polres Minut dan Danramil. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris KNPI Minut Aldo Ticoalu, Ketua MPI Novie Ngangi, Kapolres Minut yang diwakili Kabag Sumda Kompol Roy Tangkuman, mewakili Danramil Peltu Johny Agu, Kepsek SLB Altin Posumah SPd, dan Ketua BPMJ GMIM Maranatha Sarongsong Pdt Agnes Pangemanan-Wulur STh, Anggota Dekab Minut Willem Katuuk SH