BPKBMD Minut Bimtek Implementasi Paket Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Minut (Cahaya Kawanua)- Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Bidang Perbendaharaan Kas Daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) Menggelar Bimbingan teknis implementasi paket regulasi tentang pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemkab Minut Tahun 2018. Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekertaris Daerah Kabupaten Minut Ir Jimmy Kuhu mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh di Hotel Sutan Raja Kamis 06 Desember 2018.

Sekertaris Daerah Ir Jimmy Kuhu dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh peserta perwakilan skpd yang hadir, karena kegiatan bimtek dinilai sangat penting dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

“ Kehadiran para peserta menjadi inspirasi bagi Pemkab Minut dalam mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang lebih baik kedepannya, Para peserta yang hadir diharapkan agar dapat mengikuti bimtek ini dengan baik sehingga dapat diterapkan di masing-masing skpd,” katanya. 

Hal lain yang menjadi penegasan Sekda terkait implementasi paket regulasi Kasda online yang harus segera dilaksanakan disetiap skpd. 

“Skpd yang belum melaksanakan Kasda online dimbau untuk segera melakukan implementasi paket regulasi kasda online yang saat ini telah diperbaharui keversi 2,” tegas Sekda.

Pemateri dalam Bimtek tersebut Perwakilan Bank Sulutgo Meiske Kumurur mengungkapkan bahwa kasda online versi 2 memiliki banyak kelebihan saat digunakan dibandingkan dengan versi sebelumnya. 

“Kasda Online versi 2 memiliki kelebihan terkait keamanan, kecepatan, kemudahan serta kehandalan,” ujar Meiske Kumurur. 

Sementara itu Kepala BPKBMD Minut Petrus Macarau mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman pengelolaan keuangan bagi pejabat pengelola keuangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan perundangundangan yang berlaku,

“ Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan pemahaman serta meningkatkan kualitas aparat pengelola keuangan perangkat daerah, mendalami sistem pengelolaan keuangan daerah, mendalami tata cara penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara serta penyampaiannya dan memahami tata cara dan dasar pengenaan pajak bendaharawan sebagai pemotong dan pemungut pajak, “ jelas Macarau.

Bimtek tersebut diikuti oleh perwakilan dari seluruh skpd dilingkup Pemkab Minut.(han)