Sompie - Rogi Dinobarkan Utu - Keke Minut 2018

Airmadidi (Cahaya Kawanua) - Setelah mengikuti sejumlah fase di ajang pemilihan Utu - Keke Minahasa Utara yang diikuti 25 peserta, akhirnya di malam Finalis yang berlangsung Sabtu (17/11) malam hingga Minggu (18/10) dini hari, menobatkan Jihan Abigail Sompie dan Jeferson Rogi sebagai Utu - Keke 2018.

Utu - Keke 2018 itu pun sekaligus menjadi duta pariwisata Minahasa Utara menuju ajang tingkat provinsi maupun nasional bahkan internasional.

"Semua peserta terlihat cantik, ganteng, pinter dan luar biasa. Diharapkan untuk Utu dan Keke yang terpilih bisa membawa nama baik Minut, serta membantu mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Minut ke seluruh daerah hingga ke mancanegara ,” ujar Sekretaris Daerah Jemmy Kuhu yang mewakili Bupati Minut Vonny A Panambunan.

Saat membuka Grand Final Utu Keke 2018 mengatakan, Ivent ini menjadi sarana untuk promosi pariwisata di tanah tonsea.

"Ajang ini bentuk promosi daerah. Yang terpilih biarlah menjadi duta Minut bahkan yang belum terpilih, dapat membantu pemerintah dalam mengembangkan semua potensi yang ada serta tidak berkecil hati, karena masih banyak tantangan kedepan dapat berkarya untuk bangsa dan negara terlebih daerah," ujar Kuhu.

Kepala Dinas Pariwisata Minut  dr.Sandra Rotty MM untuk kali pertama menjadi penyelenggara ajang pemilihan utu - keke Minut, bangga atas suksesnya  perhelatan kegiatan tersebut.

"Puji tuhan, semua boleh berjalan baik dan menjadi kebanggaan  karena baru pertama kali bagi saya setelah dipercayakan Kadis Pariwisata," ujar Rotty.

Dia berharap, terpilihnya Abigail dan Jeferson diharapkan mampu membawa nama harum Minut ke ajang lebih bergengsi.

"Tanggungjawab sudah diberikan, lakukan tugas sebaik mungkin dan menjadi mitra kerja Pemkab minut yang handal," Ujar Rotty.

Sementara Abigail dan Jeferson pemenang Utu Keke 2018 optimis dunia pariwisata Minut akan semakin meningkat.

"Terimakasih untuk semua yang mendukung. Tanggungjawab ini akan berusaha menjadi duta duta terbaik apalagi Minut punya potensi luar biasa," ujar Sompie dan Rogi usai dinobatkan Utu - Keke Minut 2018.

Adapun kriteria dasar penilaian dalam Pemilihan Utu Keke Minut 2018 adalah 3 B yaitu Beauty, Brain, Behaviour. Selain cantik, ganteng, pintar dan memiliki sikap perilaku yang baik, peserta wajib memiliki pengetahuan mengenai kebudayaan Minahasa Utara.(*Adv)