Polres Minut Jadi Percontohan Kegiatan POLMAS Di Indonesia

Minut (Cahaya Kawanua)- Bertempat di Polres Minahasa Utara (Minut), Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH menerima Duta dari Japan International cooperation Agency (JICA) bersama dengan rombongan dari Mabes Polri Selasa 25 september 2018.

Mr Kudo yang merupakan tenaga ahli jangka pendek bidang kepolisian di JICA mengatakan, maksud kedatangan mereka adalah untuk menindaklanjuti kerjasama yang sudah terjalin selama 20 tahun antara Polri dan JICA.

"hubungan antara Polri dan JICA sudah berjalan selama 20 tahun dan masih berlanjut hingga saat ini, beberapa program yang dilaksanakan diantaranya pelatihan peningkatan kapasitas anggota polri di Jepang, Kapolres Minut ini juga pernah mengikuti pelatihan di jepang pada tahun 2008 lalu " ujar Mr Kudo melalui Penterjemah JICA Aryanto Nugroho.

Menurut Mr Kudo, tujuan penting dari kedatangannya di Minut guna menindaklanjuti kerjasama antara Polri dan JICA terkait dengan Perpolisian Masyarakat (Polmas) dan sudah sejauh mana kemajuan dari kegiatan Polmas di Indonesia lebih Khusus di Kabupaten Minahasa Utara dan dalam hal Polres Minut ditunjuk Polri menjadi percontohan kegiatan Polmas di Sulawesi Utara.

" untuk mewujudkan kepolisian yang demokratis di Indonesia, ada 18 Polda yang ditunjuk mejadi percontohan dan untuk Polda Sulut, ditunjuk Polres Minut karena Kapolresnya dinilai berprestasi berhasil menurunkan angka kejahatan lewat kegiatan polmas yang dilaksanakan", jelas Mr Kudo.

Mr Kudo berharap, Polres lain di Sulawesi Utara dapat menjalankan kegiatan Polmas seperti yang dilaksanakan di Polres Minut.

"harapkan kami, kegiatan Polmas di Polres Minut akan terus ditingkatkan dan bisa menjadi contoh bagi Polres lain di Sulut", tutupnya.

Sementara itu, Kasubdit Binpolmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri AKBP Terr Pratiknyo memberikan apresiasi tentang penerapan kegiatan Polmas di Polres Minut.

"ini adalah hal yang luar biasa, karena dengan kegiatan polmas yang dilakukan oleh polres Minut, angka kriminalitas menurun hingga 50 persen, lewat penelitian dan pendalaman ini sangat wajar jika Polres Minut jadi percontohan", tegas Pratiknyo.

Apresiasi juga diberikan oleh Dir Binmas Polda Metro Jaya Kombespol Sambodo Purnomo yang turut hadir bersama rombongan, menurutnya, kegiatan Polmas yang dilakukan Polres Minut begitu nyata, karena tidak hanya melalui konsep tapi didukung juga oleh data yang konkrit.

"kegiatan Polmas di Polres Minut sudah sangat baik, tidak hanya konsep tapi didukung dengan data. polisi masa depan adalah polisi yang mampu mencegah kejahatan dan bukan hanya mengungkap kejahatan", ujarnya .(Jo)