KPUD Minut Kembalikan Hasil Verifikasi Bacaleg

Minut (Cahaya Kawanua) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) tuntas melaksanakan verifikasi berkas nama bakal calon legislatif (Bacaleg) sekaligus mengembalikan hasilnya kepada 15 Partai Politik (Parpol) yang mendaftar.

Ketua KPU Minut Stella Runtu, di Airmadidi, Rabu mengatakan, hingga tahap ini sedikitnya sudah ada 56 bacaleg yang dinyatakan gugur.

"Sesuai hasil verifikasi berkas yang masuk, ada perubahan pada jumlah total bacaleg dari sebelumnya sebanyak 392 orang menjadi 336 orang," ujar Runtu didampingi Ketua Divisi Perencanaan, Data dan SDM Hendra Lumanauw dan Ketua Divisi Hukum, Anggaran, Logistik dan Pengawasan Darul Halim.

Runtu mengatakan, sebelumnya pada tahap pendaftaran nama Bacaleg, sebanyak 392 peserta terdiri dari 221 laki-laki dan 171 perempuan masuk dalam tahapan. Dan kini, menjadi 336 terdiri dari 181 laki-laki dan 155 perempuan.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan SDM Hendra Lumanauw menambahkan, tingginya jumlah Bacaleg perempuan menandakan keterpanggilan gender untuk berperan dalam politik menjadi wakil rakyat semakin tinggi.

"Kesadaran partai terhadap SDM wanita cukup signifikan. Ini menunjukkan, Keke (Wanita) Tonsea semakin sadar perannya sebagai motor aspirasi rakyat di panggung politik," ujar Lumanauw menambahkan.

Sementara, Ketua Divisi Hukum, Anggaran, Logistik dan Pengawasan Darul Halim, mengatakan, tahap selanjutnya dari Pileg 2019 yaitu penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) 8-12 Agustus dan pengumuman DCS tanggal 12-21 Agustus.(Melky)