Tuahuns Bangga Dondokambey Beri Peluang Naik Haji

Minut (Cahaya Kawanua) - Tokoh muslim Minahasa Utara (Minut) yang pernah menjabat anggota DPRD Minut Husen Tuahuns sedang merasakan sukacita besar sekaligus bangga kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey salah satu tokoh kristen Sulut yang beri peluang naik haji.

"Saya tidak pernah berpikir untuk menunaikan ibadah haji di tahun 2018, sebab jika mengikuti haji reguler seharusnya baru bisa berangkat ke tanah suci pada tahun 2024 mendatang. Untuk itu tak henti–hentinya saya menyampaikan terima kasih kepada Gubenur yang telah memberikan hadiah ibadah haji gratis dan langsung masuk dalam daftar rombongan jamaah haji tahun ini," ujar Tuahuns, Kamis pekan lalu.

Tuahuns di tahun 2018 ini namanya masuk sebagai calon jamaah haji asal Sulawesi Utara (Sulut) mengatakan, Gubernur Dondokambey seorang kristen yang memberi peluang kepada umat muslim untuk menunaikan ibadah haji, dan itu menurutnya baik.

."Sebagai umat kristen yang taat, pak Olly telah memberikan teladan yang baik sebagai seorang pemimpin yang tidak membeda-bedakan suku, agama dan ras dalam menjalankan roda pemerintahan serta pelayanan kepada masyarakat. Selain itu ia telah banyak membantu pembangunan masjid di Sulawesi Utara,” ujar Tuahuns.

Tuahuns saat acara “Tasyakkur Walimatussafar” atau menjamu tamu dalam rangka perjalanan haji yang dilaksanakan di rumah kediamannya kelurahan Airmadidi, mengatakan perjalanan haji tersebut merupakan hadiah dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Sebagai seorang muslim, Tuahuns salut dengan jiwa nasionalis yang ditunjukan oleh Gubernur Olly Dondokambey. 

Tuahuns menambahkan, keberpihakan Olly Dondokambey terhadap umat muslim tidak hanya disaat ia sudah menjabat Gubernur, jauh sebelumnya saat menjabat anggota DPR – RI Olly Dondokambey selaku ketua Pansus telah mengesahkan berdirinya bank syariah di Indonesia yang merupakan bank yang mayoritas nasabahnya umat muslim.

“Ini harus disampaikan karena tidak banyak masyarakat Muslim yang tahu bahwa pak Olly adalah salah satu orang penting yang merumus dan memutuskan berdirinya bank berbasis syariah di Indonesia,” katanya.

Sementara Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, ibadah haji ini merupakan salah satu ibadah mulia.

"Ibadah haji harus dijalankan dengan baik oleh setiap umat muslim yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji di tahun 2018 ini agar menjadi haji yang mabrur," pesan Gubernur.

Acara tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Minut Joppy Lengkong bersama jajaran Pemkab Minahasa Utara, Ketua DPRD Minut Berty Kapojos, Wakapolres Minut Kompol Mohammad Monoarfa SSos, Ketua PDIP Minut Denny Lolong, Mayor RA Gani, sejumlah calon jamaah haji asal Sulut dan masyarakat.(Melky)