Dinas Pariwisata Minut Kembangkan Waruga Kuwil Objek Pariwisata

Minut (Cahaya Kawanua) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pariwisata akan mengembangkan serta menata waruga yang ada di desa Kuwil merupakan relokasi akibat adanya proyek bendungan, menjadi objek pariwisata.

"Kami sudah berkomitmen akan menata kembali waruga di Kuwil, apalagi waruga ini salah satu sejarah secara turun temurun sebagai adat warga Minahasa," ujar Kadis Pariwisata Minut Theodora Luntungan Kami.

Komitmen itu pun sekaligus meluruskan isu terjadimya pengrusakan saat dilakukan pemindahan waruga hingga medatangkan pejabat pusat lewat kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pelestarian Budaya dan Permuseuman Dirjen Kebudayaan.

Kepala Dinas Pariwisata Minut mengapresiasi kunjungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini, yang tentunya akan membawa dampak positif bagi pelestarian benda purbakala serta nilai luhur adat yang ada di tanah Minut.

"Pemkab Minut tentunya berterima kasih atas kunjungan Kasubdit Pelestarian Cagar Budaya Widiati bersama Kepala Seksi Pengembangan dan Pemanfaatan Ni Ketut Wardani  melakukan peninjauan lokasi yang didampingi Kepala Dinas(Kadis)Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara Ferry Sangiang, tentunya akan berdampak pada program pelestarian situs purbakala kubur waruga Kinawangkoan dan Pinendean ini,” ujar Luntungan.

Dia mengatakan, telah menyepakati komitmen bersama yaitu pemindahan waruga dilakukan secara adat dan bersama tokoh adat serta tidak melakukannya menggunan alat berat.

"Peninggalan purbakala kubur waruga perlu dilestarikan dan di jaga, karena kekayaan budaya  memiliki program strategis nasional bendungan Kuwil-Kawangkoan, sehingga penting dijadikan situs purbakala yang ada di Minut," ujar Theodora Luntungan.(Melky)