15 Parpol Minut Terima Hasil Verifikasi KPUD

Minut (Cahaya Kawanua) - Sesuai tahapan KPU berdasarkan hasil verifikasi, KPUD Minahasa Utara menyerahkan sekaligus Penyampaian Berita Acara Hasil Verifikasi Kelengkapan Administrasi Daftar Calon/Bakal Calon kepada 15 Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019.

Ketua KPUD Minut Stella Runtu di Airmadidi, Sabtu mengatakan, setelah penyampaian hasil tahapan selanjutnya pada 22 Juli hingga 31 Juli 2018 adalah perbaikan daftar dan syarat calon.

"Setiap Parpol yang sudah menerima hasil, diharapkan dokumen - dokumen belum memenuhi syarat atau belum lengkap, untuk dapat melengkapi sesuai waktu yang ditentukan," ujar Runtu.

Runtu mengatakan, dari 15 partai yang memasukan daftar Caleg, semua berkasnya harus dikembalikan dan tidak ada partai yang menonjol untuk kelengkapan berkas.

Dia mengatakan, setelah tahapan itu selesai, nanti pada 2 Agustus sampai 7 Agustus 2018 masuk dalam tahapan verifikasi pengajuan berkas dan pada 8 Agustus sampai 12 Agustus penyusunan dan penetapan DCS.

"Setelah itu kami akan mengumumkan Daftar Calon Sementara selama tiga hari dari tanggal 12 sampai 14 Agustus 2018," mendatang," ujar Runtu didampingi dua komisioner KPUD Minut Hendra Lumanauw dan Darul Halim serta Sekteris Carles Worotijan.

Runtu menghimbau kepada Partai agar dapat bergerak dalam menyiapkan berkas Caleg di sisa waktu hingga 31 Juli 2018.

"Sesuai aturan, jika batas waktu masih ada Parpol belum melengkapi berkas, maka tidak bisa ikut ke tahap selanjutnya. Untuk itulah setiap Parpol bergegas dalam mempersiapkan berkas Caleg," ujar Runtu meghimbau. (Melky)