KPUD Minut Masih Sepi Pendaftaran Caleg

Minut (Cahaya Kawanua) - Tiga hari jelang penutupan pendaftaran Caleg sesuai tahapan KPU mulai 4 Juli hingga 17 Juli 2018, kantor KPUD Minahasa Utara sepi pendaftaran Caleg.

Ketua KPUD Minahasa Utara Stella Runtu di Airmadidi, Jumat mengatakan, hingga 14 Juli 2018 belum ada satu pun partai yang mendaftarkan Caleg.

"Hingga saat ini belum ada yang mendaftar. Mungkin masih terkendala kelengkapan berkas yang harus dipenuhi masing-masing Caleg," ujar Runtu.

Hingga beberapa hari dibukanya pendaftaran Caleg kata dia, kantor KPUD Minut masih sepi dan hanya aktifitas staf juga THL yang harus mengerjakan tugas masing-masing.

"Memang ada beberapa anggota partai yang di utus sekedar konsultasi berbagai syarat kelengkapan berkas, tapi belum mendaftar. Ada kemungkinan mulai 15 Juli hingga 17 Juli akan ada yang mendaftar. Tapi itu sesuai waktu masing-masing partai dan kami hanya memberikan waktu hingga pukul 16.00 wita, nanti pada 17 Juli dibuka sampai pukul 24.00 wita," ujar Runtu menjelaskan.

Dia pun mengatakan, setiap terima berkas dari parpol, pihaknya akan teliti dan diberi tahu jika ada salah atau kurang. Tanggal 19, KPUD akan menyerahan hasil verifikasi kepada Parpol, nanti parpol melihat jika ada perbaikan atau tidak.

"Himbauan kepada parpol, walaupun memasukan berkas di hari-hari terakhir tapi sebaiknya kelengkapan diperhatikan agar tidak melewati batas waktu jika ada pengembalian berkas," katanya.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi Caleg yaitu berkas B, B1, B2 dan B3 dimasukan partai sampai 17 juli, partai keterwakilan perempuan harus 30%, pengajuan calon legislatif paling banyak sesuai alokasi kursi di setiap dapil.

"Jadi maksimal setiap partai ada 30 nama caleg sesuai jumlah kursi di DPRD serta hari terakhir tanggal 17 dibuka sampai jam 12 malam," ujar Runtu.(Melky)