Akhiri Jadwal Safari Ramadhan, Ini Pesan Panambunan

Minut (Cahaya Kawanua) - Akhiri jadwal safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah pimpinan Bupati Vonnie A Panambunan di Masjid Nur Hidayah Baru Desa Kema III Kecamatan Kema, Sabtu (9/6), tersirat pesan agar Idul Fitri dimaknai secara sederhana.

"Bagi umat Muslim menjelang Idul Fitri, agar merayakannya secara sederhana sesuai kebutuhan keluarga," ujar Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan.

Panambunan berharap, warga Minahasa Utara yang merayakan idul fitri tidak memaksakan kehendak untuk tampil mewah dalam memaknai hari raya.

"Tampilah sederhana, tidak memaksakan harus ada perabotan rumah yang baru dan lain-lain. Menyesuaikan ekonomi keluarga, karena sesungguhnya silahturahmi penting serta memaknai idul fitri berdasarkan ajaran umat muslim," kata Panambunan.

Dia pun salut keberagaman di Minahasa Utara baik dari segi agama dan perbedaan lainnya. Karena di Minahasa Utara menjamin keberagaman yang selalu hidup rukun dan damai.

"Minahasa Utara tidak mengenal namanya perbedaan, tapi dari sisi itulah tingkat sosial kemasyarakatan selalu menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama," ujar Panambunan.

Untuk itulah Panambunan mengajak kepada masyarakat Minahasa Utara, untuk saling menjaga keamanan bersama dan membantu petugas kepolisian juga tni agar tercipta iklim kondusif daerah.

Sebelumnya safari ramadhan pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dilakukan di 10 Kecamatan secara seri pada sejumlah masjid dan mengakhirinya di desa Kema tiga.(*)