Komisi I Minta Inspektorat Percepat Pemeriksaan Dandes 2017

Minut, Cahaya Kawanua - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara menggelar dengar pendapat dengan Inspektorat selaku lembaga pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan bersama Camat dan pendamping Desa mengenai tindak lanjut pengawasan pada penggunaan Dana Desa (Dandes) tahun 2017, Senin, 21 Mei 2018 di ruang rapat kantor DPRD Minut.

Seperti diungkapkan oleh Stendy S Rondonuwu seusai peetemuan bahwa untuk sementara ini  tugas tim pemeriksa dari Inspektorat  belum secara keseluruhan desa yang dilakukan pemeriksaan dan ini menurut Rondonuwu harus secepatnya diselesaikan karena bila ada temuan pada penggunaan Dandes, tentunya akan memakan waktu untuk dilakukan perbaikan.

"Kami dari Komisi I mendesak agar pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Inspektorat bisa selesai dalam dua minggu, sebab menjaga kemungkinan jika dalam penggunaan dandes terjadi kesalahan dan membutuhkan perbaikan, bisa mempunyai waktu yang cukup. Ini terkait juga dalam proses pencairan ke tahap selanjutnya, dimana tahap sebelumnya harus bisa rampung seluruhnya" tegas Rondonuwu

Untuk itu secara kelembagaan, Komisi 1 mengharapkan agar pemeriksaan Dandes secepatnya diselesaikan pada waktu dekat ini dimana hasil periksa penggunaan Dandes pada desa – desa tersebut akan menjadi tolak ukur untuk pencairan dana pada tahap II. Dan apabila belum terselesaikan pada kurun waktu dekat ini, maka secara otomatis Desa – Desa tersebut mendapat kendala keterlambatan dalam perencanaan membangun Desa untuk mendapatkan Dandes ketahap berikutnya. (Yofian)