Disperin Siapkan IKM Melalui Pelatihan Produksi Nata De Coco

Minut, Cahaya Kawanua - Tersedianya bahan baku Kelapa yang melimpah di Kabupaten Minahasa Utara membuat begitu banyak peluang usaha yang bisa didapatkan oleh masyarakat melalui berbagai cara pengolahan sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan taraf hudup.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Wakil Bupati Ir. Joppi Lengkong melalui Dinas Perindustrian Minut  menggelar kegiatan Pelatihan Pembuatan Nata De Coco bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Non Formal yang diselenggarakan di balai Desa Tontalete Rok-Rok Kecamatan Kema.

“Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini memiliki peranan yang penting dalam rangka upaya pengembangan Industri Kecil menengah (IKM) Non Formal sesuai potensi yang dimiliki dan sekaligus juga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan usaha produktif. Pelatihan ini dalam rangka upaya peningkatan kemampuan teknologi industri bagi Industri Kecil Menengah (IKM), diharapkan mampu mengembangkan potensi sumber daya pelaku usaha baru maupun pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Non Formal yang telah ada sehingga dapat dikembangkan sebesar besarnya bagi pembangunan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara" ungkap Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu yang secara resmi membuka pelatihan ini mewakili Bupati.

Senada diungkapkan oleh Royke Kodoatiywng merupakan Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Minahasa Utara bahwa, Pembangunan nasional di bidang ekonomi dalam rangka menciptakan struktur ekonomi yang kukuh melalui pembangunan industri yang maju sebagai motor penggerak ekonomi yang di dukung oleh kekuatan dan kemampuan sumber daya yang tangguh. Pembangunan industri yang maju diwujudkan melalui penguatan sumber daya manusia serta struktur industri ke seluruh wilayah Minahasa Utara.

 "Pelatihan ini mempunyai peranan yang penting dalam upaya peningkatan kemampuan teknologi industri bagi IKM di Minut untuk mengembangkan potensi sumber daya pelaku usaha. Peningkatan industri adalah merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Pelatihan Pembuatan Nata De Coco adalah upaya mendukung visi dan misi pemerintah kabupaten Minahasa Utara dalam menjadikan Kabupaten Minahasa Utara Agribisni, industri dan Pariwisata secara terpadu serta berkelanjutan di tahun 2021”, ujar Roike Kodoati.                                                                                          Dalam pelatihan pembuatan nata the coco yang berlangsung selama 2 hari ini (17-18 Mei 2018) di hadiri juga oleh Asisten II bidang Perekonomian Alan Mingkid, Sekretaris Disperin George Sekeon, Sekretaris Kecamatan Kema, Hukum Tua  Tountalete Rok-Rok dan di ikuti oleh Kelompok pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) non formal dari kecamatan se Kabupaten Minahasa Utara. (Yofian)