Lomba Desa Di Kauditan Penilauannya Transparan

Minut, (Cahaya Kawanua) - Kecamatan Kauditan menggelar lomba desa yang penilaiannya berlangsung transparan berlangsung di Desa Paslaten yang dihadiri Camat Kauditan Alpret Pusunglaa, Sekcam Marto Wakapolsek Kauditan Ipda Hadi Purwanto, Hukum Tua Paslaten Vian Langelo, perangkat desa dan BPD. 

Menurut Camat, Rabu, lomba desa ini merupakan program nasional dilaksanakan mulai dari desa, kecamatan, kabupaten sampai tingkat nasional berdasarkan Permendagri nomorn 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa. 

"Evaluasi menyangkut pemerintahan, kewilayahan dan pelayanan pada masyarakat yang terdiri dari berbagai indikator seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup dan lain-lain," ungkap Pusunglaa.

Lanjutnya juara tingkat kecamatan akan diutus ke tingkat kabupaten. "Kami berharap desa-desa di Kecamatan Kauditan bisa juara," tutur Pusunglaa yang sudah berpengalaman menjadi camat di lima kecamatan.

Sementara itu Hukum Tua Paslaten, Vian Langelo mengungkapkan pihaknya selalu transparan dengan pengelolaan dana desa kepada masyarakat. "Kami dari pemerintah desa dan masyarakat tentunya dengan bantuan pemerintah melalui dana desa, kami selalu transparan dengan masyarakat, begitu dengan BPD sehingga berjakan lancar," ungkap Langelo.

Lanjutnya begitu juga dengan pos-pos dana dari APBD, pihaknya transparan. "Dengan saran dari camat Alpret Pusunglaa kami membuat baliho untuk transparansi anggaran," jelasnya.

Dipaparkan Kumtua, dana desa 2018 tahap pertama 20 persen dari total Rp 672 juta sudah dibuka blokirnya. "Mungkin Senin bisa aktion satu kegiatan. Dananya belum cukup untuk satu kegiatan karena baru Rp 130.800.000," jelasnya.

Menurut Langelo, tahun 2018 ada penurunan dana desa seluruhnya. Tahun lalu dana desa untuk Paslaten sebesar Rp 762 juta. Sehingga ada penurunan Rp 100 juta lebih. "Kami tahu tiap tahun akan naik, tetapi dengan adanya penurunan pada 2018 kami transparan kepada masyarakat supaya tidak berpikir negatif," pungkasnya.(Melky)