652 Pantarlih Minut Siap Lakukan Tahapan Coklit

Minut, Cahaya Kawanua - Semakin dekatnya pesta demokrasi pada 2019 sehingga sebanyak 652 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Minahasa Utara siap melaksanakan tahapan pencocokan & penelitian (Coklit) data pemilih Pemilihan Umum Tahun 2019. 

Menurut Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Minahasa Utara Drs Julius L K Randang MSi, Selasa mengatakan, bahwa Coklit ini akan dilakukan selama 30 (tiga puluh) hari kalender dimulai pada Selasa, 17 April 2018 dan berakhir pada Kamis, 17 Mei 2018.

 ‘”Berdasarkan PKPU No 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, Jadwal Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) akan berlangsung tanggal 17 April sampai dengan 17 Mei 2018,” ungkap Randang, selaku Ketua KPU Minahasa Utara yang membidangi Divisi Program & Data KPU Kabupaten Minahasa Utara.

Ditambahkan oleh Randang bahwa jumlah Pantarlih Untuk Pemilu tahun 2019 berjumlah 652 orang, dengan berdasarkan PKPU No 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum, dilakukan dengan membagi  Pemilih untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) paling banyak berjumlah 300 orang.

"Pada Pencoklitan Serentak, Pantarlih melakukan Coklit minimal 5 rumah, dalam pencoklitan serentak juga akan di monitoring oleh Komisioner KPU Minahasa Utara. Selanjutnya dalam menentukan sampel Coklit yang akan didampingi komisioner, nantinya perlu dilakukan terhadap beberapa tokoh masyarakat yang mewakili. Selain itu Ketua menegaskan kepada PPK, PPS & Pantarlih yang wajib memahami aturan dan prosedur terkait pemutakhiran data pemilih. Seluruh jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Minahasa Utara, Sekretariat PPK & Sekretariat PPS juga harus memahami pemutakhiran data pemilih" tegas Randang.

 ”Karena tahapan penting ini adalah tugas kita bersama. Mari bantu sosialisasikannya, paling tidak kepada warga di sekitar rumah masing-masing,” jelas Julius yang juga didampingi oleh anggota KPU Kabupaten Minahasa Utara, Stella M. Runtu Divisi SDM dan Parmas, Willem Pantouw Divisi Teknis dan Penyelenggara, Indria Maramis Divisi Keuangan Umum dan Logistik, Frederiek Sirap Divisi Hukum dan Pengawasan dan Sekretaris KPU Kab. Minahasa Utara Carles Worotitjan, SH, MH. (Yofian)