Disperin Minahasa Utara Target IKM 2018 Naik 10%

Minut, (Cahaya Kawanua) - Dinas Perindustrian Minahasa Utara (Minut) menargetkan pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) tahun 2018 naik 10%.

Kadis Industri Minut Royke Kodoati di Airmadidi, Selasa mengatakan, saat ini IKM non formal sebanyak 3.030 sedangkan formal 276 IKM.

"Sampai bulan Maret ini pertumbuhan IKM sudah berproses satu persen. Target kami bisa capai 10% atau bertambah sekitar 300 IKM sampai akhir tahun," ujar Kodoati.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya masih mendata secara rinci seluruh IKM yang aktif. 10 Kecamatan yang ada di Minahasa Utara akan di data IKM.

Dinas Perindustrian juga dalam waktu dekat akan mengirim proposal permohonan bantuan pengembangan IKM pada Khawasan Sentra Industri kepada Kementerian Perindustrian RI.

Proposal tersebut untuk fasilitas pelatihan pengemasan, fasilitas pelatihan mutu, fasilitas pelatihan gula semut, bantuan mesin/peralatan pengolahan keripik buah, produksi arang tampurung dan lain sebagainya.

"Pemerintah mendorong pertumbuhan IKM dengan memberi bantuan dan dukungan akses pembiayaan, termasuk bantuan peningkatan kapasitas IKM sehingga mampu menghasilkan produk yang memenuhi standar kualitas industri," demikian Kodoati.(Melky)