Klaim Miliki Lahan Di Paputungan, Ternyata Ini Bukti PT BMW

Minut, Cahaya Kawanua - Rencana dari PT Bhineka Manca Wisata dalam membangun kawasan pariwisata di Desa Paputungan Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara rupanya masih terganjal dengan masalah sengketa lahan yang menurut beberapa warga setempat, belum selesai.

Menurut PT BMW yang diwakili oleh Yayan, kepemilikan lahan tersebut sah milik perusahan sebab didukung oleh dokumen resmi dari negara.

"Semua dokumen ada, dan lengkap. Proses pembayaran pun sudah tuntas, yang dilakukan dalam rentang waktu sekitar tahun 1992 sampai tahun 1996, yang mayoritas transaksinya di lakukan oleh orang tua dari para warga yang mempermasalhkan hal ini" tegas Yayan.

Terpisah, Hukum Tua (Kumtua) Desa Paputungan Korneles Sasilo mengungkapkan bahwa  mereka memiliki 257 Kepala Keluarga (KK), tetapi yang keberatan hanya 11 KK. 

“Tetapi dari 11 KK tersebut, mereka ingin meminta perusahaan membayar kembali lahan yang telah dijual orang tua mereka. Bahkan ada bukti penjualan, sejak tahun 1992 lalu,” katanya.

Lanjut Sasilo, sebagai pemerintah desa, dirinya bukan membela perusahaan, tetapi berdiri sesuai aturan. “Apalagi, perusahaan memiliki bukti pembayaran, baik foto dan surat-surat, semua lengkap. Bahkan saat ini perusahaan sudah memiliki sertifikat kepemilikan atas nama PT Bhineka Manca Wisata (BMW),” tukasnya. (Yofian)