Drainase Buruk, Air Meluap Dibeberapa Titik Airmadidi Dan Kauditan

Minut, Cahaya Kawanua - Sistem Drainase yang buruk membuat sejumlah titik di Kecamatan Airmadidi tergenang air walaupun hanya mendapat curah hujan kurang lebih 30 menit pada Senin (5 Maret 2018) sekitar pukul 15.00 WITA.

Dari pantauan, pusat kota Airmadidi dan sejumlah jalan lorong yang menghubungkan Jalan Ir Soekarno (Jalan SBY, dekat objek wisata Kaki Dian) menuju Airmadidi Atas sudah dipenuhi luapan air, juga terjadi di seputaran pembagunan jalan Tol Manado-Minut-Bitung, Desa Tumaluntung dan Desa Paslaten Kecamatan Kauditan.

"Hujan hanya lebih kurang setengah jam, mengakibatkan seputaran Kota Airmadidi jadi banjir," keluh Rusdianto, warga Airmadidi.

Lain halnya yang di ungkapkan oleh Jean Waturandang seorang tokoh seni dan budaya yang merupakan warga Kecamatan Kauditan.

"Jalan Bypass Worang yang berada di dataran lebih tinggi, tidak memiliki drainase yang baik sehingga air meluncur bebas masuk ke sejumlah rumah warga di desa. Jalan Worang tidak dilengkapi dengan saluran air untuk dilewati air yang berimbas dari galian tanah dan tebangan pohon di proyek jalan tol. Dampak tak elok dan menyita hak kenyamanan hidup warga seperti terlihat ketika hujan turun di wilayah sekitar pembangunan jalan tol tersebut, lalu lintas terganggu, rumah-rumah warga pun waspada banjir," ujar Jean Waturandang.

Melihat fenomena ini, William Luntungan yang merupakan tokoh masyarakat Minahasa Utara sekaligus Ketua LSM Gebrak (Geralan Bela Rakyat) Minut angkat bicara.

"Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara khususnya instansi yg terkait (Dinas PU) segera turun lapangan didaerah yg terkena banjir lokal setiap hujan turun khususnya seputar Airmadidi Kota dan daerah Worang Bypass. Sekilas kiat sdh biss tahu salah satu penyebab adalah drainase yg ada blm biss berfungsi secara maksimal dimana selain tidak bisa lagi menampung debit air  yg sudah melewati kapasitas drainase yg ada jugg sudah penuh dengan sampah yg sudah bertahun tahun tidak dibersihkan" tegas Luntungan. (Yofian)