Nilai B SAKIP, Minut Bakal Terima DID 7,5 M

Minut, (Cahaya Kawanua) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Wakil Ir Joppi Lengkong mendapat kado manis disaat perayaan 2 tahun kepemimpinan, yang digelar melalui ibadah syukur  di lapangan sarongsong, Airmadidi pada sabtu (17 Februari 2018)

Melalui nilai B yang diterima oleh Minut Bupati dalam penilaian SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Vonnie Panambunan menerima penghargaan dari Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang diserahkan Kepala Inspektorat Minut Umbase Mayuntu.

“Dengan mendapat nilai B, maka Pemkab Minut akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp7,5 miliar untuk memotivasi serta mendorong agar daerah bisa lebih berprestasi yang juga nantinya bermanfaat bagi masyarakat,” beber  Mayuntu

Ditambahkan oleh Mayuntu, setelah di tahun sebelumnya Minahasa Utara meraih nilai C maka adalah suatu prestasi tahun ini naik menjadi B , sembari mengatakan Bappelitbang, Ortal, berperan dalam raihan nilai B tersebut usai direview oleh Inspektorat. SAKIP sesungguhnya dapat digunakan mengukur sejauh mana pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Demikian juga perbaikan tata kelola pemerintahan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan juga bisa menjadi pendorong pemberantasan korupsi.

"Salah satu kebanggaan buat Minahasa Utara adalah, karena Kabupaten Minut tampil terbaik dari provinsi dan beberapa kabupaten/kota di Sulut. Memang diakui masih ada kekurangan, sehingga menjadi perhatian kita untuk bisa lebih baik lagi untuk tahun ini dan nilainya bisa naik," tutup Umbase, di sela sela acara ibadah syukur. (Yofian)