VAP Hadiri Sosialisasi Bank Sampah Di Desa Laikit

Minut, Cahaya Kawanua - Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan menghadiri sosialisasi mengenai Bank Sampah yang dilaksanakan di balai Desa Laikit Kecamatan Dimembe, kamis (15 Februari 2018).

Bupati dalam sambutannya mengarapkan agar masyarakat lebih proaktif dalam menjaga kebersihan agar bisa menjadi kabupaten yang lebih sehat.

"Mari kita semua saling menjaga kebersihan sebagai bagian dari iman dan saling mengingatkan agar Kabuoaten Minahasa Utara bisa meraih Adipura di tahun 2018 ini" ucap Bupati VAP dalam sambutannya.

Menurut Kadis Lingkungan Hidup melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Sampah dan LB3 (Limbah Berbahaya dan Bahan Beracun) Melky Rompis SE, bank sampah meruoakan salah satu poin penting dalam penilaian adipura.

"Semakin banyak bank sampah dalam satu Kabupaten, maka semakin banyaki poin yang di hitung. Mekanismenya, jika berminat maka pemerintah desa mengajukan permintaan ke instansi danl akan di tindak lanjuti ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi" ungkap Rompis.

Ditambahkan Rompis, saat ini baru terdapat 4 bank sulut di Minahasa Utara yakni, Desa Watutumou 2, Kawangkoan Baru, Werot, dan Talawaan.

"Nantinya bank sampah akan membantu masyarakat karena terdapat pengolahan sampah dan anorganik sehingga bisa di manfaatkan, contohnya sampah organik menjadi pupuk dan sampah anorganik bisa menjadi bahan kerajinan tangan" tutup Rompis. (Yofian/adv)