Pemkab Minut Tingkatkan Kesejahteraan Kelompok Nelayan

Airmadidi, 11/2 (CK RSR) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara melalui dinas Perikanan tingkatkan kesejahteraan kelompok nelayan lewat program-program yang dicanangkan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perikanan Minahasa Utara S Tairas di Minahasa Utara, Minggu mengatakan, ada berbagai program maupun bantuan diberikan bagi para nelayan.

"Diantaranya asuransi bagi nelayan. Namun dari jumlah data statistik ada 13.800 nelayan di Minahasa Utara, namun data dari Capil sebanyak 5.047 nelayan yang memiliki KTP nelayan. Sedangkan penerima asuransi sebanyak 1134 nelayan dan sudah tercetak baru 1125 nelayan,  sesuai kuota asuransi dari kementrian kelautan," ujar Tairas.

Dia mengatakan, akan berusaha bagi semua yang memiliki KTP nelayan, pada 2018 akan ketambahan asuransi untuk diberikan kepada nelayan lain yang belum tercetak asuransi.

Selain itu kata Tairas, pemerintah terus meningkatkan kesejahteraan nelayan, bilamana akan diberikan bantuan bagi kelompok yang sudah terbentuk tahun sebelumnya.

"Setelah ada bantuan akan diberikan berdasar SK Bupati bagi penerima bantuan sesuai anggaran. Bantuan itu seperti motor tempel 25 pk, mesin katinting perahu viberglass. Begitu juga di budidaya perikanan di darat, ada bantuan benih dan pakan. Walau benih tidak masuk dalam anggaran namun akan koordinasi dengan balai perikanan budidaya air tawar tatelu salah satu UPT balai kementrian yang secara gratis memberikan bantuan berupa nila dan ikan mas," ujarnya.

Tairas berharap, kelompok nelayan maupun kelompok budidaya air tawar, terus menggiatkan progam kerjanya untuk peningkatan ekonomi daerah maupun kesejahteraan para nelayan. Sambil berharap terutama para nelayan, hati hati dan membaca situasi angin laut. Kalau tidak memungkinkan agar tidak melaut.(Melky)