Terganjal Tujuh Prinsip Perubahan Dapil Di Minut

 Airmadidi, 10/2 (CK RSR) - Usulan adanya perubahan dapil daerah pemilihan Minahasa Utara dari empat dapil menjadi lima dapil, terganjal tujuh prinsip mendasar.

Komisioner KPUD Minahasa Utara Bidang Teknis Willem Pantow di Minahasa Utara, Sabtu mengatakan, usulan lima dapil tersebut harus memenuhi tujuh prinsip yaitu pertama kesetaraan suara kedua ketaatan pada sistem pemilu profesional, ketiga proporsionalitas keempat integritas kelima kontraminus kesatuan dalam satu provinsi keenam kodensifitas dan ketujuh Kesinambungan.

"Usulan stackholder didalamnya ada partai maupun instansi terkait sah-sah saja, tapi harus melihat unsur prinsip tersebut," ujar Pantow.

Dia mengatakan, yang memenuhi adalah empat dapil tapi yang usuluan stackholder untuk diubah jadi lima dapil tidak sepenuhnya memenuhi karena syarat ketaatan kesinambungan maupun ketaatan pada sistem proporsional.

"Tapi selaku pelaksana kegiatan menghargai usulan parpol karena sesuai peraturan KPU nomor 16 pasal 14 ayat 3. Misalnya usul dua dapil tapi KPU pusat yang memutuskan, KPUD hanya sebatas penataan usulan lewat KPUD Provinsi sekaligus menampung aspirasi. Jadi hasilnya nanti belum final, intinya sesuai ketetapan kami mengusulkan, menata dan diteruskan ke KPU pusat lewat KPUD Provinsi," ujar Pantow.

Lewat itulah kata Pantow, pihaknya telah melakukan uji publik merupakan sosialisasi KPU terhadap rancangan dapil dilihat darimana ukurannya dan disampaikan kepada stakholder seperti partai pemilu dan lembaga terkait lainnya.

"Uji publik ini akan muncul sesuai hasilnya untuk keputusannya ada pada KPU Pusat melalui KPUD provinsi," ujar Pantow menjelaskan.

Dia mengatakan, sementara jalan dan konsep utama ada empat dapil yaitu dapil satu Kecamatan Wori, Kecamatan Likupang Barat dan Likupang Timur, dapil dua Kecamatan Kema dan Kauditan, dapil tiga Kecamatan Airmadidi dan Kalawat serta dapil empat Kecamatan Dimembe, Kecamatan Talawaan dan Kecamatan Likupang Selatan.

Sedangkan usulan dari stackholder yaitu lima Dapil mencakup Dapil satu Wori dan Likupang Barat, Dapil dua Kecamatan Likupang Timur dan Kecamatan Likupang Selatan, dapil tiga Kecamatan Dimembe dan Kecamatan Talawaan, dapil empat Kecamatan Airmadidi dan Kecamatan Kalawat serta dapil lima Kecamatan Kauditan dan Kecamatan Kema.(Melky)