Sah Sebagai Ketua, Kumaseh Siap Majukan HNSI Minut

Airmadidi (9/2) CK RSR - Setelah pada tanggal 14 Agustus 2017  terpilih secara aklamasi sebagai ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpinan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Minahasa Utara dalam musyawarah cabang ke III, Meydi Reppi Kumaseh akhirnya sah memimpin melalui acara pelantikan yang di pimpin oleh Ketua DPD HNSI Sulut Ben Awoah Spd, Jumat (9 Februari 2018).

Disampaikan oleh Kumaseh yang juga merupakan Hukum tua Desa Kaima ini, menurut data statistik, terdapat banyak masyarakat  yang berprofesi sebagai nelayan di Minahasa Utara, sehingga perlu adanya mitra kerja yang menjembatani antara pemerintah dan nelayan.

"Menurut data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, terdapat 5047 jiwa yang terdata sebagai nelayan, tetapi menurut data statistik Dinas Kelautan dan Perikanan ada sejumlah 13.800 jiwa yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan" ungkap Kumaseh.

Ditambahkan Kumaseh, begitu banyak program kementrian dan dinas terkait yang belum menyentuh secara langsung kepada para nelayan.

"Salah satu program dari kementrian adalah untuk menyediakan Kartu Asuransi Nelayan sehingga HNSI yang adalah mitra kerja pemerintah berusaha untuk membantu para nelayan agar terdata dan terdaftar sebagai penerima asuransi" tukas Kumaseh.

Turut hadir dalam pelantikan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Minut Sadrak Tairas Msi, Sekcam Kauditan Martho Rasubala, Hukumtua Desa Makalisung Steven Tumilantow yang dilantik sebagai Bendahara HNSI Minut, Hukumtua Desa Lilang Roli Rorong yang dilantik sebagai wakil bendahara, besersta seluruh pengurus dan anggota HNSI yang dilantik.(Yofian)