Pesta Adat Tulude Winuri Kolaborasikan Dua Budaya

Airmadidi (3/2) CK RSR - Ada hal menarik disaat penyelenggaraan pesta adat etnis Nusa Utara yang disebut Tulude, yang sekaligus mengolaborasikan dua budaya, berlangsung di Desa Winuri Kecamatan Likupang Timur Minahasa Utara pada Sabtu (3 Februari 2018).

Menurut Denny Sompie yang merupakan suami tercinta Hukum Tua Winuri ini, Pesta Adat yang merupakan budaya asli etnis Nusa Utara ini turut menampilkan tarian Kabasaran dan alat musik Kolintang yang notabene adalah kebudayaan etnis Minahasa sekaligus menegaskan kekayaan budaya di tanah Toar Lumimuut ini.

"Daerah likupang merupakan sentra pariwisata yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah. Untuk itu, kami berusaha menggali dan menampilkan setiap kekayaan budaya lokal sehingga menjadi salah satu aspek yang dapat menarik minat wisatawan yang datang berkunjung" ujar Denny Sompie yang merupakan Legislator Minut asal Desa Winuri ini.

Ada berbagai seni budaya adat nusa utara seperti penyambutan tamu, sampai mengantar tamu, tarian juga Masamper ditampilkan dalam momen tersebut, didalamnya ada adat Minahasa sekaligus meramaikan pesta adat Tulude. Bukan sekedar itu, beberapa atraksi pun seperti Karate dan pencak silat ikut mengisi acara.

Dan acara utama adalah pemotongan kue "Tamo" yang di pimpin tokoh adat nusa utara Forgam, dimana dalam kesempatan itu Kepala Desa Wnuri didaulat pertama memotong kue tamo dan diikuti para Pala Desa Winuri.

Bupati Minahasa Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Minut Theodora Luntungan sangat mengapresiasi pagelaran seni dan budaya yang merupakan bentuk dari masyarakat Nusa Utara menyambut tahun baru ini.

"Mari kita jadikan pesta adat Tulude ini untuk meninggalkan segala hal yang tidak baik ditahun sebelumnya dan kita sambut 2018 dengan penuh sukacita. Tuhan Yang Maha Esa pasti memberkati Minahasa Utara," ucap Luntungan yang membacakan sambutan Bupati.

Turut hadir dalam pesta adat Tulude ini, Ketua DPRD Minahasa Utara Berty Kapojos SSos, Hukumtua Desa Winuri Shinta Kasso selaku pemyelenggara, Camat Likupang Timur Donny Rondonuwu, Kapolsek Likupang, Danramil, tokoh agama dan tokoh masyarakat, beserta warga sekitar.(Yofian)