VAP Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat

Airmadidi (31/1) CK RSR - Sebanyak 2500 sertifikat tanah untuk masyarakat Minahasa Utara diserahkan secara simbolis oleh Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan yang bertempat di pendopo kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (pemkab) pada Rabu (31 Januari 2018).

Bupati Panambunan yang dalam sambutannya mengingatkan masyarakat akan pentingnya pengurusan dokumen kepemilikan tanah sehingga meminimalisir terjadinya kesalahpahaman yang mungkin dapat terjadi jika tidak adanya dokumen yang di sahkan oleh negara.

"Saya menghimbau agar sertifikat tanah yang telah di serahkan agar di jaga dengan baik sebab memiliki kekuatan hukum yang jelas akan kepemilikan tanah dari bapak ibu sekalian. Saya juga menghimbau agar mulai dari perangkat desa, hukumtua/lurah, camat beserta instansi terkait untuk dapat membantu masyarakat dalam setiap pengurusan sertifikat" tegas VAP.

Turut memberikan sambutan, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minahasa Utara Sammy Dondokambey menjelaskan bahwa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dimulai pada tahun 2017 sebelumnya dikenal sebagai Sertifikat Prona.

"Kebijakan pemerintah ini bertujuan salah satunya untuk menunjang Program Pemerintah Pusat untuk percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat khususnya di Minahasa Utara denga menyediakan kemudahan dalam pengurusan sertifikat tanah" ungkap Dondokambey.

Turut hadir dan secara simbolis menyerahkan sertifikat, Kepala Kantor BPN Provinsi Sulut Fredy Kolintama ST MSi, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH, Kepala Pengadilan Negeri Minut Agus Mahendra, Kepala Bidang Hubungan Hukum dan Pertanahan Guntar Tutiarima SH, jajaran BPN Minut, beserta masyarakat penerima hak atas tanah.(Yofian/adv)