Cegah Penyimpangan Dandes, Bupati VAP Tandatangani MoU Bersama Polres Minut

Airmadidi (2/11) CK RSR - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU/ Nota Kesepahaman)  bersama Kepolisian Resor Minut dalam rangka pencegahan penyimpangan penggunaan Dandes yang bertempat di Kantor Bappelitbang (Rabu 1 November 2017). 

Hal ini dilakukan dalam rangka menindak lanjuti program Pemerintah Pusat dalam rangka pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan pengelolaan keuangan Negara/Daerah serta pemberantasan korupsi khususnya terkait dana desa (Dandes). 

“Harus sesuai ketentuan yang berlaku, jangan ada yang fiktif dan jangan main-main dengan pengelolaan keuangan negara dan daerah, dengan adanya MoU ini. Jangan takut untuk mengelola Dandes, karena sudah ada pendampingan dan pengawasan dari aparat kepolisian”, ujar Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Kapolres Minahasa Utara AKBP Alfaris Pattiwael SH SIK juga menambahkan bahwa peran institusi kepolisian khususnya Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BHABINKAMTIBMAS)  dalam hal pengawasan terkait Dana Desa adalah bukan untuk mencari kesalahan dan menakut-nakuti, melainkan untuk mendampingi. 

"Bhabinkamtibmas tidak ada kewenangan untuk mengatur anggaran harus dibuat bagaimana. Tapi, Bhabinkamtibmas hanya sebagai pemberi saran dan pendampingan untuk keberhasilan penggunan Dana Desa. Jikalau, ada Bhabinkamtibmas bahkan kapolsek yang menakut-nakuti Hukum Tua langsung lapor sama saya”jelas Kapolres Alfaris Pattiwael.

Turut hadir dalam penandatangan Nota Kesepahaman ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Jemmy H Kuhu, Kepala-kepala SKPD,  para Camat,  serta Hukum Tua seluruh Minahasa Utara?(Yofian/Adv)