Apel Siaga Pangendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan, VAP : Lebih Baik Mencegah

Airmadidi (13/9) CK RSR - Dalam rangka pencegahan dan meminimalisir bencana kebakaran hutan,  Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tingkat Provinsi Sulut yang di selenggarakan di lapangan kantor Pemerintah Kabupaten  Minahasa Utara (Minut) pada Selasa (12 September 2017). 

Apel yang diikuti okeh berbagai elemen terkait ini di pimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen SE MSi yang bertindak sebagai pengambil apel dan Yoyok S. Sanjaya dari Satuan Polhut Reaksi Cepat Balai Penegakan Hukum Kementrian LHK Sulut yang bertindak sebagai Komandan Upacara.

Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan yang turut hadir dala apel ini mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesiap siagaan dalam menghadapi kemungkinan bahaya bencana kebakaran hutan dan lahan. 

“Kami menyambut baik kegiatan Dinas Provinsi ini dan kami pihak Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara akan selalu berkoordinasi  dan selalu siap siaga dalam mencegah kerusakan dan kebakaran hutan dan lahan dengan memegang prinsip, "Lebih baik mencegah dari pada memadamkan”,  ujar Bupati Panambunan.

"Hutan adalah penyerasi dan penyeimbang kehidupan juga tempat berlindung keaneka ragaman hayati oleh karenanya harus diurus, dikelola dan dilindungi sebaik-baiknya dan perlu kepedulian juga untuk keberlangsungan hidup generasi yang akan datang" lanjut VAP. 

Acara yang di mulai sekitar puku 09.00 WITA ini diikuti oleh Denzipur 4/YKK, Kodim 1310/Bitung, Shabara Polda Sulut, Brimobda Sulut, Lanud Samratulangi Manado, Polisi Kehutanan Dinas Kehutanan Sulut, Brigade Manggala Kementrian Linpencegahan dup dan Kehutanan Sulut, BPBD  (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Prov Sulut, Satpol PP, Damkar Sulut dan Basarnas Sulut.

Turut hadir juga,  Kadis Kehutanan Prov Sulut Ir. Herry Rotinsulu, Ketua DPRD Minahasa Utara Berty Kapoyos, Dandim 1310/Bitung Letkol Deden Hendayana, SE, Paban Ops Lantamal VIII/Manado Letkol Laut E.J Sumpouw, Kapolres Minut  AKBP Alfaris Patiwael SH MH, Kajari Minut Rustiningsih SH.M.Si, Kepala PN  Airmadidi Agus Tjahjo Mahendra SH.MH, Sekda Minut Ir. Jemmy Hengky Kuhu MA, Kepala Basarnas Sulut Budi Cahyadi, Kepala BMKG Sulut Tri Cahyo dan mewakili Danlanud Manado Kptn Kal Ismar Galih.(Yofian)