Hadiri HUT Ke 357, VAP Kagum Sejarah Panjang Desa Talawaan

Airmadidi (21/8) CK RSR - Merayakan Hari Ulang Tahun ke 357,  Desa Talawaan yang merupakan salah satu Kampung tertua di Minahasa Utara mendapat kunjungan langsung dari Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan,  pada Sabtu ( 19 Agustus 2017) kemarin. 

Bupati Panambunan yang disela sela jadwal yang padat berusaha menghadiri HUT Desa Talawaan ini langsung mendapat sambutan dan applaus warga terlebih lansia begitu tiba di lokasi. 

"Saya mohon maaf karena begitu banyak acara yang harus dihadiri,  sehingga membuat warga terlebih lansia yang menunggu lama kehadiran saya" ujar Bupati Panambunan yang kemudian di daulat untuk prosesi pemasangan dan peniupan lilin Ulang Tahun. 

"Saya berharap di usia yang ke 357 tahun ini,  masyarakat beserta pemerintah bisa saling bahu membahu untuk bisa membangun Minahasa Utara khususnya Desa Talawaan agar bisa menuju ke arah yang lebih baik lagi," ujar Bupati dalam sambutannya. 

Terpisah, Hukum Tua Desa Talawaan Christian Umboh mengungkapkan bahwa terdapat sejarah panjang dalam berkembangnya Desa Talawaan yang berdiri pada tahun 1660 ini. 

"Awalnya Desa ini di beri nama oleh para tetua dengan sebutan Winawaan yang artinya turun kebawah. Jadi pada awal pencarian lokasi,  para tetua kemudian berkumpul di tempat tinggi,  kemudian melihat sekeliling untuk melihat tempat yang strategis untuk dijadikan tempat pemukiman"

"Akhirnya setelah terlihat satu tempat yang paling bagus,  para tetua akhirnya turun ke bawah sehingga tempat itu dinamakan Winawaan. Seiring berjalannya waktu, nama desa kemudian menjadi Talawaan" lanjut Hukum Tua. 

"Harapan kami di momen HUT Desa yang ke 357 ini, masyarakat bisa terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten, khususnya Pemerintah Desa agar bisa terus membangun Desa ke arah yang lebih baik" pungkas Umboh. 

Turut hadir mendampingi Bupati Panambunan,  Assisten I Drs Rivino Dondokambey yang merupakan Putra Talawaan, dan Camat Talawaan Johan Wewengkang. (Yofian)