Disperin Minut Bidik Produk Kerajinan Rutan Malendeng

Airmadidi (18/4) CK RSR - Dinas Perindustrian Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Dra Femmy Pangkerego kembali melakukan terobosan dengan membidik hasil kerajinan tangan penghuni lapas, dalam hal ini Rumah Tahanan kelas IIA Malendeng di Manado.

Pangkerego yang ditemui di sela sela kenjungan ke Rutan Malendeng mengungkapkan bahwa Disperin Minut berencana bersinkronisasi dengan rutan karena di samping membawa aspek positif bagi para penghuni Rutan, biaya dan hasil produksi di rutan terbilang rendah sehingga bisa profitable.

"Kami sudah meninjau hasilnya dan hasilnya cukup bagus untuk bisa bersaing dengan cinderamata konvensional. Ini tentunya juga bisa berguna selepas menjalani masa tahanan nanti, dan bisa di jadikan peluang usaha bagi para penghuni Rutan" ujar Pangkerego yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Minahasa Utara ini.

Kepala Rutan Malendeng Ahmad Zainal Fichri AMD IP SH juga sangat mengapresiasi kunjungan oleh tim dari Dinas Perindustrian ini.

"ini adalah kegiatan pertama yang kami terima di Rutan Malendeng ini. Kami tentunya sangat mengapresiasi jika para penghuni Rutan mendapat perhatian seperti ini. Dari waktu senggang mereka diisi dengan membuat kerajinan tangan seperti bunga dari bahan sabun, menara Eiffel dari bahan kertas koran, dan lain sebagainya" ujar Fichri.

"Kreatifitas mereka bagus, cuma di sayangkan terhambat dalam hal bahan baku dan modal. Dengan adanya kegiatan seperti ini mudah mudahan bisa terbantu, sehingga bisa menjadi kerjasama yang saling menguntungkan" tukas Fichri menambahkan. (yofian)