Wijaya Buka Gerakan Tanam Rica di Minut

Airmadidi (3/3) CK RSR - Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Minahasa Utara Pdt Jeivy Wijaya yang merupakan Istri tercinta Wakil Bupati Minahasa Utara Ir Joppi Lengkong secara resmi membuka Marijo Ba Kobong : Gerakan Tanam Rica.

 Seringnya harga Rica (Cabe) yang melonjak tajam di masyarakat membuat Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Tim Penggerak PKK Minut mencanangkan Gerakan Tanam Rica, yang merupakan program Nasional dari Kementrian Pertanian dengan membagikan kurang lebih 10 ribu bibit, namun baru tersedia 1000 bibit.

"Cabe merupakan komoditi pertanian yang sangat berpengaruh pada harga bahan lainnya. Awal tahun 2017 saja harga cabe di Minahasa Utara pernah menyentuh Rp 130.000. Ini membuktikan bahwa cabe sangat di butuhkan masyarakat sehingga menyerupai bahan pokok. Mudah mudahan program ini bisa membantu masyarakat agar kedepannya cabe bisa di produksi dan di konsumsi oleh tiap keluarga" ujar Wijaya.

Benih cabe yang merupakan bantuan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara ini rencananya akan di salurkan per kecamatan. 

"Setelah 3 bulan akan di lakukan penilaian di setiap desa, sejauh mana usaha dari TP PKK dalam mengembangkan benih ini" lanjut Wijaya yang mengungkapkan bahwa Minut merupakan tiga kab/kota di sulut yang melaksanakan program ini. (Yofian)