Warga Likupang Timur Gelar Tulude Di Winuri

Airmadidi (4/2) CK RSR - Tulude merupakan adat turun temurun untuk mensyukuri segala bentuk berkat Tuhan yang maha esa, serta menyongsong tahun berjalan. Untuk itu warga Likupang Timur keturunan Nusa Utara menggelar pesta adat Tulude yang dipusatkan di Desa Winuri.

Pesta adat masyarakat yang sarat budaya tradisional ini menampilkan banyak budaya turun temurun yang umunya di adopsi dari budaya masyarakat Sangihe Talaud. Diantaranya menampilkan tarian Gundeh dengan diiringi oleh alat musik pukul Tagonggong.

Menurut Tokoh masyarakat setempat yang sekalian merupakan anggota DPRD Minut Denny Sompie, pesta adat Tulude merupakan rangkaian syukur masyarakat atas berkat setahun yang berlalu serta permohonan kepada Tuhan agar di bukakan berkat di tahun yang berjalan.

"Dalam pesta adat ini ada kue khas yaitu bernama Tamo yang di buat kerucut menyerupai gunung. Dalam prosesi adat nantinya akan ada pemotongan pucuk Tamo yang merupakan simbol agar nantinya gunung Karangetang tidak akan meletus" ujar Sompie yang dikenal sangat ramah namun vokal dalam memperjuangkan masyarakat ini.(yofian)