ASN Minut Kurang Semangat Kantor, Ini Penyebabnya

Airmadidi (19/1) CK RSR - Memasuki awal 2017 hingga pertengahan bulan Januari, suasana kantor pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terlihat adem ayem dan aktifitas yang dilakoni para Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga harian lepas belum bergairah.

Tak ayal banyak kantor- kantor dinas satu hari terakhir, pada Rabu terlihat sepi bahkan aktifitas ASN kebanyakan melakukan tugas luar serta pembenahan fungsi.

"Banyak ASN masih bingung harus kerja yang mana, karena OPD baru merubah tata kelola administrasi maupun keuangan," ujar salah satu ASN Minut Jefri.

Dia pun tak menampik diterapkannya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru melalui pemerintah pusat yang diterapkan hingga ke semua daerah dengan beberapa dinas maupun badan yang dialihfungsikan atau digabung bahkan dihilangkan, sontak membuat pekerjaan yang semula dilakukan para ASN dengan mudah kini harus mengerjakannya dari awal.

"Saya rasa ini masih penyesuaian pekerjaan, kalau pun belum semangat itu karena situasi dan kondisi peralihan OPD baru," katanya.

Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan sebelumnya mengatakan, kiranya lewat OPD baru para ASN dapat menyesuaikan dengan tugasnya.

"Bagaimana pun ASN sudah diterapkan sikap disiplin dan tugas yang diemban merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi demi organisasi pemerintahan maupun pelayanan masyarakat," kata Bupati biasa di sapa VAP.

Disisi lain keluhan datang dari berbagai ASN, ternyata hingga pertengahan memasuki bulan kedua 2017, gaji ASN selang Januari belum terbayarkan.

Terkait hal tersebut Kepala Badan Pengelola Keuangan Robby Parengkuan mengatakan, belum ada permintaan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk pembayaran gaji. 

"Adanya penempatan pegawai yang berpindah (mutasi) hingga perubahan pada sistim Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru salah satu kendala dan sebenarnya SKPD yang tidak berubah sudah bisa mengajukan permintaan pembayaran gaji, akan tetapi kemungkinan SKPD tersebut menunggu pegawai lain yang ditempatkan di SKPD tersebut," ujar Parengkuan menjelaskan.

Wakil Bupati Minahasa Utara Joppi Lengkong mengatakan bila suasana tersebut hal mutlak, peralihan OPD membuat segala sesuatu berubah.

"Memang butuh penyesuaian dan saya yakin di minggu berjalan semuanya akan teratasi dan aktifitas berjalan dengan baik pula," ujarnya.

Lengkong berharap, ASN tidak perlu kuatir dan kiranya dapat melakukan aktifitas sesuai tugas pokok dan fungsi.(yofian)