Lomba Pacuan Roda Sapi Sukses Digelar

Lomba pacuan roda sapi digelar di Minut. (foto:ist)

Airmadidi (26/11) CK RSR - Lomba Pacuan sapi yang digelar Pordasap Minahasa Utara sukses, gairah olahraga tradisional tersebut terkihat semakin meningkat.

Ini terbukti statistik yang didapat saat PORDASAP menggelar lomba pacuan roda sapi, peserta meningkat tajam di banding gelaran sebelumnya.

Seperti diketahui, sebelumnya sudah digelar pacuan di desa Watudambo yang di gelar oleh IPMU (Ikatan Pendiri Minahasa Utara) yang di ketuai oleh Denny Wowiling, dan selanjutnya di gelar di Pantai Pall oleh Denny Sompie.

Dari data yang di dapat, pada saat lomba di desa Watudambo berjumlah 2 peserta, di Pantai Pall berjumlah 27 peserta, dan meningkat drastis hampir dua kali lipat pada saat PORDASAP menggelar lomba di desa Kolongan pada tanggal 24-26 November 2016  dengan 43 peserta.

Menurut Ketua Panitia Winovel Lotulung, kegiatan seperti ini harus dilestarikan karena ini adalah warisan leluhur.

"Jika dihitung menurut produksi daging, seekor sapi dewasa bisa menghasilkan omset sekitar 10 juta Rupiah untuk peternak. Namun jika seekor sapi menjadi sapi pacu, harga perekor bisa melonjak tajam sampai 10 kali lipat (bisa mencapai 100 juta Rupiah) jika sering menang,' ujar Lotulung yang merupakan wakil ketua PORDASAP.

Ketua Dewan Minut yang merupakan Ketua PORDASAP, Berty Kapojos kesempatan itu menyerahkan hadiah kepada pemenang sekaligus menutup rangkaian lomba tersebut.

"Kami mengharapkan dukungan Pemerintah agar kedepannya olahraga tradisional ini bisa mendapat tempat dan lokasi yang lebih baik agar tak hanya bermanfaat bagi para peternak, juga secara langsung merupakan salah satu daya tarik pariwisata di Minut," kata Kapojos.(yofian)