Polres Minut Amankan Pelaku Curanmor di Bawah Umur

Polres Minut Amankan pelaku pencurian yang mersahkan warga. (foto:ist)

Airmadidi (22/11) CK RSR - Menanggapi keluhan masyarakat tentang pencurian ranmor yang semakin marak di wilayah  Minut, membuat Polres Minut dan jajarannya bergerak cepat menelusuri kasus tersebut.

Buser Polres Minut dibawah kepemimpinan  Kanit Buser Polres Minut Aiptu Donald Lumonang  berhasil mengamankan Lima pelaku curanmor. Selasa (22/11).

Kelima pelaku curanmor kali ini ialah, RM alias Rival (22) Warga Kelurahan Sagerat, Lingkungan III Kecamatan Matuari Kota Bitung. KS alias Sigit (18) Kelurahan Batu Putih Atas, Lingkungan III, Kecamatan Ranowulu, kota Bitung. RRM alias Rifky (15) warga, Kelurahan Motto, Kecamatan Lembeh Utara, Bitung. FB alias Frank (15) Warga Sagerat Lingkungan III, Kecamatan Matuari, Bitung. RR alias Rez (15) Warga Sagerat Weru 1, Lingkungan III, Kecamatan Matuari Bitung.

Setelah diperiksa, terungkap beberapa tempat yang di jadikan sasaran pencurian yaitu daerah Minahasa, Minut, Tomohon, dan Bitung. Di Wilayan Minut pun terdapat tujuh spot yang di jadikan sasaran, antara lain : 

1.Kecamatan Talawaan, 2 TKP

2.Kecamatan Airmadidi, 1 TKP

3.Kecamatan Dimembe, 2 TKP

4.Kecamatan Kauditan, 2 TKP.

Dalam penggerebekan tersebut, Satuan reskrim Polres Minut berhasil mengamankan empat belas 14 kendaraan roda dua, yakni :

1.Honda Beat Pop Warna Hitam

2.Yamaha Moto Warna Putih

3.Suzuki Shogun Warna Hitam

4.Honda Supra X warna Hijau

5.Honda Revo warna Biru

6.Yamaha Soul GT 125 Warna Hitam

7.Yamaha Jupiter MX warna hitam

8.Yamaha Vega R warna Hitam

9.Yamaha Mio warna hijau

10.Yamaha Soul GT 125 Warna Putih

11.Yamaha Mio 125 Warna Hitam

12. Honda Beat Warna Putih

13.Yamaha RX King Warna Hitam

14.Honda Blade Warna Hitam.

Sementara itu Kasat Reaktif Polres Minut  AKP Andi Mekuo SH SIK mengatakan Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku terkuak modus operandi yang dilakukan para pelaku untuk melakukan pencurian yaitu para pelaku melakukan aksinya ditempat yang sepi, dipemukiman yang sunyi, tidak tampak adanya keramaian dan sasaran mereka adalah Roda dua yang tidak terkunci Stir dan kemudian didorong. ketika didorong agak jauh motor tersebut diangkut oleh kendaraan roda empat (mobil) yang sudah disiapkan. Mereka melakukannya tidak hanya dua orang, melainkan sampai berlima.

Sementara itu, Kapolres Minutes AKBP Eko Irianto SIK mengatakan saat diwawancarai beberapa media, Para pelaku ini sebagian besar masih dibawah umur dan dikordinir oleh pelaku RM alias Rival (22). Mereka ternyata disuruh dan masih dalam pengembangan, Kendaraan tersebut dijual pelaku dengan harga yang murah. Uang tersebut digunakan pelaku untuk keperluan sendiri. Motor tersebut juga ada yang digunakan sendiri dan digunakan buat lomba balapan oleh pelaku.

Menurut Kapolres, Aksi para pelaku tersebut sejak bulan april dan yang terakhir di tanggal 8 November 2016. dilihat dari kendaraan ini kayaknya pesanan-pesanan Khusus. Kasus ini akan terus dikembangkan. Para pelaku ini dikenakan pasal 363 dan 362 KUHP.(Yofian)