Ratusan Turis China Minum Saguer di Minut

 

Tampak para turis makan di atas daun pisang. (foto:yofian/ck)

Airmadidi (11/11) CK RSR - Ratusan turis yang berasal dari Cina menenggak minuman tradisional khas Minahasa, Saguer. Ini bertepatan dengan undangan Bupati Minahasa Utara untuk berpartisipasi dalam  acara Festival Klabat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Minahasa Utara yang ke 13 yaitu kegiatan Makan Di Daun.

Saguer yang disajikan dalam gelas dari bambu ini membuat beberapa turis ragu ragu untuk meminumnya, namun sebagian besar langsung menenggak habis minuman manis yang berasal dari pohon yang oleh masyarakat sekitar disebut pohon Seho ini (pohon aren). Tak sedikit pula wisatawan cina ini langsung mengangkat jempol sambil berkata kata dalam bahasa cina.

Wisatawan yang disuguhkan makanan dan minuman secara tradisional Minahasa ini terlihat unik karena makanan yang disajikan merupakan masakan khas minahasa dan disantap oleh turis yang menggunakan sumpit. Tak sedikit masyarakat lokal yang tersenyum melihat dua budaya yang sangat berbeda ini bersatu.

Dalam kesempatan ini bupati dan wabup yang hadir beserta panitia turut menemani para wisatawan yang sedang bersantap ria. Dalam sambutannya Bupati sangat berterimakasih atas kehadiran seluruh wisatawan yang hadir.

 " Saya harap saudara sekalian yang berwisata ke Minahasa Utara agar tidak bosan untuk datang kembali. Masih banyak daerah di Minut ini yang bisa dijadikan destinasi wisata dan saya jamin saudara saudari wisatawan sekalian tidak akan kecewa. Bawa hal yang baik dari Minahasa Utara, dan jangan pernah bosan menerima keramahan Masyarakat Minahasa Utara" ujar Panambunan yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Cina oleh penerjemah. (Yofian)