Hari Kesaktian Pancasila 2016 Pemkab Minut Terabaikan

Airmadidi, (4/10) CK RSR - Biasanya setiap hari-hari besar kenegaraan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara memperingatinya dengan menggelar upacara bendera, namun kali ini peringatan hari kesaktian pancasila jatuh pada 1 Oktober 2016 seakan terabaikan hingga Senin (3/10).

"Ini mungkin yang pertama kalinya, pemkab tidak menggelar upacara di peringatan hari kesaktian pancasila," ujar sejumlah ASN di sekretariat Kantor Bupati Minahasa Utara, Senin.

LSM Forpmitra Husen Tuahuns juga mantan anggota DPRD setempat mengatakan, bilamana jiwa nasional di lingkup Pemkab Minut dipertanyakan.

"Ada apa ini sampai protokoler lupa melaksanakan upacara hari kesaktian pancasila. Dimana protokoler kenapa tidak menerangkan kepada bupati terkait peringatan hari-hari besar nasional. Upacara itu wajib dilaksanakan, jika tidak dilaksaanakan berarti jiwa nasionalisme kita ini patut dipertanyakan. Saya khawatir ini ada orang-orang yang ingin menjatuhkan bupati," ujar Husein menegaskan.

Terpisah Sekda Minut Sandra Moniaga menerangkan bahwa ada miss komunikasi antara Pemkab dengan Pemprov dimana untuk pelaksana upacara di Pemprov adalah Diknas sementara Dikpora Pemkab Minut tak menerima edaran terkait pelaksanaan upacara. 

"Saya sudah cek ke Dikpora Minut dan tidak ada edaran dari Diknas Sulut. Apalagi 1 Oktober itu jatuh pada hari sabtu. Kesbang juga sudah sempat saya tanyakan dan terkait upacara memang tak ada petunjuk apapun. Tapi sebenarnya itu bukan berarti tak dilaksanakan upacara. Kedepan setiap skpd harus tahu hari-hari besar agenda rutin, tanpa harus menunggu petunjuk dari pimpinan atau bupati. Kan SKPD itu bertanggung jawab terhadap kegiatan hari-hari besar nasional, jadi itu otomatis harus diperhatikan," ujar Moniaga.

Moniaga pun mengakui, khusus panitia hari-hari besar di Pemkab Minit belum dibentuk, tapi itu sebenarnya sudah diusulkan waktu pembentukan panitia peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus lalu, yang akan menyelenggarakan kegiatan hari-hari nasional selama setahun. 

"Sebenarnya usul sudah, yang mana untuk pembentukan panitia hari-hari besar mengikuti panitia HUT RI tapi mungkin ada perubahan," ujar Moniaga.(yofian)