PraNatal KNPI Minut Bersama Anak Penyandang Disabilitas

Minut (Cahaya Kawanua)- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minahasa Utara (Minut), Senin 17 Desember 2018, menggelar perayaan pranatal bersama. Kegiatan ini dilakukan ditempat yang mewah, tapi para panitia memilih melakukan kegiatan di Yayasan Ds AZR Wenas Sekolah Luar Biasa (SLB) GMIM Maranatha Airmadidi Minut bersama dengan anak-anak penyandang disabilitas.

Khadim Pdt Jani Rende MTh mengatakan, perayaan ini biasa, tapi dilakukan secara luar biasa dengan kesiapan spritual dalam menyambut natal saat ini. Mari kita meluruskan dan koreksi konsep mesianis dikalangan orang Yahudi, termasuk pemahaman tentang keselamatan yang harusnya itu adalah hasil usaha manusia, akan tapi sebenarnya datang dari Tuhan.

“Ini tentunya diluruskan dengan pertobatan, agar saat kita menyambut Yesus kita harus tahu mengapa Dia datang. Natal di sekolah SLB datang melalui pemuda-pemuda KNPI Minut dan ini luar biasa, karena kehadiran KNPI Minut bisa menjadi terang bagi anak-anak didik SLB. Bagi saya pribadi, kehadiran KNPI sangat baik. Kiranya kegiatan seperti terus berlangsung dan diikuti organisasi lainnya, karena itulah damai sesungguhnya yang dinyakan Tuhan melalui tangan-tangan mereka yang membantu anak-anak penyandang disabilitas,” Ujar Pdt Jani Rende MTh. 

Ketua KNPI Minut Frengki Karamoy ST dalam sambutannya menegaskan, natal selalu membawa berkat bagi semua orang, sehingga KNPI yang merupakan wadah pemuda Minut menjadi titik balik untuk bekerja dan menjadi berkat Dan berbagi bersama dengan anak-anak SLB.

“Sebagai pemuda Minut saya mengajak kita untuk peka memperhatikan sekitar kita. Karena banyak dari mereka yang membutuhkan perhatian serta bantuan kita, termasuk anak-anak disabilitas. Mengapa demikian, karena sejak dilantik beberapa waktu lalu, kami berkomitmen untuk bergerak bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di Minut bersama-sama menunjang program pemerintah,” tutur Karamoy.

Sementara itu Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong menjelaskan, kita patut bersyukur kepada Tuhan kita bisa merayakan natal di SLB ini bersama KNPI Minut. Kelahiran Yesus membawa terang bagi kita di dunia yang semakin jahat dan gelap. Kita harus bersukacita atas kelahiran Yesus Kristus dengan merespon memberikan bantuan bagi semua orang.

“Keputusan KNPI ini sangat rohani sekali mengadakan ibadah natal bersama anak-anak SLB. Saya memberi apresiasi tinggi bagi KNPI Minut yang baru tiga bulan sudah melakukan kegiatan kemanusiaan seperti ini. Peran pemuda sangat diharapkan mengisi peluang-peluang yang ada di Minut, jangan jadi penonton di daerah sendiri. Kami berharap KNPI Minut kedepan bisa terus ikut berperan penting bagi masyarakat,” tutup Lengkong.

Usai kegiatan ibadah, KNPI Minut berbagi kasih bersama dengan anak-anak disabilitas dalam bentuk bingkisan, termasuk para guru, Kepala sekolah, perwakilan Polres Minut dan Danramil. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris KNPI Minut Aldo Ticoalu, Ketua MPI Novie Ngangi, Kapolres Minut yang diwakili Kabag Sumda Kompol Roy Tangkuman, mewakili Danramil Peltu Johny Agu, Kepsek SLB Altin Posumah SPd, dan Ketua BPMJ GMIM Maranatha Sarongsong Pdt Agnes Pangemanan-Wulur STh, Anggota Dekab Minut Willem Katuuk SH

BPKBMD Minut Bimtek Implementasi Paket Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Minut (Cahaya Kawanua)- Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Bidang Perbendaharaan Kas Daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) Menggelar Bimbingan teknis implementasi paket regulasi tentang pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemkab Minut Tahun 2018. Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekertaris Daerah Kabupaten Minut Ir Jimmy Kuhu mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh di Hotel Sutan Raja Kamis 06 Desember 2018.

Sekertaris Daerah Ir Jimmy Kuhu dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh peserta perwakilan skpd yang hadir, karena kegiatan bimtek dinilai sangat penting dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

“ Kehadiran para peserta menjadi inspirasi bagi Pemkab Minut dalam mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang lebih baik kedepannya, Para peserta yang hadir diharapkan agar dapat mengikuti bimtek ini dengan baik sehingga dapat diterapkan di masing-masing skpd,” katanya. 

Hal lain yang menjadi penegasan Sekda terkait implementasi paket regulasi Kasda online yang harus segera dilaksanakan disetiap skpd. 

“Skpd yang belum melaksanakan Kasda online dimbau untuk segera melakukan implementasi paket regulasi kasda online yang saat ini telah diperbaharui keversi 2,” tegas Sekda.

Pemateri dalam Bimtek tersebut Perwakilan Bank Sulutgo Meiske Kumurur mengungkapkan bahwa kasda online versi 2 memiliki banyak kelebihan saat digunakan dibandingkan dengan versi sebelumnya. 

“Kasda Online versi 2 memiliki kelebihan terkait keamanan, kecepatan, kemudahan serta kehandalan,” ujar Meiske Kumurur. 

Sementara itu Kepala BPKBMD Minut Petrus Macarau mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman pengelolaan keuangan bagi pejabat pengelola keuangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan perundangundangan yang berlaku,

“ Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan pemahaman serta meningkatkan kualitas aparat pengelola keuangan perangkat daerah, mendalami sistem pengelolaan keuangan daerah, mendalami tata cara penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara serta penyampaiannya dan memahami tata cara dan dasar pengenaan pajak bendaharawan sebagai pemotong dan pemungut pajak, “ jelas Macarau.

Bimtek tersebut diikuti oleh perwakilan dari seluruh skpd dilingkup Pemkab Minut.(han)

Distan Minut Gelar Sosialisasi LP2B Pertahankan Lahan Pertanian

Minut (Cahaya Kawanua) – Mengurangi alih fungsi lahan serta memaksimalkan lahan pertanian,  Dinas Pertanian (Distan) Minahasa Utara (Minut) menggelar sosialiasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) tingkat Kabupaten Minut 2018 di aula Distan Minut,  Rabu 12 Desember 2018.

Kepala Distan Minut Wangke Karundeng membuka secara langsung kegiatan tesrebut yang dihadiri oleh para Camat, Kepala Desa termasuk para penyuluh pertanian yang merupakan ujung tombak pengembangan pertanian. Sementara untuk pemateri Berasal dari dari Distan Sulut, Balai Pusat Statistik (BPS) Minut, Bappeda Minut dan Badan Pertanahan Minut. 

Kepala Distan Minut Wangke Karundeng mengatakan sosialiasi ini dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009.

“Sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku sosialisasi LP2B wajib dilaksanakan, “ ujar Wangke Karundeng. 

Alih fungsi lahan pertanian menjadi pokok permasalahan saat ini. Karena alih fungsi lahan pertanian menjadi ancaman serius pembangunan pertanian lebih khusus peningkatan produksi pertanian yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan petani.

“ Hal-hal seperti itulah yang menjadi perhatian bersama antara Pemerintah dan masyarakat, lebih khusus masyarakat petani, untuk mencari solusi atau jalan keluar terbaik, sosialisasi ini akan Memperjelas status lahan pertanian,” tegas Karundeng. 

Diketahui,  LP2B merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten menghasilakan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan.

Kejari Minut Gelar Lomba Peringati HAK 2018

Minut (Cahaya kawanua) - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi (HAK) yang jatuh pada Minggu 9 Desember nanti, Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Utara (Minut) menggelar Lomba Yel-yel, Stand up Comedy dan Pengucapan Tri Krama Adhyaksa tingkat SMA se-Kabupaten Minut, Rabu (5/12) di lapangan kantor Kejari Minut. 

Hari anti korupsi kali ini mengambil Tema 'Melangkah Pasti, Cegah dan Berantas Korupsi'. Kegiatan ini dibuka oleh Plh Kajari Minut, Fien Ering SH. MH. Dalam sambutannya Fien Ering mengatakan, kegiatan lomba hari Anti Korupsi selalu dilaksanakan setiap tahunnya. 

"Saya sangat senang para siswa sudah ikut turut memeriahkan kegiatan ini karena mereka nantinya akan menjadi penerus bangsa yang harus menjauhi tindakan korupsi," katanya.

Dirinya mengharapkan kiranya peserta yang menjadi pemenang dalam kegiatan ini bisa ikut berkompetisi dalam tingkat provinsi dan bahkan secara Nasional. "Karena ini juga sesuai dengan arahan dari bapak Kajati Sulut agar nantinya siapa yang menjadi pemenang bisa ikut berlomba hingga tingkat nasional," tambah Ering.

Ketua Panitia sekaligus Kasi Intel Kejari Minut Mursyidi SH mengatakan lomba ini dilaksanakan untuk memupuk mental anti korupsi sejak usia dini kepada generasi penerus bangsa.

"Kami tentunya merasa bangga karena siswa-siswi begitu antusias mengikuti lomba ini. Hal ini menjadi suatu nilai tambah bagi sekolah, karena dengan lomba ini, sejak dini siswa telah disosialisasikan tentang tindak pidana korupsi yang merusak sendi kehidupan bangsa,” tutur Mursyidi.

Lomba yel-yel ini diikuti oleh 19 peserta, 7 peserta lomba stand up comedy dan 12 peserta Tri Krama Adhyaksa dimana keseluruhan berasal dari SMAN 1 Airmadidi.

Tim penilai atau dewan juri terdiri dari Kejari Minut, Dispar Minut dan 2 orang Dinas Pendidikan Minut.

Adapun juara pertama dalam lomba stand up comedy yakni Effenbert Kaunang, juara 2 Marchelino Oley dan juara 3 Putri Boham. Sementara untuk juara 1 lomba Tri Krama Adhiyaksa diperoleh oleh Magdalena Karambut, Juara 2 Syalom Malingkonor dan Juara 3 Valeri Lubis.(han)