Berbagai Lomba Warnai HUT Kemerdekaan RI Terpusat Di Pall Tunjung

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Kemeriahan memperingati HUT RI ke- 74 benar - benar dirasakan oleh warga Minut, jika tahun - tahun sebelumnya berbagai kegiatan hanya dilakukan sendiri - sendiri, namun kali hanya terpusat di lokasi Paal Tunjung.

William S Luntungan Ketua panitia penyelenggara mengatakan hal ini sudah menjadi agenda tahunan dan kali ini dipusatkan di Paal Tunjung Airmadidi, merupakan tempat nongkrong yang baru dibangun oleh Pemkab Minut.

"11 macam kegiatan baik yang modern maupun tradisional diadakan untuk menunjukkan rasa kebanggaan terhadap hari kemerdekaan," ujar Luntungan.

Adanya kegiatan ini kata Luntungan, memberikan sebuah hiburan bagi peserta lomba maupun penonton.

"Warga Airmadidi sangat antusias hingga tumpah ruah menyaksikan jalannya kegiatan yang diisi oleh berbagai lomba. Ini membuktikan betapa masyarakat sangat membutuhkan hiburan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan," katanya.

Hal menarik kata Luntungan, ada lomba mengumpulkan  sampah plastik.

"Lomba ini bukan sekedar lomba, namun tersisip pengetahuan untuk mengajarkan anak - anak diusia dini agar tdk membuang sampah sembarangan," ujar Luntungan menegaskan.

Semua peserta yang mengikuti lomba kata Luntungan, wajib menempelkan lambang bendera merah putih kecil diwajahnya.

Salah satu peserta lomba, Yesaya Runtuwene warga Airmadidi merasa senang dengan kegiatan ini, selain hadiahnya sangat luar biasa hal ini jg memperat persaudaraan warga Ibukota Kabupaten Minahasa Utara. 

"Terima kasih kepada panitia penyelenggara, adanya kegiatan ini memberikan dampak positif bagi kami. Bukan hanya hadiah, tapi momen ini sebagai ajang silahturahmi dan kami menikmatinya," ujar Runtuwene.

Sementara Carry Mumbunan salah satu penggagas acara ini mengatakan akan selalu mensuport kegiatan - kegiatan yang terpusat  di Paal Tunjung, apalagi melihat antusias warga Airmadidi yg luar biasa terhadap kegiatan ini.

"Mereka menikmatinya, walaupun jatuh bangun dalam lomba yang diadakan, peserta tetap gembira," kata Mumbunan.(****)

Momen Haru Warnai Pengukuhan Paskibraka Minahasa Utara 

Minut (Cahayakawanua.com) - Momen haru warnai puncak acara pengukuhan Paskibraka Minahasa Utara dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI ke 74 yang berlangsung di lantai satu kantor Bupati setempat, Jumat (16/8).

Isak tangis haru para Paskibraka seakan tak terbendung manakala bendera merah putih dicium sebagai wujud cinta tanah air atas pengorbanan jasa pahlawan bangsa.

"Inilah momen dimana generasi muda kini mewujudkannya dalam hal positif sebagai pelakon tergabung dalam Paskibraka Minahasa Utara," ujar Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan dalam momentum pengukuhan Paskibraka Minut 2019.

Dia berharap, Paskibraka Minut dapat menjalankan tugasnya dalam menaikan bendera merah putih dalam peringatan HUT kemerdekaan RI.

"Tunjukkan dedikasi sebagai putra putri bangsa lewat tugas mulia yang diembankan untuk menaikan bendera merah putih dalam peringatan 17 agustus," ujar Bupati VAP.

Buatlah bangga kepada orang tua terlebih kepada masyarakat kata Bupati, dan momen ini akan membentuk mental Paskibraka hingga kedepan dapat terwujud segala cita - cita.

Bupati Minahasa Utara mengucapkan selamat bertugas bagi paskibraka Minahasa Utara dan berterima kasih kepada para pelatih yang sudah mendidik Paskibraka selama beberapa bulan terakhir dengan harapan pada momen 17 Agustus dapat berjalan dengan baik.

Pengukuhan Paskibra Minahasa Utara dihadiri orang tua masing - masing.(MRT)

Rangkaian HUT Kemerdekaan RI Di Minahasa Utara Sukses

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Rangkaian upacara mulai pengibaran hingga penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke- 74 di Minahasa Utara 17 Agustus 2019 berlangsung sukses.

Ketua Panitia HUT kemerdekaan RI Maximilian Tapada, Sabtu mengatakan, puncak acara telah usai dan Paskibraka Minahasa Utara telah menjalankan tugasnya dengan baik.

"Terima kasih kepada Paskibraka Minahasa Utara karena sudah mengambil bagian dalam momentum HUT kemerdekaan RI di daerah. Ini wujud partisipasi siswa siswi dari berbagai sekolah yang terpilih lewat seleksi paskibraka Minahasa Utara," ujar Tapada.

Dia berharap kepada Paskibraka Minahasa Utara 2019 menjadi contoh teladan bagi siswa siswi lainnya hingga memberikan dampak positif demi kemajuan daerah lewat potensi yang ada dimasing - masing siswa itu sendiri.

"Jadilah generasi membanggakan orang tua terlebih Minahasa Utara. Tidak hanya paskibraka, tapi lebih kepada penerapan kemampuan baik lewat  prestasi pendidikan maupun ekstra kurikuler," ujarnya.

Tapada pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan karena telah mensuport semua rangkaian kegiatan bahkan turut ambil bagian disetiap kegiatan yang dilaksanakan.

"Terima kasih kepada semua pihak yang menunjang jalannya kegiatan hingga puncak acara 17 Agustus 2019, terlebih kepada ibu Bupati yang mensuport penuh semua kegiatan yang diagendakan," kata Tapada.

Dia berharap, kegiatan selanjutnya terus berjalan hingga memberikan dampak positif untuk kemajuan daerah lewat kearifan lokal yang ada. (MRT/Adv)

Presiden RI Kunjungan Kerja di Minahasa Utara

Minahasa Utara (Cahayakawanua) - Presiden RI Ir Joko Widodo kembali datang di Minahasa Utara dalam rangka melaksanakan sejumlah agenda dalam kunjungan kerjanya di Minahasa Utara yang berlangsung, Kamis (4/7) - Jumat (5/7).

Usai melihat lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Pulisan Marinsow Likupang Timur Kamis 4 Juli 2019, hari ini Jumat 5 Juli 2019, Jokowi didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama rombongan, berkunjung di jalan Tol Tonsea (Manado-Minahasa Utara - Bitung), di Kelurahan Sukur Airmadidi dan disambut Bupati Vonnie A Panambunan.

Usai berjabat tangan, bupati menyapa dan menyatakan selamat datang di lokasi jalan tol. Selanjutnya bupati menerima petunjuk dari presiden untuk pengembangan daerah yang memiliki jalan tol. 

Sektor ekonomi kreatif masyarakat serta ekonomi pariwisata yang bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat perlu dikembangkan. Presiden mensuport pengembangan pembangunan daerah Minahasa Utara yang memilki banyak potensi, terutama pariwisata  serta daerah yang kaya hasil bumi. 

"Kembangkanlah potensi daerah dan lakukan inovasi dan terobosan untuk kesejahteraan masyarakat," pesan Jokowi, presiden terpilih periode 2019-2024.

Disela-sela kunjungan di Sulawesi Utara dan setelah mengunjungi sejumlah tempat, presiden langsung bergegas memimpin rapat kerja. Bertempat di lantai 2 VIP Pemprov Sulut  kawasan Bandara Sam Ratulangi Manado, Jumat 5 Juli 2019 pukul 15:30 Wita sampai pukul 16:15 Wita.

Rapat tersebut dipimpin langsung presiden, dihadiri Menko Perekonomian, Menteri PU, ATR BPN, Menhub, Menkumham, Sek Kabinet, Gubernur, Wagub dan bupati/Walikota se Sulut.

Presiden ikut memberikan gagasan, ide, inovasi dan terobosan serta arah  dalam penataan tata ruang pariwisata serta mengangkat perekonomian masyarakat. Presiden juga tanya jawab dengan kepala daerah sehubungan progress  pengembangan infrastruktur dan kebutuhan dasar masyarakat soal infrastruktur prioritas. Serta rapat tersebut juga mensinkronkan program kegiatan nasional sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Sulawesi Utara. 

Bupati menyampaikan terima kasih banyak atas perhatian dan kunjungan presiden di Minahasa Utara. Kehadiran orang nomor 1 di Indonesia ini, memiliki multi manfaat bagi pembangunan Minahasa Utara. Kehadiran langsung di Minahasa Utara menjadi poin penting untuk pengembangan KEK Pariwisata di Likupang. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey SE yang punya inovasi dan kreasi membangun Sulut dan mampu mendatangkan presiden berkali-kali di Sulut termasuk Minahasa Utara. "Terima kasih Pak Presiden sudah datang di Minahasa Utara," kata bupati.

"Semua harus bersinergis dan peka dengan kebutuhan masyarakat," kata bupati menyampaikan kata presiden.

Menurut Bupati Vonnie A. Panambunan, pemerintah kabupaten dan masyarakat berterima kasih telah melihat langsung dan merespon pengembangan KEK Pariwisata  Pulisan, serta telah melihat langsung kebutuhan infrastruktur dan perekonomian masyarakat Minahasa Utara. Kata bupati, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat  telah disampaikan kepada presiden dan mendapat perhatian yang baik dan siap ditindaklanjuti kementerian teknis.

"Apa yang dibutuhkan telah disampaikan dan semua untuk kesejahteraan rakyat. Presiden ajak inovatif dan ada terobosan baru untuk kesejahteraan rakyat," kata Panambunan.(Adv/MRT)