Calon Kumtua Tonsewer Selatan dan Sea Paparkan Visi Misi

Calon Kumtua Tonsewer Selatan dan Sea Paparkan Visi Misi

Pemilihan hukum tua di dua desa yang sempat tertunda segera dilaksanakan. Tahapan pilhut sudah hampir selesai.

Adalah Desa Tonsewer Selatan, Kecamatan Tompaso dan Desa Sea, Kecamatan Pineleng. Saat ini sementara memasuki tahapan pemaparan visi dan misi calon kumtua di depan masyarakat yang nantinya akan memberikan hak suara.

"Kalau sudah selesai mereka akan memasuki masa tenang selama tiga hari. Saat itu mereka tidak bisa lagi melakukan aksi kampanye dan lainnya karena sudah habis masanya," kata Denny Mangala, Asisten I Pemkab Minahasa, Senin (22/8).

Ia menjelaskan, pemilihan akan dilakukan tanggal 26 Agustus 2016. Untuk Tonsewer Selatan ada tiga calon kumtua. Sementara Sea ada lima calon kumtua yang siap bertarung.

Biaya pemilihan tetap menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Minahasa 2016. "Sesuai dengan anggaran Rp 15 juta per desa yang menyelenggarakan, sebab kan yang dianggarkan untuk 80 desa, termasuk dua desa ini, namun mereka sempat tertunda karena ada masalah," ujarnya.

Ia menambahkan, tata cara pemilihan dan aturan yang digunakan masih sama dengan yang digunakan pada pilhut beberapa desa yang sudah duluan menggelar.

"Tetap laksanakan dengan aman, jaga kondusifitas desa dalam pemilihan, beda pilihan itu biasa, tapi tetap tujuannya baik untuk pembangunan desa ke depan," kata dia. *