Pemkab Boltim Targetkan 2019 Semua Warga Miliki Rumah

Boltim, (Cahaya Kawanua) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) targetkan 2019 semua warga dibawah ekonomi lemah akan memiliki rumah.

"Dari data terakhir dinas sosial, ada 1492 Kepala Keluarga di Boltim belum miliki tempat tinggal. Untuk memenuhi target, maka tahun depan semua warga yang belum ada rumah akan mendapatkannya," ujar Bupati Boltim Sehan Landjar usai rapat koordinasi dengan KPK RI di Manado, Rabu.

Dia mengatakan, tahun - tahun sebelumnya, ada 2160-an unit rumah terbangun di Boltim. Sehingga dari data terakhir masih ada 1492 KK belum miliki rumah. 

"Maka 2018 di anggarkan lewat APBD akan dibangun 800 unit, bersama bantuan dari kementrian PUPR sebanyak 240 unit rumah dan saya Minta dari perusahaan Tambang 50 unit, sehingg totalnya 1090 unit rumah terbangun di 2018," ujar Landjar.

Dari hitungan itu kata dia, pada 2019 penduduk Boltim yang belum punya tempat Tinggal sisa 402 kepala keluarga dan akan diselesaikan. 2019 sudah punya rumah permanen sudah punya tanah.

"Ada sekitar 30 hektar lahan yang diberikan untuk membangun rumah dan pembangunannya terbagi dibeberapa tempat. Intinya bantuan rumah juga ada bantuan dari pengusaha dan ada yang dibeli murah," ujarnya.

Apa yang dilakukan pemerintah kata dia, demi kesejateraan rakyat. Tidak mengharapkan adanya imbalan tapi untuk memenuhi harapan masyarakat.

"Bukan saya punya harapan, tapi dari harapan rakyat ini harus saya penuhi. Kalau saya tidak penuhi harapan rakyat, saya tidak ada harapan dan saya punya tugas harus dipenuhi karena tugas saya," kata Landjar penuh harapan.

Dia mengatakan, permasalahannya ada yang punya rumah ada tanah tapi tidak layak, ada yang punya tanah tapi tidak punya rumah, ada yang tidak punya tanah tidak punya rumah jadi itu kriteria yang harua dituntaskan.(Melky)