Pemkot Bitung Dukung Penyelenggaraan Cap Go Meh 2018

Bitung, (Cahaya Kawanua) - Sebanyak empat Tang Sin bakal keluar dalam prosesi Cap Go Meh di Kota Bitung, pada Jumat (2/3) mendatang.

Kepastian ini terungkap dalam rapat bersama pengurus Klenteng Seng Bo Kiong Bitung dan Panitia prosesi Cap Go Meh bersama Pemkot Bitung yang dipimpin Sekkot Audy Pangemanan di kantor Walikota, Jumat (23/2/18).

"Selain empat Tang Sin, dalam arak-arakan nanti akan keluar 4 Kio atau pikulan dan barisan cakalele serta musik bambu,” ujar Pangemanan.

Selain itu, Pangemanan menjelaskan, rute yang akan ditempuh dalam prosesi ini mengambil titik start dari depan Klenteng Seng Bo Kiong menuju arah pertigaan Inkoaksu kemudian turun ke DPRD Bitung dan belok kanan ke depan kantor Walikota dimana sudah disiapkan panggung utama selanjutnya berbelok kembali finish di Klenteng dengan jarak sekira 5 Kilometer.

"Pemkot Bitung mensupport penuh kegiatan ini karena masuk dalam kalender of event Pemkot Bitung, olehnya Dinas Perhubungan yang mengatur jalur yang akan dipakai kemudian Dinas Kesehatan melalui pengerahan ambulance dan beberapa dinas terkait. Intinya agar prosesi ini juga berjalan lancar,” ujar Sekot.

Sebelumnya, direstuinya pelaksanaan prosesi Cap Go Meh ini dilakukan Prosesi Cie Sin, dengan media Poe Pwe, oleh Rohaniawan umat Tri Dharma di Klenteng Seng Bo Kiong, Senin (19/2/18).

“Kami berharap dukungan seluruh lapisan masyarakat di kota Bitung, karena prosesi Cap go Meh, pada Purnama Agung tahun ini telah direstui Tuhan, agar tercipta kehidupan selaras, banyak berkat, serta jauh dari bencana,” ujar Rohaniwan Klenteng Seng Bo Kiong Rolly Ciwulusan.(Melky)