Wawali Bitung Tindaklanjuti Bencana Banjir Bandang

Bitung, (16/2) CK RSR - Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri bersama Dandim Kota Bitung Deden Hendayana pertemuan bersama seluruh Jurnalis yang ada di daerah setempat, untuk menyampaikan serta arahan presepsi soal informasi bencana banjir  bandang, Kamis.

Dalam kegiatan tersebut Mantiri menyampaikan bahwa kedepan pihaknya akan memperbaiki 10 sabodam menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan tiga titik sabodam akan dimasukan kedalam tanggap darurat.

“Tiga titik sabodam akan dimasukkan kedalam anggaran tanggap darurat, serta 10 sabodam akan diperbaiki mengunakan APBD," ujar Mantiri.

Mantiri menghimbau agar masyarakat yang tinggal didaerah berbahaya agar menetap di posko karena menurut data baru BNPB pusat, curah hujan dengan intensitas tinggi masih akan mengguyur kota Bitung hingga bulan juni/juli. Pemerintah kota Bitung telah menunjukkan beberapa tenaga ahli untuk melakukan penelitian yang nanti akan direkomendasikan. Terkait lokasi bencana, untuk itu Mawali dan Pintu kota sudah teratasi.

Dandim kota Bitung Deden menambahkan, daerah-daerah yang terkena bencana banjir khususnya masyrakat, sangat membutuhkan tenaga fisik serta bantuan alat berat untuk memperbaiki keadaan lingkungan sekitar dan rumah bangunan masyarkat yang terkena bencana banjir bandang.

“Masyarakat yang terkena bencana ini membutuhkan tenaga fisik dan tenaga berat, untuk itu 1853 TNI dan seluruh ASN serta THL melaksanakan bakti sosial untuk meringankan masyarakat yang mengalami bencana.” Ujar Deden.  

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan kota Bitung  Dr. Franky Sorito, Kepala Dinas Perhubungan kota Bitung Vicky Sangkay, serta Bitung Jurnalis Club (BJC).(Rudolf)