Bocah Tanpa Anus Warga Sulut Memprihatinkan

Bitung (8/12) CK RSR - Melihat kondisi bocah 5 tahun anak Keluarga Ngangi Umboh warga Kelurahan Kumeresot Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), makin memprihatinkan.
Pasalnya sejak lahir anak tersebut tidak memiliki anus sehingga harus buang air besar lewat usus besar yang terurai keluar di perut bocah.
Sandra Umboh ibu dari bocah mengakui selama ini tidak dapat berbuat banyak karena berlatar belakang keluarga kurang mampu dan belum memiliki BPJS.
Lurah Kumeresot Olvin Tampi dikonfirmasi terkait penanganan bocah dimaksud, Kamis (8/12) menjelaskan bahwa keluarga Ngani Umboh sebelumnya tinggal di Timika Papua dan baru sekitar 8 bulan datang di kampung.
"Sedangkan upaya dari Pemerintah Kelurahan sudah mengeluarkan surat keterangan miskin untuk pengobatan kesehatan tetapi kini harus menggunakan BPJS," katanya.
Lanjut Lurah bahwa keluarga ini belum bisa diterbitkan KTP oleh Disdukcapil Kota Bitung lantaran database masih terbaca sebagai warga Papua dan belum dipindahkan ke Bitung.
"Kedatangan keluarga Ngangi Umboh waktu lalu tidak membawa surat pindah sehingga hal ini menyulitkan dalam pembuatan E-KTP," ujarnya.

Ibu Sandara Umboh mengharapkan uluran tangan dari berbagai pihak termasuk Kementerian Kesehatan supaya anaknya bisa mendapat penanganan medis yang lebih intensif.(Dona)