Gubernur Sulut Jamin Kebutuhan Air Terpenuhi 2019

Manado, (Cahaya Kawanua) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey jamin kebutuhan air bagi masyarakat Sulut khususnya Manado, Minahasa Utara dan Bitung, terpenuhi di 2019 akhir setelah bendungan Kuwil selesai.

"Yang paling utama ketika bendungan Kuwil selesai, air baku bagi provinsi Sulawesi Utara terjamin," ujar Gubernur, Rabu.

Dia pun menjamin Perusahaa Air Minum (PAM) akan berjalan dengan baik sehingga tidak ada kendala macet air.

"PAM sudah bagus dan tidak akan lagi macet karena kebutuhan air tersedia dalam bendungan Kuwil," ujar Gubernur.

Dia mengatakan, selain kebutuhan air terpenuhi, pengendalian banjir khususnya di wilayah Manado aman dan terkendali.

Selain itu kata Gubernur, listrik di wilayah Sulawesi Utara tak ada kendala, mengingat dari bendungan Kuwil akan menciptakan tenaga listrik 2 x 5 MW untuk memenuhi listrik.

"Intinya selain pengembangan wisata di wilayah bendungan kuwil, kebutuhan air, pencegahan banjir dan kebutuhan listrik akan menjamin masyarakat Sulawesi Utara hidup sejahtera tanpa beban," ujar dia.

Gubernur pun menjelaskan bilamana bendungan kuwil akan selesai akhir 2019. Untuk saat ini kata dia, dalam tahapan pembuatan dua terowongan untuk dilalui air. 

"Satu terowongan akan selesai tangggal 14 Maret, sehingga air dari daerah aliran sungai akan melalui terowongan dan selanjutnya tahapan pengerjaan bendungan kuwil," ujar Dondokambey.

Dia berharap masyarakat terus menunjang program - program yang ada demi meningkatkan ekonomi daerah Sulawesi Utara.(Melky)