KPK RI Sambangi Pemprov Sulut

Manado, 5/2 (CK RSR) - Rombongan KPK RI sambangi pemerintah provinsi Sulawesi Utara, dalam rangka identifikasi awal tata kelola pemerintah daerah, yang berlangsung, Senin.

Rombongan di pimpin Ketua Satgas I KPK yang menangani Wilayah Timur Indonesia, Tri Gamareva yang sekaligus memonitor sejumlah ruangan salah satunya ruang LPSE provinsi Sulawesi Utara.

"Tujuan kami yaitu melakukan pendampingan terhadap segala hal yang berhubungan dengan tata kelola pemerintahan, terkait integrasi perencanaan maupun penganggaran, juga pelayanan terpadu satu pintu bahkan managemen pemerintahannya," ujar Tri.

Pendampingan dilakukan kata Tri, untuk menghindari celah misalnya dalam penyusunan anggaran sekaligus mengintegrasikan proaes penganggaran terhadap pemerintah yang mendapat pendampingan.

"Apa yang direncanakan pemerintah daerah, itulah yang dilaksanakan. Pengusulannya seperti apa pun, prosesnya dilakukan sesuai aplikasi yang diberikan. Hal ini untuk mempermudah penyelenggaraan pemerintahan yang berjalan sesuai prosedur berlaku," ujar Tri menjelaskan.

Untuk proses pendampingan ini kata Tri, bukan hanya pemerintah provinsi tapi beberapa pemerintah daerah pun ikut.

"Pelaksanaan kegitan ini dilakukan hari ini dan beberapa hari kedepan. Untuk hari ini pemerintah provinsi dan pemerintah kota Bitung maupun pemerintah Minahasa Utara, hari berikutnya pemerintah daerah yang sudah terjadwalkan," ujarnya.

Kunjungan KPK RI diterima langsug Sekretaris Daerah Edwin Silangen dan sejumlah SKPD provinsi Sulut dan diikuti oleh Sekretaris Daerah kabupaten/kota lainnya.

Sekprov mengatakan, intinya kunjungan KPK RI dalam rangka mengoptimalkan kinerja masing-masing SKPD agar mampu menanta berbagai program pemerintahan.

"SKPD menyiapkan laporan yang diminta sesuai waktu yang ditentukan. Dan saat dikonfirmasi, SKPD harus siap. Hal ini untuk membentuk komitmen dan integritas dalam pelaksanaan kinerja agar segala proses berubah demi kemajuan," ujar Silangen.(Melky)