Berbagai Lomba Warnai HUT Kemerdekaan RI Terpusat Di Pall Tunjung

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Kemeriahan memperingati HUT RI ke- 74 benar - benar dirasakan oleh warga Minut, jika tahun - tahun sebelumnya berbagai kegiatan hanya dilakukan sendiri - sendiri, namun kali hanya terpusat di lokasi Paal Tunjung.

William S Luntungan Ketua panitia penyelenggara mengatakan hal ini sudah menjadi agenda tahunan dan kali ini dipusatkan di Paal Tunjung Airmadidi, merupakan tempat nongkrong yang baru dibangun oleh Pemkab Minut.

"11 macam kegiatan baik yang modern maupun tradisional diadakan untuk menunjukkan rasa kebanggaan terhadap hari kemerdekaan," ujar Luntungan.

Adanya kegiatan ini kata Luntungan, memberikan sebuah hiburan bagi peserta lomba maupun penonton.

"Warga Airmadidi sangat antusias hingga tumpah ruah menyaksikan jalannya kegiatan yang diisi oleh berbagai lomba. Ini membuktikan betapa masyarakat sangat membutuhkan hiburan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan," katanya.

Hal menarik kata Luntungan, ada lomba mengumpulkan  sampah plastik.

"Lomba ini bukan sekedar lomba, namun tersisip pengetahuan untuk mengajarkan anak - anak diusia dini agar tdk membuang sampah sembarangan," ujar Luntungan menegaskan.

Semua peserta yang mengikuti lomba kata Luntungan, wajib menempelkan lambang bendera merah putih kecil diwajahnya.

Salah satu peserta lomba, Yesaya Runtuwene warga Airmadidi merasa senang dengan kegiatan ini, selain hadiahnya sangat luar biasa hal ini jg memperat persaudaraan warga Ibukota Kabupaten Minahasa Utara. 

"Terima kasih kepada panitia penyelenggara, adanya kegiatan ini memberikan dampak positif bagi kami. Bukan hanya hadiah, tapi momen ini sebagai ajang silahturahmi dan kami menikmatinya," ujar Runtuwene.

Sementara Carry Mumbunan salah satu penggagas acara ini mengatakan akan selalu mensuport kegiatan - kegiatan yang terpusat  di Paal Tunjung, apalagi melihat antusias warga Airmadidi yg luar biasa terhadap kegiatan ini.

"Mereka menikmatinya, walaupun jatuh bangun dalam lomba yang diadakan, peserta tetap gembira," kata Mumbunan.(****)

Momen Haru Warnai Pengukuhan Paskibraka Minahasa Utara 

Minut (Cahayakawanua.com) - Momen haru warnai puncak acara pengukuhan Paskibraka Minahasa Utara dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI ke 74 yang berlangsung di lantai satu kantor Bupati setempat, Jumat (16/8).

Isak tangis haru para Paskibraka seakan tak terbendung manakala bendera merah putih dicium sebagai wujud cinta tanah air atas pengorbanan jasa pahlawan bangsa.

"Inilah momen dimana generasi muda kini mewujudkannya dalam hal positif sebagai pelakon tergabung dalam Paskibraka Minahasa Utara," ujar Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan dalam momentum pengukuhan Paskibraka Minut 2019.

Dia berharap, Paskibraka Minut dapat menjalankan tugasnya dalam menaikan bendera merah putih dalam peringatan HUT kemerdekaan RI.

"Tunjukkan dedikasi sebagai putra putri bangsa lewat tugas mulia yang diembankan untuk menaikan bendera merah putih dalam peringatan 17 agustus," ujar Bupati VAP.

Buatlah bangga kepada orang tua terlebih kepada masyarakat kata Bupati, dan momen ini akan membentuk mental Paskibraka hingga kedepan dapat terwujud segala cita - cita.

Bupati Minahasa Utara mengucapkan selamat bertugas bagi paskibraka Minahasa Utara dan berterima kasih kepada para pelatih yang sudah mendidik Paskibraka selama beberapa bulan terakhir dengan harapan pada momen 17 Agustus dapat berjalan dengan baik.

Pengukuhan Paskibra Minahasa Utara dihadiri orang tua masing - masing.(MRT)

Bupati Minut Silahturahmi Warga Disejumlah Daerah

Minahasa Utara (cahayakawanua) - Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan terus berkarya, bersilaturahmi dan berbagi.  Bukan hanya warga  Minahasa Utara saja yang dikunjungi, warga Bitung dan Manado pun dikunjungi. Buktinya, Selasa 9 Juli 2019, Panambunan berkunjung di Pasar Girian dan Winenet Bitug serta kawasan kuliner Jalan Roda Pasar 45 Kota Manado.  

"Bersulahturahmi dengan warga, karena torang samua basudara dan ciptaan Tuhan," kata Panambunan sambil tersenyum.

Dalam kunjungan di Girian dan Winenet, bupati melihat langsung masyarakat berjualan dan berbelanja. Bupati juga berbelanja bahan pokok makanan serta berbagi kasih dengan masyarakat.

Usai berdiskusi dengan pedagang, bupati menuju Manado dan bersilahturahmi dengan warga kawasan Jalan Roda. Di sana bupati berdiskusi dengan warga dan pelaku usaha jalan roda tentang pengembangan pengembangan wisata kuliner.(Humas Pemkab Minut/Adv)

Minahasa Utara Genjot Produksi Komoditi Pala

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pertanian terus menggenjot produksi komoditi Pala.

"Sejak dahulu daerah ini sebagai produsen komoditi pala. Sejak kedatangan bangsa eropa ke Minahasa hanya untuk mencari komoditi pala yang pusatnya di Minahasa Utara," ujar Kepala Dinas Pertanian, Wangke Karundeng di Airmadidi, Rabu.

Untuk itulah kata Wangke, Minahasa Utara terus mengembangkan komoditas pala berkualitas, lewat para petani untuk peningkatan perekonomian daerah.

"Ada beberapa daerah di Minahasa Utara sebagai wilayah penghasil komoditi Pala, dimana salah satu wilayah terbesar berada di Kecamatan Kauditan," ujarnya.

Ataz dasar itulah kata Wangke Karundeng, Kabuparen ini terpilih sebagai pelaksana program korporasi komoditi Pala se- Indonesia. Pelaksanaan itu selama tiga tahun hingga 2022 yang Kegiatan ini juga merupakan pilot projek Kementrian Pertanian khususnya Direktorat General Perkebunan.

"Berbicara korporasi tentunya menyangkut masyarakat dalam hal ini petani juga lembaga terkait dari hulu ke hilir serta pengembangan infrastruktur dasar pertanian," ujar Kepala Dinas.

Kepala Dinas menjelaskan, tahapannya sudah berjalan ke tingkat provinsi dan selanjutnya ke tingkat pusat. Sudah ada gambaran untuk dipresentasikan melingkupi semua kegiatan dalam segi infrastruktur, komoditi sekaligus edukasi petani atau pelaku juga stackholder pengembangan korporasi komoditi pala itu senditi," ujar Kadis menjelaskan.

Adapun uas wilayah pengelolaan komoditi pala kata Wangke, kurang lebih 2500 hingga 3000 hektar. Setiap hektarnya ditanam sekitar 125 pohon. Kalau 3000 ha berarti akan ada 375.000 pohon nantinya.

"Saat ini kegiatannya sudah berjalan berupa sosialisasi maupun identifikasi lahan selama tiga tahun berjalan kepada masyarakat juga gambaran apa yang dibutuhkan.

Kata Dia, dalam waktu dekat bibit pala akan disalurkan kepada para petani komoditi pala, guna menunjang program pemerintah.

Wangke menjelaskan, saat ni harga pala tinggi bahkan kebutuhanya meningkat, untuk itulah diharapkan kepada masyarakat agar menanam pohon pala, selain ìtu kata Kadis, pengembangan perkebunan ada baiknya diantara pohon pala dapat ditanam pohon pisang.(MRT)

Bupati Minahasa Utara Lepas Keberangkatan 41 CJH

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan, melepas 41 Calon Jemaah Haji (CJH) daerah setempat yang berlangsung di Atrium Kantor Bupati, Senin (29/7).

41 CJH Minahasa Utara terdiri 25 wanita dan 16 pria. Pelepasan CJH tersebut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Utara Anneke Purukan, Wakil Ketua DPRD Drs Denny R. Wowiling dan Ketua MUI Minahasa Utara Ir.H.Baydowi Ibnu Fajar, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, dr Jein Symons MKes dan ASN.

"Saya berharap para CJH dapat menjaga kesehatan dan beribadahlah dengan baik," ujar Bupati dalam sambutannya.

Panambunan salut dan bangga dengan CJH Minut dan berpesan kiranya CJH Minut mendoakan kabupaten tercinta.

"Tunaikan ibadah haji dengan baik serta jaga kebersamaan serta kekompakkan sesama CJH Minut", ujar Bupati.

Dia mengatakan selamat menjalankan dan menunaikan ibadah haji, biarlah Tuhan Yang Maha Esa menyertai ibadah haji tahun ini.

Kesempatan itu, Bupati juga ikut memberikan bantuan uang untuk CJH sebagai bentuk empati dan simpati kepada CJH.(Adv/MRT)

Rangkaian HUT Kemerdekaan RI Di Minahasa Utara Sukses

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Rangkaian upacara mulai pengibaran hingga penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke- 74 di Minahasa Utara 17 Agustus 2019 berlangsung sukses.

Ketua Panitia HUT kemerdekaan RI Maximilian Tapada, Sabtu mengatakan, puncak acara telah usai dan Paskibraka Minahasa Utara telah menjalankan tugasnya dengan baik.

"Terima kasih kepada Paskibraka Minahasa Utara karena sudah mengambil bagian dalam momentum HUT kemerdekaan RI di daerah. Ini wujud partisipasi siswa siswi dari berbagai sekolah yang terpilih lewat seleksi paskibraka Minahasa Utara," ujar Tapada.

Dia berharap kepada Paskibraka Minahasa Utara 2019 menjadi contoh teladan bagi siswa siswi lainnya hingga memberikan dampak positif demi kemajuan daerah lewat potensi yang ada dimasing - masing siswa itu sendiri.

"Jadilah generasi membanggakan orang tua terlebih Minahasa Utara. Tidak hanya paskibraka, tapi lebih kepada penerapan kemampuan baik lewat  prestasi pendidikan maupun ekstra kurikuler," ujarnya.

Tapada pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan karena telah mensuport semua rangkaian kegiatan bahkan turut ambil bagian disetiap kegiatan yang dilaksanakan.

"Terima kasih kepada semua pihak yang menunjang jalannya kegiatan hingga puncak acara 17 Agustus 2019, terlebih kepada ibu Bupati yang mensuport penuh semua kegiatan yang diagendakan," kata Tapada.

Dia berharap, kegiatan selanjutnya terus berjalan hingga memberikan dampak positif untuk kemajuan daerah lewat kearifan lokal yang ada. (MRT/Adv)

Presiden RI Kunjungan Kerja di Minahasa Utara

Minahasa Utara (Cahayakawanua) - Presiden RI Ir Joko Widodo kembali datang di Minahasa Utara dalam rangka melaksanakan sejumlah agenda dalam kunjungan kerjanya di Minahasa Utara yang berlangsung, Kamis (4/7) - Jumat (5/7).

Usai melihat lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Pulisan Marinsow Likupang Timur Kamis 4 Juli 2019, hari ini Jumat 5 Juli 2019, Jokowi didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama rombongan, berkunjung di jalan Tol Tonsea (Manado-Minahasa Utara - Bitung), di Kelurahan Sukur Airmadidi dan disambut Bupati Vonnie A Panambunan.

Usai berjabat tangan, bupati menyapa dan menyatakan selamat datang di lokasi jalan tol. Selanjutnya bupati menerima petunjuk dari presiden untuk pengembangan daerah yang memiliki jalan tol. 

Sektor ekonomi kreatif masyarakat serta ekonomi pariwisata yang bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat perlu dikembangkan. Presiden mensuport pengembangan pembangunan daerah Minahasa Utara yang memilki banyak potensi, terutama pariwisata  serta daerah yang kaya hasil bumi. 

"Kembangkanlah potensi daerah dan lakukan inovasi dan terobosan untuk kesejahteraan masyarakat," pesan Jokowi, presiden terpilih periode 2019-2024.

Disela-sela kunjungan di Sulawesi Utara dan setelah mengunjungi sejumlah tempat, presiden langsung bergegas memimpin rapat kerja. Bertempat di lantai 2 VIP Pemprov Sulut  kawasan Bandara Sam Ratulangi Manado, Jumat 5 Juli 2019 pukul 15:30 Wita sampai pukul 16:15 Wita.

Rapat tersebut dipimpin langsung presiden, dihadiri Menko Perekonomian, Menteri PU, ATR BPN, Menhub, Menkumham, Sek Kabinet, Gubernur, Wagub dan bupati/Walikota se Sulut.

Presiden ikut memberikan gagasan, ide, inovasi dan terobosan serta arah  dalam penataan tata ruang pariwisata serta mengangkat perekonomian masyarakat. Presiden juga tanya jawab dengan kepala daerah sehubungan progress  pengembangan infrastruktur dan kebutuhan dasar masyarakat soal infrastruktur prioritas. Serta rapat tersebut juga mensinkronkan program kegiatan nasional sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Sulawesi Utara. 

Bupati menyampaikan terima kasih banyak atas perhatian dan kunjungan presiden di Minahasa Utara. Kehadiran orang nomor 1 di Indonesia ini, memiliki multi manfaat bagi pembangunan Minahasa Utara. Kehadiran langsung di Minahasa Utara menjadi poin penting untuk pengembangan KEK Pariwisata di Likupang. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey SE yang punya inovasi dan kreasi membangun Sulut dan mampu mendatangkan presiden berkali-kali di Sulut termasuk Minahasa Utara. "Terima kasih Pak Presiden sudah datang di Minahasa Utara," kata bupati.

"Semua harus bersinergis dan peka dengan kebutuhan masyarakat," kata bupati menyampaikan kata presiden.

Menurut Bupati Vonnie A. Panambunan, pemerintah kabupaten dan masyarakat berterima kasih telah melihat langsung dan merespon pengembangan KEK Pariwisata  Pulisan, serta telah melihat langsung kebutuhan infrastruktur dan perekonomian masyarakat Minahasa Utara. Kata bupati, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat  telah disampaikan kepada presiden dan mendapat perhatian yang baik dan siap ditindaklanjuti kementerian teknis.

"Apa yang dibutuhkan telah disampaikan dan semua untuk kesejahteraan rakyat. Presiden ajak inovatif dan ada terobosan baru untuk kesejahteraan rakyat," kata Panambunan.(Adv/MRT)

BPKP Dan Inspektorat Provinsi Evaluasi LPPD Pemkab Minut

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Propinsi Sulut evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara tahun 2018 berlangsung di Atrium Kantor Bupati.

Kabag Pemerintahan Alpret Pusunglaa, di Airmadidi, Rabu mengatakan, evaluasi LPPD 2018 tersebut dilakukan oleh tim evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) yang terdiri dari Inspektorat Propinsi dan BPKP sesuai surat hingga 8 Agustus. 

"Evaluasi ini  bisa saja selesai sebelum 8 Agustus apabila semua yang diminta direspon dengan cepat oleh SKPD," ujar Pusunglaa.

Evaluasi tersebut dilaksanakan sejak, Selasa (30/7) yang hingga Rabu (31/7) masih berlangsung.

“Tim EKPPD mengevaluasi dan menilai laporan dari setiap perangkat daerah. Semua dinilai dari kinerja, pelayanan dan lain-lain,” kata Pusunglaa.(MRT)

Panambunan Lantik Anggota BPD Se- Minut

Minahasa Utara (Cahayakawanua.com) - Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan lantik 809 dari 119 Desa anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se- Minut yang berlangsung di pendopo kantor bupati, Senin (29/7).

Bupati dalam sambutan mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada BPD yang sudah dipercayakan masyarakat.

"Pilihan masyarakat haruslah dijaga lewat kerja yang baik, sehingga mampu mewujudkan harapan bersama," ujar Bupati Panambunan.

Kesempatan itu pun Bupati meAda anggaran untuk BPD 

Suatu contoh yang baik dan luar biasa, karena banyak yang dipanggil sedikit dipilih. Ini adalah kepercayaan dan sudah dipilih harus setia juga berbuah bagi masyarakat Minahasa Utara.

"Saya percaya tidak ada BPD yang tidak berbuat, namun dapat bekerja dengan penuh kasih," ujar Bupati.

Bekerja sesuai Tupoksi terhadap para kepala desa dan inilah fungsi BPD. Dia berharap, biarlah pengabdian ini dilaksanakan dengan baik untuk desa terlebih Minahasa Utara.

Dia berharap juga kepada BPD terpilih mendoakannya dalam memimpin Minahasa Utara sambil mengucapkan selamat bertugas bagi BPD yang terpilih.

Sementara Kepala Dinas Sosia Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Bobby Najoan mengatakan dari 119 Desa, ada 809 anggota BPD se- Minahasa Utara yang sudah dilantik oleh Bupati Minahasa Utara.

"Dari sekian desa, ada tiga desa di Kecamatan Airmadidi yaitu Sawangan, Tanggari dan Sampiri serta Watudambo dua kecamatan Kauditan belum dilantik karena belum habis masa berlaku anggota BPD, juga merupakan daerah pemekaran," ujar Kadinsos PMD.(Adv/MRT)

Dinas PU Minahasa Utara Hadiri Kegiatan P2RDTR 2019

Minahasa Utara, (cahayakawanua.com) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minahasa Utara hadiri kegiatan Pelaksanaan Percepatan Rencana Detail Tata Ruang (P2RDTR) Tahun anggaran 2019 yang berlangsung di Yogyakarta, Jumat (21/6).

Kegiatan yang diselenggarakan Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang, dihadiri langsung Kepala Dinas PU Minahasa Utara Jantje B. Waworundeng, Amd bersama Kepala Dinas se- Kabupaten/Kota di Indonesia.

"Kegiatan ini penting guna peningkatan pembangunan Minahasa Utara khususnya, demi pencapaian pembangunan yang sudah ditrrapkan lewat rencana tata ruang wilayah," ujar Waworundeng.

Dia mengatakan, ada berbagai agenda dalam kegiatan tersebut meliputi pleno pencapaian target dan realisasi paruh waktu percepatan penyelesaian rencana detail tata ruang 2019.

"Dimana hasil pleno tersebut, terdapat beberapa hal yang disepakati dan perlu ditindaklanjuti, diantaranya hambatan dan permasalahan meliputi substansi kegiatan juga administrasi kegiatan, progres dan capaian target serta rencana tindaklanjut," ujarnya.

Minahasa Utara kata Waworundeng akan menindaklanjuti hasil kegiatan tersebut, mengingat daerah ini menuju percepatan pembangunan dari berbagai potensi yang ada.

Lewat pembangunan tersebut kata dia, akan disesuaikan aturan berdasarkan tata ruang yang sudah ditetapkan bersama, serta pengembangannya.(Adv)