YROI Manado Berbagi Kasih Di Panti Asuhan As- Shabirin

Manado (Cahayakawanua.com) - Komunitas nasional yang menamakan diri Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) Manado Chapter berbagi kasih di Panti asuhan As- Shabirin Kecamatan Tuminting, Manado, Sulawesi Utara, Selasa.

Kegiatan tersebut yang disambut oleh Kepala Panti Asuhan As- Shabirin Asna Iyaku dan sejumlah anak yatim, sebagai agenda nasional YROI se- Indonesia di bulan Ramadhan menyambut hari raya Idul Fitri 1-2 Syawal 1440 H bagi umat Muslim.

"Pemberian Sembako di Panti Asuhan saat ini merupakan rangkaian agenda nasional YROI yang secara serentak digelar pada akhir Mei lalu," ujar Ketua YROI Manado Chapter Marthin Mirah.

Dikatakan Ketua Chapter, kegiatan ini merupakan wujud rasa toleransi serta partisipasi segenap member YROI Manado Chapter. Dengan adanya agenda nasional semakin merekatkan rasa persaudaraan antar sesama member yang tersebar di nusantara lewat momen bagi kasih sesuai slogan "we R more than Friends, we R Family.

"Ajang ini kiranya semakin merekatkan semua member YROI Manado. Dengan harapan tidak adanya sekat dengan mewujudkan rasa persaudaraan serta persatuan untuk membangun daerah serta mengembangkan potensi di bidang otomotif juga sosial kemasyarakatan," ujar Ketua Chapter Manado Marthin Mirah didampingi bendahara Edrik.

Dia mengatakan, ada berbagai program kedepan yang nantinya akan dilaksanakan, salah satunya HUT YROI Manado.

"Berharap, dengan adanya kekompakan setiap member, akan terwujudnya semua agenda maupun program yang nantinya akan diterapkan," ujarnya.

Ketua YROI Manado Chapter Marthin Mirah mewakili semua pengurus dan member dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat beribadah puasa dan Selamat Idul Fitri bagi yang merayakannya.

So, maju otomotif Sulut. We R More Than Friends We R Family.(****)

Bupati Memilih Di TPS 09 Sarongsong Dua

Minut (cahayakawanua.com) - Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan menyalurkan hak pilih dan menyoblos di TPS 09 Kelurahan Sarongsong Dua Kecamatan Airmadidi, Rabu 17 April 2019.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan mengatakan, dirinya telah menyalurkan hak suaranya.

"Sebagai warga negara, saya bangga telah memilih sesuai pilihan hatinya," ujar Panambunan.

Bupati berterima kasih kepada wajib pilih yang sudah memilih serta mengajak warga tetap menjaga keamanan, persatuan dan kesatuan pasca pencoblosan.(adv)

Bupati Minut Ajak ASN Gunakan Hak Pilih

Minut (Cahayakawanua.com) - Bupati Vonnie Anneke Panambunan dalam apel Aparatur Sipil Negara (ASN) Senin (8/4), meminta ASN Pemkab Minut dan warga Minahasa Utara untuk tidak golput, namun sebagai warga negara berikanlah suara sesuai pilihan dalam pemilu.  

"ASN Minut janganlah golput jadilah pemacu untuk ke TPS memberikan suara dalan pemilu. Janganlah jadi pemicu hal-hal negatif," kata Panambunan.

Dalam menghadapi pemilu, masyarakat dihimbau jaga keamanan dan kebersamaan dan sukseskan pemilu serta ciptakan pemilu yang berkualitas.

Terpisah, Dandim Bitung Letkol Kusnadar H ikut memberikan himbauan kepada ASN Minahasa Utara usai ibadah pagi di Atrium kantor bupati. Menurut Dandim, Pemilu adalah untuk memilih pemimpin bukan untuk mencerai beraikan, masyarakat tetap bersatu menjadi bhineka tunggal ika. Dia mengajak ASN jangan golput namun menjadi contoh yang baik untuk memilih sesuai pilihan masing-masing. "Janganlah golput," ujarnya singkat.(Adv)

Bupati Minut Hadir Doa Bersama Pemilu Damai

Minut (Cahayakawanua.com) - Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan hadir dalam doa bersama tokoh agama dan sosialisasi Pemilu damai, diselenggarakan KPUD Minut berlangsung di atrium kantor Bupati, Kamis (11/4).

Bupati Vonnie A. Panambunan dalam arahan meminta doa dan partisipasi ulama dan umat muslim menyukseskan hajatan pemilu 17 April 2019 mendatang.

"Janganlah golput, berilah suara sesuai pilihan hati masing-masing," kata Panambunan.

Komisioner KPU Darul Halim mengatakan, pihaknya terus bersosialisasi Pemilu kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu betul sistem dan mekanisme yang ada. "Marilah ke TPS . Pada Hari Rabu 17 April 2019 dan pilih calon sesuai pilihan masing-masing," ujar Halim kepada para ulama muslim.(Adv)

KEP Di Likupang Bakal Jadi Daerah Primadona

Minahasa Utara (Cahayakawanua.com) - Kawasan Ekonomi Pariwisata (KEP) Minahasa Utara yang terpusat di Likupang Timur, memiliki wilayah laut cukup luas, serta banyak spot wisata, bakal jadi daerah primadona bagi masyarakat setempat maupun wisatawan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Royke Kodoati di Airmadidi, Senin mengatakan, KEP pastinya harus didukung pembangunan infrastruktur.

"Ditengah pengembangan KEP di Likupang, harus dirangkaikan pembangunan infrastruktur, agar tercipta keseimbangan," ujar Kadis PU.

Dia mengatakan, pemerintah pusat, juga provinsi terus menggaungkan agar kawasan ekonomi pariwisata di Minahasa Utara khususnya di wilayah Likupang, terus digenjot.

"Semua hal menyangkut KEP termasuk dokumennya terus dipersiapkan, ketika itu lengkap pembangunan semua aspek akan dilakukan, termasuk infrastruktur penunjang," kata Kodoati.

Kodoati mengatakan, KEP di Likupang memberikan dampak positif bagi Minahasa Utara, yang nantinya bisa meningkatkan ekonomi warga juga sumber PAD.

"KEP sangat diapresiasi oleh Bupati Minut, apa yang dikembangkan sesuai visi dan misi bupati dan wakil bupati," ujarnya.

Pastinya , berbagai destinasi wisata didukung infrastruktur merata di Likupang, Minahasa Utara akan menjadi daerah primadona.(Adv)

Pemkab Minut Safari Ramadhan 1440 H Di Warukapas

Minut (cahayakawanua.com) – Bupati Minahasa Utara hadiri Safari Ramadhan 1440 H Tahun 2019 di Masjid Al-Mujahidin Desa Warukapas Kecamatan Dimembe, rabu 8/5/2019.

Safari ramadhan Pemkab Minut ditandai Ceramah/Kultum oleh Ust Imran Manto, S.Ag, menyampaikan, Bulan Ramadhan adalah bulan yang di khususkan bagi umat Islam, dimana amal yang dilaksanakan di bulan Ramadhan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Dalam penjelasannya, ada tiga golongan puasa yang tidak terima oleh Allah SWT yaitu, orang yang tidak memaafkan, orang yang menyakiti orang tua dan isteri yang membiarkan suaminya tidur dalam keadaan sakit hati.

Bupati Minut Vonnie A. Panambunan S.Th. dalam sambutan menyampaikan, Alhamdulilah sangat senang bisa menghadiri ibadah-ibadah seperti ini.

“Saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim yang ke 1440 H,”ucap Bupati.

Bupati mengingatkan dalam ceramah yang disampaikan pak Ustad tadi, saya sangat tersentuh. Tidak ada guna jika berpuasa tapi kita tidak saling memaafkan.

“Saya berdoa semoga semua umat Muslim selalu kodusif di Minut, saya harapkan tidak ada rasa benci di antara kita umat beragama di Minut, saya tau bahwa di Minut tidak pernah saya dengar saling membenci. Alhamdulillah” terangnya.

Lanjut bupati “Saya percaya orang muslim semua baik khususnya yang ada di Minut, dalam bulan puasa 1440 H ini semoga membawa berkah bagi kita semua.”

Selanjutnya Bupati menyumbangkan uang sebesar Rp.10.000.000. untuk anggaran rehabilitasi Masjid Al-Mujahidin dan penyerahan bantuan kepada Lansia berupa Uang sebesar Rp.100.000 dan Beras 2 Kg/per orang.

Bupati dan rombongan lanjut bersalawat kepada jujungam besar Nabi Muhammad SAW.

Hadir dalam kegiatan, Kajari Minut Rustiningsih, SH, MH, Para Asisten Pemkab Minut, Para Kepala SKPD, Ketuw MUI Minut H. Ibnu Hajar, Ketua IMIMUT Mansur, Kabag pembangunan/Ketua LPHBI Usman, S.Sos, MM, Danramil 1310-04/Dimembe Kapten Inf M. Takumansang, Kapolsek Dimembe AKP Edy Susanto, S.Sos, Camat Dimembe Marco Karongkong, S.Pt, Ketua BKSUA H. Ajamini, S.Ag.(Adv)

Panambunan Sarankan SKPD Memberikan Laporan Terperinci

Minut (Cahayakawanua.com) - Dalam rangka pemeriksaan  terinci atas laporan keuangan tahun anggaran 2018, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar briefing dengan Badan Pemeriksa Keuangan RI dipimpin Bupari Vonnie A. Panambunan, Kamis 4 April 1019 di Bappelitbang diikuti seluruh perangkat daerah.

"Berikanlan laporan sesuai data yang ada serta apa yang diperlukan guna memenuhi pwrmintaan BPK RI," ujar Bupati.

BPK RI akan melakukan pemeriksaan selama 35 hari mulai 4 April sampai 8 Mei 2019.

Dalam pertemuan tersebut, bupati mengharapkan  kerja sama dari perangkat daerah untuk kooperatif dalan memberikan data dan informasi dalan pemeriksaan. "Marilah perangkat daerah berikanlah data yang dibutuhkan dalam pemeriksaan BPk,", ujar bupati Panambunan.(Adv)

Bupati Minut Lepas Kontingen STQH

Minut (Cahayakawanua.com) - Kontingen seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Kabupaten Minahasa Utara,  untuk berlomba di STQ tingkat Sulawesi Utara di lepas Bupati Vonnie Anneke Panambunan serta didoakan ratusan hamba Tuhan pendeta dan gembala  di atrium kantor bupati, Rabu (10/4). 

"Saya berharap kontingen Minahasa Utara memberikan hasil memuaskan dalam ajang seleksi STQH," ujar Bupati.

Usai bupati memberikan ucapan selamat kepada tim STQH, bupati mengundang seorang imam muslim memimpin doa dan serentak para hamba Tuhan Kristen ikut mendoakan kesuksesan tim STQH di lomba tingkat provinsi Sulut.

Bupati juga memberkan bantuan tunai Rp15 Juta untuk  12 peserta STQH sebagai bentuk kepedulian bupati kepada tim STQH Minut.

Bupati mengatakan, dirinya bahagia menyambut tim STQ dan disaksikan ratusan pendeta, gembala dan pimpinan umat yang ikut mendoakan kesuksesan tim STQ Minut. Bupati juga terharu dengan kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama di Minut. "Hamba Tuhan Kristen ikut berdoa untuk kesuksesan tim STQ Minut, puji Tuhan ini semua rancangan Tuhan," ujar bupati..(Adv)

MDL Bangun Silahturahmi Para Pecinta Anjing Peliharaan

Minahasa Utara (cahayakawanua.com) - Minut Dog Lovers (MDL) salah satu komunitas yang tidak sekedar memelihara hewan kesayangannya, namun lebih kepada ajang silahturahmi bagi pecinta anjing dengan beragam model juga keturunan.

Ketua MDL Vicky Vendy Mantiri. di Airmadidi, Senin mengatakan, komunitas ini menjadi komunitas pertama yang ada di Minahasa Utara.

"Tidak begitu sulit membangun komunitas ini, karena yang tergabung dalam MDL semuanya berkerinduan ingin menjadi bagian didalamnya," ujar Mantiri.

Dia mengatakan, untuk lebih merekatkan tali silahturahmi, tak pelak sejumlah pengurus dan anggota pun hadir dalam pertemuan yang berlangsung di rmh kopi, Minggu (7/4) kemarin, untuk membicarakan berbagai hal juga program kedepan.

"Tidak sekedar hobi memelihara hewan kesayangan dengan berbagai ras, tapi lebih kepada mencari teman, lebih banyak teman apalagi dengan hobi sama akan lebih baik. Dari situ banyak pengalaman terkait perawatan hewan peliharaan seperti anjing," ujar Ketua.

Memang terkait perawatan hewan peliharaan kata dia, tidak lah membutuhkan biaya besar seperti banyak orang piirkan, ada masakan alami yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari," ujarnya menjelaskan.

Anjing ras kata dia sangat simple untuk memeliharanya. Tidak mencakup pemeliharaan anjing saja, namun adanya hewan tersebut di rumah memberikan fungsi lain seperti keamanan.

"Jadi jangan ragu memelihara anjing, bahkan anjing kampung pun kalau niat memelihara akan sangat baik," ujarnya.

Kalau pun ada anjing peliharaan kata Ketua Mantiri, silahkan gabung di MDL dan membahas berbagai hal terkait pemeliharaannya.(MRT)

Adapun pengurus Minut Dog Lover :

Ketua : Vicky Vendy Mantiri

Wakil Ketua : Hendry Wenas

Sekertaris : Gladys Tuegeh

Bendahara : Merlyn Rumampuk.

Humas : Ferdinand Balangtukang

KEP Di Likupang Bakal Jadi Daerah Primadona

Minahasa Utara (Cahayakawanua.com) - Kawasan Ekonomi Pariwisata (KEP) Minahasa Utara yang terpusat di Likupang Timur, memiliki wilayah laut cukup luas, serta banyak spot wisata, bakal jadi daerah primadona bagi masyarakat setempat maupun wisatawan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Royke Kodoati di Airmadidi, Senin mengatakan, KEP pastinya harus didukung pembangunan infrastruktur.

"Ditengah pengembangan KEP di Likupang, harus dirangkaikan pembangunan infrastruktur, agar tercipta keseimbangan," ujar Kadis PU.

Dia mengatakan, pemerintah pusat, juga provinsi terus menggaungkan agar kawasan ekonomi pariwisata di Minahasa Utara khususnya di wilayah Likupang, terus digenjot.

"Semua hal menyangkut KEP termasuk dokumennya terus dipersiapkan, ketika itu lengkap pembangunan semua aspek akan dilakukan, termasuk infrastruktur penunjang," kata Kodoati.

Kodoati mengatakan, KEP di Likupang memberikan dampak positif bagi Minahasa Utara, yang nantinya bisa meningkatkan ekonomi warga juga sumber PAD.

"KEP sangat diapresiasi oleh Bupati Minut, apa yang dikembangkan sesuai visi dan misi bupati dan wakil bupati," ujarnya.

Pastinya , berbagai destinasi wisata didukung infrastruktur merata di Likupang, Minahasa Utara akan menjadi daerah primadona.(Adv)