Syukuran Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Minut

Minahasa Utara (Cahayakawanua.com)- Syukuran tiga tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara berlangsung di lapangan terbuka Sarongsong Satu, Kecamatan Airmadidi, Senin (18/2).

Peringatan tiga tahun kepemimpinan itu dihadiri seluruh jajaran pimpinan SKPD pemerintah Minahasa Utara berlangsung khusuk.

"Terima kasih atas kesempatan dan karunia Tuhan, yang boleh menjaga kepempinan pemerintahan di Minahasa Utara sampai usia 3 tahun," ujar Bupati Minahasa Utara dalam sambutannya.

Bupati mengatakan, memasuki usia keempat tahun, biarlah penyertaan kasih Tuhan memimpin Minahasa Utara.

"Semoga Minahasa Utara diberkati, baik dalam masyarakat dan pemerintah menuju daerah sejahtera. Saya setiap saat selalu berdoa, bersyukur dan memuji Tuhan, saya juga sudah berdoa dan melakukan puasa, ini saya lakukan agar Minahasa Utara selalu dijaga Tuhan, “ ujar Panambunan. 

Pada kesempatan itu, Bupati VAP juga memberikan diakonia bagi para lansia yang hadir serta anak yatim piatu dan anak sekolah minggu.

Peringatan tiga tahun itupun dirangkaikan peresmian pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis oleh Bupati Panambunan.

Bangunan RSUD yang diresmikan yakni Instalasi Bedah Sentral (IBS), Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU).

Peresmian RSUD tersebut menjadi momentum spesial bagi pemerintah kabupaten Minahasa Utara. Pasalnya peresmian itu, bertepatan dengan 3 tahun kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan S.Th dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong.

Panambunan dan Lengkong dilantik Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE atas nama Menteri Dalam Negeri pada 17 Februari 2016 lalu di Guest House Bumi Beringin Manado.

Sebelum pengguntingan pita dan penandatangn prasasti, dilakukan ibadah peresmian sekaligus syukuran HUT Ke 3 Kepemimpinan Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Minut. Momentum bahagia tersebut lebih lengkap saat bupati memasang dan meniup lilin hari ulang tahun kepemimpinan dan menerima suapan kue ulang tahun. Selain Putra Bupati Daniel Rumumpe, Bupati juga menerima suapan kue dari Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu MA, unsur pejabat, lansia, perwakilan belum menikah, tim Jonathan Ministry dan perwakilan hamba Tuhan. 

Hadir dalam acara peresmian dan syukuran HUT kepemimpinan yakni Kajari Airmadidi, perwakilan Polres Minahasa Utara, sekretaris daerah dan kepala perangkat daerah serta staf.(Adv)

Tahun 2019, Guru honorer, pelajar dan mahasiswa Minahasa ketiban rejeki

Minahasa (Cahaya Kawanua)- Pemerintah Kabupaten Minahasa (Pemkab Minahasa)  dibawah Pimpinan Ir. Royke Roring dan Robby Dondokambey (ROR-RD) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi warganya terlebih dalam bidang pendidikan. Ini dibuktikan dengan penambahan gaji guru honorer, bantuan bagi pelajar dan beasiswa bagi mahasiswa. 

Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Minahasa Ir.Royke Roring disela-sela pelaksanaan ibadah syukur hut Desa ke 10 serta peresmian pasar Desa Rerer Satu, jumat 04/01. Selain mendapatkan upah dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos), gaji guru juga akan dinaikan. 

“Terhitung mulai tahun ini, para guru honorer akan digaji 3 kali lipat dari 1 juta menjadi 3 juta ditambah dana BOS sebesar 15 persen,” ujar Bupati. 

Selain guru,  para siswa juga tak luput dari perhatian Pemkab Minahasa.

“bagi anak sekolah yang akan masuk ke jengjang SD dan SMP, akan diinventarisir guna mendapatkan seragam, tas dan juga sepatu,” ujar ROR sembari mengatakan mereka adalah tanggung jawab Pemkab Minahasa.

ROR juga menambahkan, bagi mahasiswa yang akan melanjurkan pendidikan ke jenjang S1, S2 dan S3 yang kemudian dinilai berprestasi, akan diberikan bea siswa.

(Nirvana Loing)

Hadiri Hut Desa Rerer Satu , Bupati Minahasa Juga Resmikan Pasar Rakyat

Minahasa (Cahaya Kawanua)- Bupati Minahasa Ir.Royke Roring (ROR) menghadiri Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Desa Rerer Satu Kecamatan Kombi, yang dirangkaikan dengan peresmian Pasar Rakyat Rerer Satu, Jumat (04/01) 

Dalam sambutannya ROR meminta seluruh masyarakat DesaRerer Satu dan secara umum masyarakat yang ada di Kecamatan Kombi supaya bisa mendukung program Pemerintah Kabupaten Minahasa ditahun 2019 yang sedang berjalan saat ini.

“Sejumlah program yang telah dianggarkan sesuai visi yakni terwujudnya Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan sejahtera diantaranya, pemberian santunan duka langsung dengan Akte Kematian yang bertujuan memudahkan keluarga yang dirundung dukacita. yang diserahkan sebelum ibadah pemakaman,” ujar ROR

Sementara untuk program lainnya seperti BPJS Kesehatan, Pemkab Minahasa sudah memberikan secara gratis khusus kelas III serta pemberian administrasi perkawinan tepat pada saat pemberkatan nikah, bantuan kepada pimpinan dan tokoh-tokoh agama termasuk bantuan rumah-rumah ibadah, menjamin keamanan, ketertiban, penguatan karakter dan budaya Minahasa serta menjamin terselenggaranya pembangunan yang berkelanjutan.

” Semoga melalui program yang telah disusun ini bisa mendapat dukungan serta respon positif dari seluruh elemen masyarakat Minahasa, secara khusus Rerer Satu dan umumnya di Kecamatan Kombi,”

Melalui pelaksanaan ibadah syukuran HUT Desa Rerer Satu ke-10 dan peresmian Pasar Rakyat, Bupati ROR mengajak masyarakat untuk bisa menaikkan puji dan syukur kepada Tuhan, karena boleh bersama sama mensyukuri penyertaan Tuhan di tahun 2019 ini.

“ Hut Desa dan peresmian Pasar harus kita syukuri bersama, Pasar ini kiranya akan menjadi pasar yang baik dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Rerer satu terlebih warga Kecamatan kombi,” pungkasnya

Turut hadir dalam pelaksanaan Ibadah Syukur HUT desa yang dipimpin Khadim Pdt Youdy Kowaas STh, Asusten 1 bidang pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala Msi, Anggota Dewan Provinsi sulawesi utara Fanny Legoh,Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Anggota DPRD Minahasa Yuliana Polii, Camat Kombi Dra Meitha Aguw, Sekcam Kombi Misye A. Kumontoy SS.MAP, Kapolsek Kombi, Danramil Kombi, Hukum Tua se-Kecamatan Kombi, Hukum Tua Rerer Satu Drs Terry Sinaulan bersama Ibu Ketua TP PKK Desa Rerer Satu, BKSAUA Desa Rerer raya,BPD serta Perangkat  bahkan Pemuda Pemudi Desa Rerer Satu. ( Nirvana Loing )

Distan Minut Gelar Sosialisasi LP2B Pertahankan Lahan Pertanian

Minut (Cahaya Kawanua) – Mengurangi alih fungsi lahan serta memaksimalkan lahan pertanian,  Dinas Pertanian (Distan) Minahasa Utara (Minut) menggelar sosialiasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) tingkat Kabupaten Minut 2018 di aula Distan Minut,  Rabu 12 Desember 2018.

Kepala Distan Minut Wangke Karundeng membuka secara langsung kegiatan tesrebut yang dihadiri oleh para Camat, Kepala Desa termasuk para penyuluh pertanian yang merupakan ujung tombak pengembangan pertanian. Sementara untuk pemateri Berasal dari dari Distan Sulut, Balai Pusat Statistik (BPS) Minut, Bappeda Minut dan Badan Pertanahan Minut. 

Kepala Distan Minut Wangke Karundeng mengatakan sosialiasi ini dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009.

“Sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku sosialisasi LP2B wajib dilaksanakan, “ ujar Wangke Karundeng. 

Alih fungsi lahan pertanian menjadi pokok permasalahan saat ini. Karena alih fungsi lahan pertanian menjadi ancaman serius pembangunan pertanian lebih khusus peningkatan produksi pertanian yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan petani.

“ Hal-hal seperti itulah yang menjadi perhatian bersama antara Pemerintah dan masyarakat, lebih khusus masyarakat petani, untuk mencari solusi atau jalan keluar terbaik, sosialisasi ini akan Memperjelas status lahan pertanian,” tegas Karundeng. 

Diketahui,  LP2B merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten menghasilakan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan.

Kejari Minut Gelar Lomba Peringati HAK 2018

Minut (Cahaya kawanua) - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi (HAK) yang jatuh pada Minggu 9 Desember nanti, Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Utara (Minut) menggelar Lomba Yel-yel, Stand up Comedy dan Pengucapan Tri Krama Adhyaksa tingkat SMA se-Kabupaten Minut, Rabu (5/12) di lapangan kantor Kejari Minut. 

Hari anti korupsi kali ini mengambil Tema 'Melangkah Pasti, Cegah dan Berantas Korupsi'. Kegiatan ini dibuka oleh Plh Kajari Minut, Fien Ering SH. MH. Dalam sambutannya Fien Ering mengatakan, kegiatan lomba hari Anti Korupsi selalu dilaksanakan setiap tahunnya. 

"Saya sangat senang para siswa sudah ikut turut memeriahkan kegiatan ini karena mereka nantinya akan menjadi penerus bangsa yang harus menjauhi tindakan korupsi," katanya.

Dirinya mengharapkan kiranya peserta yang menjadi pemenang dalam kegiatan ini bisa ikut berkompetisi dalam tingkat provinsi dan bahkan secara Nasional. "Karena ini juga sesuai dengan arahan dari bapak Kajati Sulut agar nantinya siapa yang menjadi pemenang bisa ikut berlomba hingga tingkat nasional," tambah Ering.

Ketua Panitia sekaligus Kasi Intel Kejari Minut Mursyidi SH mengatakan lomba ini dilaksanakan untuk memupuk mental anti korupsi sejak usia dini kepada generasi penerus bangsa.

"Kami tentunya merasa bangga karena siswa-siswi begitu antusias mengikuti lomba ini. Hal ini menjadi suatu nilai tambah bagi sekolah, karena dengan lomba ini, sejak dini siswa telah disosialisasikan tentang tindak pidana korupsi yang merusak sendi kehidupan bangsa,” tutur Mursyidi.

Lomba yel-yel ini diikuti oleh 19 peserta, 7 peserta lomba stand up comedy dan 12 peserta Tri Krama Adhyaksa dimana keseluruhan berasal dari SMAN 1 Airmadidi.

Tim penilai atau dewan juri terdiri dari Kejari Minut, Dispar Minut dan 2 orang Dinas Pendidikan Minut.

Adapun juara pertama dalam lomba stand up comedy yakni Effenbert Kaunang, juara 2 Marchelino Oley dan juara 3 Putri Boham. Sementara untuk juara 1 lomba Tri Krama Adhiyaksa diperoleh oleh Magdalena Karambut, Juara 2 Syalom Malingkonor dan Juara 3 Valeri Lubis.(han)

Tunjang Kinerja Lurah Dan Hukumtua, Pemkab Minahasa Akan Melakukan Pengadaan Kendis Trail

Minahasa (Cahaya Kawanua)- R3D siap kucurkan dana miliaran rupiah untuk pembelian motor trail guna menunjang kinerja hukumtua dan lurah sekabupaten minahasa

Hal ini disampaikan Bupati Minahasa Ir. Royke Roring Msi saat menjawab sejumlah pertanyaan yang sama dari para hukumtua dan lurah pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Di gedung serba guna Wale Ne Tou Minahasa (07/01)

menurut ROR, pemerintah kabupaten minahasa akang mengucurkan anggaran sekira lebih dari 4 milyar rupiah untuk pengadaan motor trail sebagai sarana transportasi hukumtua dan lurah se kabupaten minahasa.

“wilayah kabupaten minahasa yang dikelilingi oleh pegunungan, sedangkan kendaraan dinas para hukumtua dan lurah yang ada saat ini hanyalah motor bebek saja, itupun sebagian besar sering rusak sehingga penggunaannya sudah terbalik yang seharusnya para hukum tua da lurah yang naik motor namun saat ini sudah motor yang menaiki para aparat desa, jadi sudah saatnya kendaraan dinas mereka diganti dengan motor trail,” tegas ROR.

lanjut dikatakan ROR, hal ini akan terwujud pada 5 atau 6 bulan kedepan. 

“untuk itu sangat diharapkan kinerja dari para hukumtua dan lurah se Kabupaten Minahasa untuk bisa membatu mensukseskan semua program Pemetintah Kabupaten Minahasa kedepannya,” tutup ROR. (Nirvana Loing)

RD Lantik Pejabat Funsional Di Jajaran Inspektorat Minahasa

Minahasa (Cahaya Kawanua)- Sejumlah pejabat Fungsional di jajaran Inspektorat Daerah Kabupaten Minahasa dilantik dan diambil sumpah janji jabatannya di ruang sidang Setdakab,jumat (04/01). Pelantikan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi di Ruang Sidang Setdakab ini turut disaksikan Sekretaris Daerah Robby Korengkeng SH, MSi.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi yang akrab disapa RD dalam sambutan mengatakan dengan perubahan paradigma pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip Good Governance dan Clean Government, akan ada upaya perbaikan institusi birokrasi dan ini perlu dilakukan terus menerus.

“Sesuai kebutuhan dan tuntutan organisasi,perlu ada nya perubahan mendasar, baik dari sisi kelembagaan, tatalaksana maupun mindset (pola pikir) aparatur birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa, ujar RD. Sembari berharap posisi tersebut ditempati oleh orang yang tepat. Kita semua berharap ke depan, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip tersebut, akan lahir the rightman on the right position,” tegas Dondokambey

RD juga menambahkan, seorang pejabat harus memiliki kemampuan mendesain strategi ke arah perubahan agar sejalan dengan visi dan misi pemerintah kabupaten.

“Peningkatan kreativitas kinerja bisa tecipta jika terdapat iklim kerja yang positif dan mampu memberikan dorongan kepada seluruh komponen di dalamnya untuk melahirkan ide serta konsep strategi yang baik,” tutup RD

Terpantau dari pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten Minahasa Robby Korenggkeng SH,MSi. (Nirvana Loing)

PraNatal KNPI Minut Bersama Anak Penyandang Disabilitas

Minut (Cahaya Kawanua)- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minahasa Utara (Minut), Senin 17 Desember 2018, menggelar perayaan pranatal bersama. Kegiatan ini dilakukan ditempat yang mewah, tapi para panitia memilih melakukan kegiatan di Yayasan Ds AZR Wenas Sekolah Luar Biasa (SLB) GMIM Maranatha Airmadidi Minut bersama dengan anak-anak penyandang disabilitas.

Khadim Pdt Jani Rende MTh mengatakan, perayaan ini biasa, tapi dilakukan secara luar biasa dengan kesiapan spritual dalam menyambut natal saat ini. Mari kita meluruskan dan koreksi konsep mesianis dikalangan orang Yahudi, termasuk pemahaman tentang keselamatan yang harusnya itu adalah hasil usaha manusia, akan tapi sebenarnya datang dari Tuhan.

“Ini tentunya diluruskan dengan pertobatan, agar saat kita menyambut Yesus kita harus tahu mengapa Dia datang. Natal di sekolah SLB datang melalui pemuda-pemuda KNPI Minut dan ini luar biasa, karena kehadiran KNPI Minut bisa menjadi terang bagi anak-anak didik SLB. Bagi saya pribadi, kehadiran KNPI sangat baik. Kiranya kegiatan seperti terus berlangsung dan diikuti organisasi lainnya, karena itulah damai sesungguhnya yang dinyakan Tuhan melalui tangan-tangan mereka yang membantu anak-anak penyandang disabilitas,” Ujar Pdt Jani Rende MTh. 

Ketua KNPI Minut Frengki Karamoy ST dalam sambutannya menegaskan, natal selalu membawa berkat bagi semua orang, sehingga KNPI yang merupakan wadah pemuda Minut menjadi titik balik untuk bekerja dan menjadi berkat Dan berbagi bersama dengan anak-anak SLB.

“Sebagai pemuda Minut saya mengajak kita untuk peka memperhatikan sekitar kita. Karena banyak dari mereka yang membutuhkan perhatian serta bantuan kita, termasuk anak-anak disabilitas. Mengapa demikian, karena sejak dilantik beberapa waktu lalu, kami berkomitmen untuk bergerak bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di Minut bersama-sama menunjang program pemerintah,” tutur Karamoy.

Sementara itu Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong menjelaskan, kita patut bersyukur kepada Tuhan kita bisa merayakan natal di SLB ini bersama KNPI Minut. Kelahiran Yesus membawa terang bagi kita di dunia yang semakin jahat dan gelap. Kita harus bersukacita atas kelahiran Yesus Kristus dengan merespon memberikan bantuan bagi semua orang.

“Keputusan KNPI ini sangat rohani sekali mengadakan ibadah natal bersama anak-anak SLB. Saya memberi apresiasi tinggi bagi KNPI Minut yang baru tiga bulan sudah melakukan kegiatan kemanusiaan seperti ini. Peran pemuda sangat diharapkan mengisi peluang-peluang yang ada di Minut, jangan jadi penonton di daerah sendiri. Kami berharap KNPI Minut kedepan bisa terus ikut berperan penting bagi masyarakat,” tutup Lengkong.

Usai kegiatan ibadah, KNPI Minut berbagi kasih bersama dengan anak-anak disabilitas dalam bentuk bingkisan, termasuk para guru, Kepala sekolah, perwakilan Polres Minut dan Danramil. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris KNPI Minut Aldo Ticoalu, Ketua MPI Novie Ngangi, Kapolres Minut yang diwakili Kabag Sumda Kompol Roy Tangkuman, mewakili Danramil Peltu Johny Agu, Kepsek SLB Altin Posumah SPd, dan Ketua BPMJ GMIM Maranatha Sarongsong Pdt Agnes Pangemanan-Wulur STh, Anggota Dekab Minut Willem Katuuk SH

BPKBMD Minut Bimtek Implementasi Paket Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Minut (Cahaya Kawanua)- Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Bidang Perbendaharaan Kas Daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) Menggelar Bimbingan teknis implementasi paket regulasi tentang pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemkab Minut Tahun 2018. Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekertaris Daerah Kabupaten Minut Ir Jimmy Kuhu mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh di Hotel Sutan Raja Kamis 06 Desember 2018.

Sekertaris Daerah Ir Jimmy Kuhu dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh peserta perwakilan skpd yang hadir, karena kegiatan bimtek dinilai sangat penting dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

“ Kehadiran para peserta menjadi inspirasi bagi Pemkab Minut dalam mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang lebih baik kedepannya, Para peserta yang hadir diharapkan agar dapat mengikuti bimtek ini dengan baik sehingga dapat diterapkan di masing-masing skpd,” katanya. 

Hal lain yang menjadi penegasan Sekda terkait implementasi paket regulasi Kasda online yang harus segera dilaksanakan disetiap skpd. 

“Skpd yang belum melaksanakan Kasda online dimbau untuk segera melakukan implementasi paket regulasi kasda online yang saat ini telah diperbaharui keversi 2,” tegas Sekda.

Pemateri dalam Bimtek tersebut Perwakilan Bank Sulutgo Meiske Kumurur mengungkapkan bahwa kasda online versi 2 memiliki banyak kelebihan saat digunakan dibandingkan dengan versi sebelumnya. 

“Kasda Online versi 2 memiliki kelebihan terkait keamanan, kecepatan, kemudahan serta kehandalan,” ujar Meiske Kumurur. 

Sementara itu Kepala BPKBMD Minut Petrus Macarau mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman pengelolaan keuangan bagi pejabat pengelola keuangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan perundangundangan yang berlaku,

“ Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan pemahaman serta meningkatkan kualitas aparat pengelola keuangan perangkat daerah, mendalami sistem pengelolaan keuangan daerah, mendalami tata cara penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara serta penyampaiannya dan memahami tata cara dan dasar pengenaan pajak bendaharawan sebagai pemotong dan pemungut pajak, “ jelas Macarau.

Bimtek tersebut diikuti oleh perwakilan dari seluruh skpd dilingkup Pemkab Minut.(han)

Festival Pulau Komang Ajang Promosi Wisata Minahasa Utara

Minahasa Utara (Cahaya Kawanua) - Festival pulau Komang yang diselenggarakan Milisi Waramey Desa Kalinaung bekerjasama Dinas Pariwisata Minahasa Utara jadi ajang promosi wisata, sekaligus menjadi destinasi bagi wisatawan.

Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Pulau Komang Herodion Kasiadi, di Likupang, Senin mengatakan, kegiatan tersebut untuk memperkenalkan objek wisata pulau Komang yang ada di desa Kalinaun.

"Objek wisata pulau Komang salah satu tempat tujuan bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan alam. Ada berbagai viuw menarik ketika datang di tempat ini," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk Festival pulau Komang menyajikan berbagai lomba perahu nelayan, Lomba lari perahu, Perahu hias, Dayung perahu wanita dan Tarik tambang perahu.

"Masing-masing lomba ada berbagai kategori mesin katinting. Dari berbagai kategori menghasilkan yang terbaik atau pemenang," ujar Kasiadi.

Dia pun berterima kasih kepada Anggota DPRD Minahasa Utara merupakan salah satu tokoh penting dibalik menggemahnya objek wisata pulau Komang.

"Terima kasih kepada bapak Denny Sompie yang berupaya memajukan wisata Minahasa Utara salah satunya pulau Komang dan kini mulai dikenal luas," ujarnya.

Sementara Anggota DPRD Minahasa Utara Denny Sompie SE Dapil Likupang Timur, Likupang Barat dan Wori mengaku sanjung atas terselenggaranya Festival Pulau Komang, dengan harapan lewat kegiatan tersebut pulau Komang semakin dikenal luas.

"Banyak destinasi wisata yang ada di Likupang seperti halnya pantai pall yang sudah mendunia, tapi tak kalah menariknya pulau Komang ini pun tidak menutup kemungkinan akan menjadi objek wisata yang menarik wisatawan oleh berbagai pemandangan indah," ujarnya.

Sompie berharap, pulau komang akan menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.(*)