Distan Minut Gelar Sosialisasi LP2B Pertahankan Lahan Pertanian

Minut (Cahaya Kawanua) – Mengurangi alih fungsi lahan serta memaksimalkan lahan pertanian,  Dinas Pertanian (Distan) Minahasa Utara (Minut) menggelar sosialiasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) tingkat Kabupaten Minut 2018 di aula Distan Minut,  Rabu 12 Desember 2018.

Kepala Distan Minut Wangke Karundeng membuka secara langsung kegiatan tesrebut yang dihadiri oleh para Camat, Kepala Desa termasuk para penyuluh pertanian yang merupakan ujung tombak pengembangan pertanian. Sementara untuk pemateri Berasal dari dari Distan Sulut, Balai Pusat Statistik (BPS) Minut, Bappeda Minut dan Badan Pertanahan Minut. 

Kepala Distan Minut Wangke Karundeng mengatakan sosialiasi ini dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009.

“Sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku sosialisasi LP2B wajib dilaksanakan, “ ujar Wangke Karundeng. 

Alih fungsi lahan pertanian menjadi pokok permasalahan saat ini. Karena alih fungsi lahan pertanian menjadi ancaman serius pembangunan pertanian lebih khusus peningkatan produksi pertanian yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan petani.

“ Hal-hal seperti itulah yang menjadi perhatian bersama antara Pemerintah dan masyarakat, lebih khusus masyarakat petani, untuk mencari solusi atau jalan keluar terbaik, sosialisasi ini akan Memperjelas status lahan pertanian,” tegas Karundeng. 

Diketahui,  LP2B merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten menghasilakan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan.

Kejari Minut Gelar Lomba Peringati HAK 2018

Minut (Cahaya kawanua) - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi (HAK) yang jatuh pada Minggu 9 Desember nanti, Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Utara (Minut) menggelar Lomba Yel-yel, Stand up Comedy dan Pengucapan Tri Krama Adhyaksa tingkat SMA se-Kabupaten Minut, Rabu (5/12) di lapangan kantor Kejari Minut. 

Hari anti korupsi kali ini mengambil Tema 'Melangkah Pasti, Cegah dan Berantas Korupsi'. Kegiatan ini dibuka oleh Plh Kajari Minut, Fien Ering SH. MH. Dalam sambutannya Fien Ering mengatakan, kegiatan lomba hari Anti Korupsi selalu dilaksanakan setiap tahunnya. 

"Saya sangat senang para siswa sudah ikut turut memeriahkan kegiatan ini karena mereka nantinya akan menjadi penerus bangsa yang harus menjauhi tindakan korupsi," katanya.

Dirinya mengharapkan kiranya peserta yang menjadi pemenang dalam kegiatan ini bisa ikut berkompetisi dalam tingkat provinsi dan bahkan secara Nasional. "Karena ini juga sesuai dengan arahan dari bapak Kajati Sulut agar nantinya siapa yang menjadi pemenang bisa ikut berlomba hingga tingkat nasional," tambah Ering.

Ketua Panitia sekaligus Kasi Intel Kejari Minut Mursyidi SH mengatakan lomba ini dilaksanakan untuk memupuk mental anti korupsi sejak usia dini kepada generasi penerus bangsa.

"Kami tentunya merasa bangga karena siswa-siswi begitu antusias mengikuti lomba ini. Hal ini menjadi suatu nilai tambah bagi sekolah, karena dengan lomba ini, sejak dini siswa telah disosialisasikan tentang tindak pidana korupsi yang merusak sendi kehidupan bangsa,” tutur Mursyidi.

Lomba yel-yel ini diikuti oleh 19 peserta, 7 peserta lomba stand up comedy dan 12 peserta Tri Krama Adhyaksa dimana keseluruhan berasal dari SMAN 1 Airmadidi.

Tim penilai atau dewan juri terdiri dari Kejari Minut, Dispar Minut dan 2 orang Dinas Pendidikan Minut.

Adapun juara pertama dalam lomba stand up comedy yakni Effenbert Kaunang, juara 2 Marchelino Oley dan juara 3 Putri Boham. Sementara untuk juara 1 lomba Tri Krama Adhiyaksa diperoleh oleh Magdalena Karambut, Juara 2 Syalom Malingkonor dan Juara 3 Valeri Lubis.(han)

Dinas PU Di Ajang Pameran Pembangunan Minahasa Utara

Airmadidi (Cahaya Kawanua) - Pameran Pembangunan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang berlangsung 26 hingga 1 Desember 2018 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Minut, berlangsung meriah.

Kemeriahan itupun tak lepas dari hadirnya sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah, salah satunya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minahasa Utara.

Kepala Dinas PU Roike Kodoati di Airmadidi, Sabtu pekan lalu mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minahasa Utara mempromosikan berbagai program seperti Bidang Bangunan Gedung dan Pemukiman, Bidang Bina Marga, Bidang Sumber Daya, Bidang Tata Ruang dan Bidang Jasa Kontruksi.

"Seperti halnya infrastruktur  jalan pemukiman lingkungan pavingstone di Desa Matungkas dan pembangunan jalan lingkungan rawat beton di Desa Matungkas," ujar Kodoati.

Kepala Dinas PU Roike Kodoati mengatakan, program tersebut telah dikerjakan sesuai tupoksi masing-masing.

"Selain itu pun Dinas PU sudah melaksanakan pengelolaan sumber air dan peningkatan sistem irigasi serta pemeliharaan jaringan irigasi, dimana pengelolaan sumber air mencakup penetapan kebijakan, rencana pengelolaan untuk meningkatkan sistem irigasi dan pemeliharaan jaringan serta membangun irigasi makansar,” kata Kodoati menjelaskan.

Dinas PU Minut dalam bidang jasa kontruksi kata dia, sudah menyusun rencana teknis dan program pengembangan tata jalan serta jembatan pemerintah.

“Kami sudah membangun jalan kabupaten di beberapa titik, jalan desa maupun penetapan status jalan kabupaten,” ujarnya.(*/Adv)

VAP Tinjau Pameran HUT Minut

Minut (Cahaya Kawanua)- Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) meninjau pameran yang dilaksanakan dalam rangka HUT Minut di Sarongsong Dua Airmadidi 27 Nov 2018. Didampingi Kabag Humas dan Protokol Chresto Palandi SSTP MSi dan Kabag TUP Jack Paruntu SE satu persatu stand dimasuki. Menyaksikan beberapa materi pameran Bupati VAP-pun dibuat kagum dan menyatakan kegembiraannya.

“ ini pencapaian kita semua, hasil dari kerja keras semua ASN sehingga bisa mencapai kemajuan seperti ini. Kita tentunya harus bersyukur kepada Tuhan karena selama 15 tahun Kabupaten Minut ini bisa melakukan pembangunan seperti ini,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Chresto Palandi mengungkapkan bahwa pameran inii dilaksanakan sebagai ajang setiap lembaga pemerintahan di Minut untuk menampilkan keberhasilan pembangunan yang selama ini telah dicapai.

“Momentum ini tentunya harus digunakan setiap OPD dan Kecamatan serta pihak stakeholder di Minut untuk mempromosikan semua potensi sekaligus keberhasilan pembangunan, sehingga khalayak ramai bisa menerima informasi terkait perkembangan kabupaten Minut ini,” tukas tandas Palandi.

Tercatat 10 kecamatan, seluruh OPD dan pihak ketiga menjadi peserta dalam pameran ini, mereka menampilkan beberapa materi dan keunggulan yang dimiliki. Dalam pengamatan pameran kali ini kaya akan informasi pembangunan baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilaksanakan nanti.

Sompie - Rogi Dinobarkan Utu - Keke Minut 2018

Airmadidi (Cahaya Kawanua) - Setelah mengikuti sejumlah fase di ajang pemilihan Utu - Keke Minahasa Utara yang diikuti 25 peserta, akhirnya di malam Finalis yang berlangsung Sabtu (17/11) malam hingga Minggu (18/10) dini hari, menobatkan Jihan Abigail Sompie dan Jeferson Rogi sebagai Utu - Keke 2018.

Utu - Keke 2018 itu pun sekaligus menjadi duta pariwisata Minahasa Utara menuju ajang tingkat provinsi maupun nasional bahkan internasional.

"Semua peserta terlihat cantik, ganteng, pinter dan luar biasa. Diharapkan untuk Utu dan Keke yang terpilih bisa membawa nama baik Minut, serta membantu mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Minut ke seluruh daerah hingga ke mancanegara ,” ujar Sekretaris Daerah Jemmy Kuhu yang mewakili Bupati Minut Vonny A Panambunan.

Saat membuka Grand Final Utu Keke 2018 mengatakan, Ivent ini menjadi sarana untuk promosi pariwisata di tanah tonsea.

"Ajang ini bentuk promosi daerah. Yang terpilih biarlah menjadi duta Minut bahkan yang belum terpilih, dapat membantu pemerintah dalam mengembangkan semua potensi yang ada serta tidak berkecil hati, karena masih banyak tantangan kedepan dapat berkarya untuk bangsa dan negara terlebih daerah," ujar Kuhu.

Kepala Dinas Pariwisata Minut  dr.Sandra Rotty MM untuk kali pertama menjadi penyelenggara ajang pemilihan utu - keke Minut, bangga atas suksesnya  perhelatan kegiatan tersebut.

"Puji tuhan, semua boleh berjalan baik dan menjadi kebanggaan  karena baru pertama kali bagi saya setelah dipercayakan Kadis Pariwisata," ujar Rotty.

Dia berharap, terpilihnya Abigail dan Jeferson diharapkan mampu membawa nama harum Minut ke ajang lebih bergengsi.

"Tanggungjawab sudah diberikan, lakukan tugas sebaik mungkin dan menjadi mitra kerja Pemkab minut yang handal," Ujar Rotty.

Sementara Abigail dan Jeferson pemenang Utu Keke 2018 optimis dunia pariwisata Minut akan semakin meningkat.

"Terimakasih untuk semua yang mendukung. Tanggungjawab ini akan berusaha menjadi duta duta terbaik apalagi Minut punya potensi luar biasa," ujar Sompie dan Rogi usai dinobatkan Utu - Keke Minut 2018.

Adapun kriteria dasar penilaian dalam Pemilihan Utu Keke Minut 2018 adalah 3 B yaitu Beauty, Brain, Behaviour. Selain cantik, ganteng, pintar dan memiliki sikap perilaku yang baik, peserta wajib memiliki pengetahuan mengenai kebudayaan Minahasa Utara.(*Adv)

BPKBMD Minut Bimtek Implementasi Paket Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Minut (Cahaya Kawanua)- Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Bidang Perbendaharaan Kas Daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) Menggelar Bimbingan teknis implementasi paket regulasi tentang pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemkab Minut Tahun 2018. Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekertaris Daerah Kabupaten Minut Ir Jimmy Kuhu mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh di Hotel Sutan Raja Kamis 06 Desember 2018.

Sekertaris Daerah Ir Jimmy Kuhu dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh peserta perwakilan skpd yang hadir, karena kegiatan bimtek dinilai sangat penting dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

“ Kehadiran para peserta menjadi inspirasi bagi Pemkab Minut dalam mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang lebih baik kedepannya, Para peserta yang hadir diharapkan agar dapat mengikuti bimtek ini dengan baik sehingga dapat diterapkan di masing-masing skpd,” katanya. 

Hal lain yang menjadi penegasan Sekda terkait implementasi paket regulasi Kasda online yang harus segera dilaksanakan disetiap skpd. 

“Skpd yang belum melaksanakan Kasda online dimbau untuk segera melakukan implementasi paket regulasi kasda online yang saat ini telah diperbaharui keversi 2,” tegas Sekda.

Pemateri dalam Bimtek tersebut Perwakilan Bank Sulutgo Meiske Kumurur mengungkapkan bahwa kasda online versi 2 memiliki banyak kelebihan saat digunakan dibandingkan dengan versi sebelumnya. 

“Kasda Online versi 2 memiliki kelebihan terkait keamanan, kecepatan, kemudahan serta kehandalan,” ujar Meiske Kumurur. 

Sementara itu Kepala BPKBMD Minut Petrus Macarau mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman pengelolaan keuangan bagi pejabat pengelola keuangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan perundangundangan yang berlaku,

“ Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan pemahaman serta meningkatkan kualitas aparat pengelola keuangan perangkat daerah, mendalami sistem pengelolaan keuangan daerah, mendalami tata cara penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara serta penyampaiannya dan memahami tata cara dan dasar pengenaan pajak bendaharawan sebagai pemotong dan pemungut pajak, “ jelas Macarau.

Bimtek tersebut diikuti oleh perwakilan dari seluruh skpd dilingkup Pemkab Minut.(han)

Festival Pulau Komang Ajang Promosi Wisata Minahasa Utara

Minahasa Utara (Cahaya Kawanua) - Festival pulau Komang yang diselenggarakan Milisi Waramey Desa Kalinaung bekerjasama Dinas Pariwisata Minahasa Utara jadi ajang promosi wisata, sekaligus menjadi destinasi bagi wisatawan.

Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Pulau Komang Herodion Kasiadi, di Likupang, Senin mengatakan, kegiatan tersebut untuk memperkenalkan objek wisata pulau Komang yang ada di desa Kalinaun.

"Objek wisata pulau Komang salah satu tempat tujuan bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan alam. Ada berbagai viuw menarik ketika datang di tempat ini," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk Festival pulau Komang menyajikan berbagai lomba perahu nelayan, Lomba lari perahu, Perahu hias, Dayung perahu wanita dan Tarik tambang perahu.

"Masing-masing lomba ada berbagai kategori mesin katinting. Dari berbagai kategori menghasilkan yang terbaik atau pemenang," ujar Kasiadi.

Dia pun berterima kasih kepada Anggota DPRD Minahasa Utara merupakan salah satu tokoh penting dibalik menggemahnya objek wisata pulau Komang.

"Terima kasih kepada bapak Denny Sompie yang berupaya memajukan wisata Minahasa Utara salah satunya pulau Komang dan kini mulai dikenal luas," ujarnya.

Sementara Anggota DPRD Minahasa Utara Denny Sompie SE Dapil Likupang Timur, Likupang Barat dan Wori mengaku sanjung atas terselenggaranya Festival Pulau Komang, dengan harapan lewat kegiatan tersebut pulau Komang semakin dikenal luas.

"Banyak destinasi wisata yang ada di Likupang seperti halnya pantai pall yang sudah mendunia, tapi tak kalah menariknya pulau Komang ini pun tidak menutup kemungkinan akan menjadi objek wisata yang menarik wisatawan oleh berbagai pemandangan indah," ujarnya.

Sompie berharap, pulau komang akan menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.(*)

VAP Irup HUT Korpri, HUT PGRI Dan Hari Guru Nasional

Minut (Cahaya Kawanua)- Hut PGRI ke-73, Hari Guru Nasional Dan Hut Korpri Ke-47 diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui upacara bendera di Lapangan upacara Kantor Bupati Kamis 29 November 2018.

Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan bertindak sebagai Inspektur,  sedanglan pemimpin upacara dipercayakan kepada Maykel Parengkuan yang kesehariannya sebagai Sekertaris Camat Kema. 

Pada Kesempatan tersebut, Bupati VAP membacakan sambutang Presiden RI joko Wododo yang intinya tentang kesiapan ASN di era revolusi industri. Perkembangn teknologi informasi dapat memfasilitasi cara kerja birokrasi namun teknologi tersebut juga dapat menjadi fasilitas masyarakat untuk memberikan informasi tentang aspirasi masyarakat. 

“ Selama 47 tahun kontribusi korpri telah menjadi pengikat dan juga motor penting dalam pembangunan Negara, Peran besar itu mendapat apresiasi. Namun demikian kita juga harus menyiapkan diri karena kondisi sosial budaya, ekonomi dan politik telah mengalami perubahan dan akan hal ini ASN dituntut siap dengan kondisi yang saat ini,” Ujar Bupati VAP saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo. 

Pada kesempatan itupula, Bupati VAP menyerahkan penghargaan Inagara (Inovasi Administrasi Negara) kepada Sekertaris Daerah Jimmy Kuhu. Penghargaan tersebut diberikan Lembaga Administrasi Negara (LAN)  kepada Pemkab Minut Karena berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi administrasi negara. 

Upacara tersebut diikuti oleh para guru dan asn serta dihadiri oleh Sekda Jimmy Kuhu, para asisten, pimpinan OPD dan para Kepsek se-Minahasa Utara.(han)

Menjamurnya Alfamart Dan Indomaret Akibat Belum Adanya Perda Yang Mengatur Perizinan Perdagangan

Minut (Cahaya Kawanua)- pembangunan Alfamart dan Indomart di Kabupaten Minahasa Utara lebih banyak diakibatkan belum adanya perda yang mengatur perijinan perdagangan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Drs Fanny Kawatu dalam acara Fasilitasi Koordinasi dan Kerjasama Bidang Pertanahan yang dilaksanakan di kantor Camat Kalawat, selasa 27 Nov 2018.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minut diwakili oleh Kepala Tata Usaha Stevy Wowiling sebagai pemateri. Menurut Wowiling untuk kasus alih fungsi tanah yang sering terjadi di Desa maupun kelurahan yang ada di Minut hendaknya dikoordinasikan dengan pihak terkait dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

“Bila terjadi alih fungsi lahan hendaknya pemerintah berkoordinasi dengan Lembaga terkait yang berkompeten mengeluarkan ijin lokasi. Sementara kami dari pihak BPN bertindak sebagai Lembaga yang mengesahkan kepemilikan tanah,” terang Wowiling.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Penanaman Modal Fanny Kawatu mengatakan, pemerintah desa tentunya harus menghormati akan hak dari pemilik bidang tanah dan pembeli atau calon investor, karena hal yersebut tentunya akan membawa dampak pembangunan di daerah tersebut.

“Tentunya investasi yang dilakukan harus memiliki ijin lokasi untuk melakukan pembangunan. Ijin lokasi tersebut dikeluarkan ketika ada transaksi yang jelas yang bidang tanahnya telah mendapat pengesahan dari BPN,” tandas Kawatu.

Kawatu juga mengatakan, ijin lokasi ini harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), rekomendasi lingkungan hidup, Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL) dan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL). 

Sementara itu menjawab pertanyaan peserta terkait banyaknya pendirian Alfamart dan Indomart  menurut Kawatu karena hal tersebut belum diperdakan.

“Terjadi kekosongan hukum atau belum adanya perda yang mengatur sehingga usaha retail tersebut dapat saja berdiri. Menurut kabar perda tersebut telah diajukan, tapi sampai saat ini belum ada progress,” sebut Kawatu didampingi Sekretaris Dinas Penanaman Modal Richard Dondokambey SSTP.

Disisi lain Camat Kalawat Herman Mengko MSi mengaku sangat berterima kasih kepada Dinas Penanaman Modal karena telah melaksanakan acara koordinasi ini, karena merupakan satu-satunya kecamatan tempat pelaksanaan. 

“Terima kasih atas perhatian dari dinas terkait, karena Kecamatan Kalawat adalah wilayah yang banyak sekali terjadi alih fungsi lahan akibat pesatnya investasi,” tukas Mengko.

Acara inin diikuti oleh para hukum tua dan sekdes serta perangkat desa. Dpilihnya Kecamatan Kalawat  karena kecamatan ini sangat pesat perkembangan investasi dan alih fungsi dari bidang tanah yang ada.(han)

Raih Opini WTP 3 Kali Berturut-Turut, Pemkab Minut Terima Penghargaan Kemenkeu

Minut (Cahaya Kawanua)- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI memberikan Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) karena berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2015, 2016, dan 2017.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan Kementerian Keuangan yang diwakili oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan Negara Sulawesi Utara Muhdi SE. SIP. MIS. PHD dan diterima langsung Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh di SMP N 1 Airmadidi Rabu 14 November 2018.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Sulut Muhdi SE. SIP. MIS. PHD mengatakan, opini WTP merupakan kewajiban bagi setiap instasi pengelola keuangan negara dalam hal ini Pemkab Minut, Raihan opini WTP 3 kali berturut-turut bukan hal yang mudah karena harus diwujudkan dengan kerja keras. 

"atas nama Ibu Menteri Keuangan saya memberikan apresiasi kepada Ibu Bupati dan jajaran Pemkab Minut karena berhasil meraih opini WTP 3 kali berturut-turut. Tata kelola keuangan yang baik menunjukan Pemkab Minut dan jajaran telah mematuhi ketentuan perundang-undangan yang ada. kiranya capaian ini akan terus dipertahankan dan mejadi lebih baik di tahun-tahun berikutnya," jelas Muhdi

Sementara itu, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Kemenkeu kepada Pemkab Minut dan berjanji akan terus bekerja keras mempertahankan opini WTP untuk tahun berikutnya.

" ini adalah suatu kehormatan dan kebanggan yang luar biasa karena mendapatkan penghargaan tersebut. meraih opini WTP 3 kali berturut-turut adalah anugerah Tuhan, saya yakin lewat doa dan kerja keras semua pihak, opini WTP ke 4 tahun 2018 ini dan ke 5 tahun 2019 bisa diwujudkan," ujar VAP kepada sejumlah wartawan.

Selain Kepala Badan Keuangan Minut Petrus Macarau yang mendamping Bupati, hadir pula sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Minut dan para camat.